Monday, September 28, 2015

Analisa Peluang Usaha Kue Cupcake Sukses

Peluang Usaha Kue Cupcake yang Sukses - Sudah tahu cupcake bukan, pastinya dong. Nah, kali ini kita bukan akan membahas mengenai resep atau cara membuat kue tetapi kita akan membahas mengenai bagaimana peluang atau prospek dari usaha kue ini.

Di sini kita akan menelusuri lebih jauh bagaimana gambaran usaha ini baik sekarang maupun nantinya. Selain itu akan kita telusuri juga kisah sukses dari pengusaha yang telah bergerak di bidang jasa pembuatan kue tersebut. Untuk melengkapi pembahasan akan kita bahas juga beberapa kiat dalam memulai usaha di bidang ini. 

Menurut penulis pribadi, usaha di bidang makanan memang merupakan usaha yang tak pernah surut apalagi jika kita memiliki kreativitas yang tinggi. Usaha di bidang makanan merupakan salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan mengingat makanan adalah kebutuhan pokok yang akan selalu dicari manusia. Tapi apakah peluang usaha ini sama menjanjikannya dengan usaha makanan lainnya?

Cupcake adalah salah satu jenis kue bolu yang dicetak dalam sebuah cetakan berukuran cup atau cetakan yang berasal dari kaleng, yang sering disebut juga dengan Muffin Tins. Kue bolu yang berasal dari Amsterdam ini merupakan salah satu kue atau cake yang paling banyak digemari oleh setiap orang, baik di Indonesia maupun di luar negeri. 

Selain dengan bentuknya yang imut seperti cup, cupcake ini juga dapat dibuat dalam berbagai macam bentuk seperti bentuk hewan, love, bunga, kartun dan sebagainya. Oleh karena itu, mengingat minat masyarakat yang tinggi maka usaha di bidang ini cukup memiliki prospek yang lumayan. Untuk gambaran mari kita lihat cerita sukses dari seorang karyawan yang akhirnya memutuskan untuk fokus terjun di bidang ini.

Semua memang perlu bukti, jika dikatakan bahwa usaha ini cukup bagus maka harus ada yang kita jadikan pedoman bagaimana tingkat kesuksesan usaha ini jika di jalankan. Maka dari itu mari kit abaca sedikit mengenai sebuah cerita sukses pengusaha kue cupcake yang berasal dari Bandung. Adalah Nora Marshanti, seorang yang telah membuktikan bagaimana prospek usaha di bidang pembuatan kue ini. Berawal dari hobi, Nora kini sukses menjadi produsen kue di Bandung, Jawa Barat. 

Salah satu produk andalannya adalah cupcake karakter animasi dengan bentuk 3D. Omzetnya mencapai senilai puluhan juta rupiah per bulan. Nora mengaku, bisnis yang sekarang digelutinya ini berawal dari hobi. Saat masih bekerja, ia selalu menyempatkan diri untuk membuat kue. "Saya juga banyak lihat resep baru, tutorial dari internet dan buku, serta bergabung dalam komunitas, jadi keterampilan makin terasah," kata Nora.

Nora mengaku, bisnisnya ini masih skala rumahan dengan kapasitas produksi yang tidak terlalu besar. Namun, jangan anggap remeh keuntungan yang dihasilkannya. Dalam sebulan, Nora dapat meraup omzet Rp 30 juta. Omzet tersebut dapat dari produksi 500 cupcake, kue pernikahan, kue ulang tahun, atau kue-kue kering dalam stoples. Lebih jelas mengenai kisah Nora bisa dilihat di laman ciputraentrepreneurship.

Dari cerita sukses Nora Marshanti tersebut sebenarnya kita sudah dapat menyimpulkan bagaimana gambaran peluang usaha kue cupcake jika kita jalankan. Meski begitu jika kita tertarik untuk mengikuti jalan sukses Nora maka kita perlu mengadakan analisa usaha terlebih dahulu terutama berkaitan dengan pangsa pasar yang akan di bidik. Lalu apa saja yang harus kita pertimbangkan jika ingin memulai usaha kue yang sukses ini?

Hal pertama yang harus dipelajari adalah keadaan konsumen di lokasi yang akan dibidik. Hendaknya kita memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaimana permintaan konsumen untuk berbagai jenis kue yang dibutuhkan. Sebagai contoh jika kita mendirikan usaha ini di daerah yang masih memiliki tingkat penghasilan yang rendah maka kita akan lebih sulit dalam memasarkan produk kue yang kita buat, berbeda jika kita memasarkannya di daerah perkotaan.

Selain itu perlu juga dipertimbangkan masalah skema usaha yang akan dijalankan. Maksudnya dilihat dari cerita Nora Marshanti di atas kita bisa memulai usaha dengan fokus pada sistem penjualan online atau melalui outlet.

Pilihan tersebut tentu akan mempengaruhi hal-hal yang harus kita siapkan ke depan. Kemudian kita harus melakukan analisa secara menyeluruh terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan usaha ini. Setelah itu kita mulai dengan membuat perencanaan yang matang sebagai pedoman dalam membuka usaha kue yang sukses. 

Demikianlah sedikit gambaran ide untuk jenis usaha yang bisa kita jalankan dari rumah. mudah-mudahan dengan adanya pembahasan mengenai peluang usaha kue cupcake sukses ini maka kita bisa mendapatkan inspirasi, ide dan gagasan baru dalam mencari jenis-jenis usaha yang layak untuk ditekuni. Lain waktu akan kita bahas lebih jauh mengenai seluk beluk usaha jasa tersebut. Sekarang mari kit abaca juga beberapa artikel menarik lainnya di bawah ini.

Analisa Peluang Usaha Kue Cupcake Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko