Sunday, October 4, 2015

Tips Cara Cepat Melunasi Hutang dengan Mudah

Tips Cara Cepat Melunasi Hutang dengan Mudah – Kita yang bergerak di bidang usaha mandiri atau wirausaha mungkin sudah tidak asing dengan masalah hutang piutang karena sering kali kita mengajukan pinjaman ke bank atau berhutang ke orang lain atau keluarga demi untuk mencukupi kebutuhan modal usaha. 

Meski merupakan salah satu solusi atau alternatif pemecahan masalah kurangnya pembiayaan modal namun memiliki hutang atau pinjaman kredit tetap dipandang tidak begitu sehat dalam hal finansial.

Maka dari itu sudah sepatutnya kita berusaha semaksimal mungkin untuk segera melunasi dan membiasakan diri tidak menggunakan pinjaman atau hutang dalam menjalankan usaha. Nah, untuk mengawali berhutang itu ternyata lebih mudah dari pada saat ingin mengakhiri atau melunasinya. 

Memiliki hutang dan pinjaman itu boleh sebagai alternatif namun tidak sehat untuk kehidupan kita pribadi. Karena hutang merupakan beban yang harus ditanggung dalam waktu tertentu yang sering kali mengganggu tidur nyenyak kita.

Memiliki hutang dapat membuat kita susah tidur dan merasa memiliki beban yang cukup berat maka dari itu akan lebih baik jika kita mengupayakan agar cepat melunasi hutang yang kita miliki tersebut.

Pada kesempatan ini situs peluang sukses usaha akan berbagi sedikit kiat dan tips bagaimana cara agar lebih mudah dan lebih cepat dalam menyelesaikan beban atau tanggungan yang kita miliki tersebut. Selengkapnya, berikut cara cepat melunasi hutang yang bisa dipertimbangkan untuk kita lakukan.

1) Tanamkan keyakinan dan tekad untuk segera lunas 
2) Lakukan penghematan di semua segi
3) Alokasikan lebih banyak anggaran belanja untuk melunasi hutang
4) Bekerjalah minimal dua kali lebih keras
5) Sabar, sebentar lagi kita akan terbebas dari hutang
6) Berhitunglah dengan cermat sebelum berhutang

Untuk dapat segera melunias hutang atau cicilan kredit pinjaman yang kita miliki maka yang sangat penting untuk dilakukan adalah menanamkan keyakinan dan tekad untuk segera lunas dari hutang yang dimiliki.

Yakinlah bahwa kita mampu untuk menyelesaikan semua tanggung jawab yang kita miliki dan bertekadlah untuk segera melunasinya. Kedua, alternatif untuk dapat segera melakukan penyelesaian beban hutang adalah dengan melakukan penghematan belanja yang kurang begitu mendesak.

Lakukan penghematan di semua sendi kehidupan untuk sementara waktu agar kita memiliki keleluasaan dalam menyiapkan dana untuk melunasi hutang. Dengan melakukan hal ini maka potensi ketidakmampuan kita untuk menyediakan dana menjadi lebih kecil karena kita dapat mengalokasikan sebagian dana belanja untuk pelunasan pinjaman. 

Untuk mendukung hal di atas maka selanjutnya kita juga harus bekerja ekstra. Artinya kita harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan uang. Jika kita seolah pelaku usaha maka kita bisa menambah jam kerja standard an jika kita seorang pekerja kantoran maka kita bisa mencari usaha sampingan untuk menambah peluang penghasilan yang bisa di dapat. 

Di harapkan dengan bekerja lebih keras lagi kita dapat menyeimbangkan antara kebutuhan kita dan pendapatan kita. Jadi, jika ada kebutuhan sehari-hari yang terpaksa tidak tercukupi dapat tercover dari hasil kerja keras tersebut. Selain itu kita juga akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan tambahan sumber dana baru untuk membantu melunasi pinjaman yang dimiliki. 

Beberapa hal di atas harus dikerjakan selama waktu tertentu yang mungkin tidak sebentar, maka bersabarlah karena sebentar lagi – setelah semua ini selesai – kita akan menikmati hasil dari pengorbanan yang kita lakukan tersebut.

Sebentar lagi, hutang akan lunas dan kita masih memiliki peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan yang lebih baik dari hasil kreativitas yang dilakukan. 

Terakhir, jangan lupa jika sudah sukses dalam menyelesaikan semua kewajiban tersebut kita harus menanamkan niat untuk tidak mudah lagi menggunakan pinjaman atau hutang dalam bentuk apapun. 

Agar lebih sehat dan lebih sukses gantilah kebiasaan meminjam tersebut dengan kebiasaan baru yang lebih baik yaitu menabung. Jika memang terpaksa dalam keadaan tertentu maka pertimbangkan benar-benar jika ingin menggunakan pinjaman lagi. Jangan selalu jadikan keadaan sebagai alasan untuk berhutang tapi jadikan keadaan sebagai motivasi untuk menabung. 

Demikianlah tadi sedikit tips cara cepat melunasi hutang dengan mudah. Semoga saja beberapa hal di atas bisa menjadi sumber ide dan motivasi bagi kita semua untuk mengganti kebaisaan berhutang dengan kebiasaan hidup yang lebih baik yaitu menabung. Sampai disini saja, salam sehat finansial!

Tips Cara Cepat Melunasi Hutang dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko