Friday, July 10, 2015

Apa Yang Bisa Dilakukan Lulusan SMA

Apa Yang Bisa Dilakukan Lulusan SMA - Bagi para siswa yang baru saja lulus sekolah menengah atas (SMA) dan tidak memiliki rencana untuk melanjutkan ke perguruan tinggi sering kali merasa bingung dan tidak jelas mau ke mana.

Hendak mencari pekerjaan kita tahu sendiri kalau sekarang ini sangat sulit mencari pekerjaan dan kalau ingin mencari uang sendiri terkadang bingung juga. Sering kali kita bingung tentang apa yang bisa dilakukan lulusan SMA.

Sebenarnya hal seperti ini tidak perlu terjadi, jika kita memiliki tekad dan semangat yang kuat sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan. Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai hal ini, saya pribadi berpesan pada rekan semua bahwa kita tidak perlu patah semangat dan terlalu bingung untuk apa yang akan dilakukan.

Masih banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk sukses meski kita hanya lulusan sekolah menengah. Di luar saja banyak sekali cerita sukses orang-orang yang penuh kerja keras bahkan hanya berlatar belakang pendidikan seadanya.

Jadi, mulai dari sekarang kita harus berpikir positif dalam menata masa depan kita. Kalau kita ingin mendapatkan gambaran tentang apa yang bisa dilakukan oleh lulusan sma maka kita bisa mencari beberapa informasi berikut:
  1. Buat desain stiker lulusan sma dapat ratusan juta
  2. Lulusan sma bisa daftar cpns
  3. Lulusan sma bisa kerja di bank
  4. Lulusan sma 2015
  5. Lulusan sma sukses
  6. Lulusan sma ips kuliah dimana
  7. Lulusan sma taruna nusantara
  8. Lulusan sma cpns 2014
  9. Lulusan sma gaji besar
  10. Pengusaha tamatan sma
  11. Bisnis menarik untuk tamatan sma 

Dilihat dari beberapa informasi di atas sebenarnya masih banyak sekali peluang dan prospek yang dapat dikerjakan oleh tamatan sma. Semua tergantung kepada pribadi kita masing-masing karena banyak yang sudah membuktikan bahwa pendidikan memang tidak menjadi jaminan kesuksesan seseorang.

Untuk melihat apa saja yang memiliki peluang bagus silahkan baca artikel sebelumnya mengenai peluang bisnis untuk tamatan sma.

1) Lulusan SMA bisa menggali bakat

Yang pertama sekali bisa dilakukan oleh kita yang hanya lulusan sekolah saja adalah menggali bakat dan kemampuan apa yang dimiliki. Ini berarti setelah kita lulus kita bisa menyempatkan diri dan meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu apa saja bakat dan kemampuan kita.

Ini sangat penting karena dengan mengetahui apa yang menjadi bakat dan serta kemampuan atau keahlian kita maka kita bisa menentukan apa yang akan dikerjakan ke depan.

Jika nantinya kita memiliki bakat khusus yang bisa dikembangkan untuk mencari uang maka kita bisa mulai mengasah dan mempertajam bakat tersebut untuk merintis sebuah usaha atau bisnis mandiri yang akan membuat kita sukses.

Lain lagi, jika bakat kita tidak berkaitan dengan dunia usaha maka kita bisa menyalurkan dan mengembangkan bakat kita dengan mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat tersebut.

Pekerjaan yang dicari tersebut tujuannya adalah untuk mengasah bakat kita menjadi lebih baik dengan harapan di kemudian hari bisa menjadi senjata kita untuk meraih sukses.

Berkaitan dengan bakat ini ada banyak bakat dan keahlian yang bisa kita gali, ada bakat dalam menciptakan sesuatu, ada bakat dalam menjalankan sesuatu ada bakat dalam berinteraksi dengan orang lain dan lain sebagainya.

Semua bakat tersebut dapat kita kembangkan dan kita jadikan sebagai modal untuk masa depan kita. Misalnya saja kita sangat suka dengan kambing dan pintar memelihara kambing maka kita bisa membuat usaha budidaya kambing.

Atau jika kita pandai berkomunikasi dan membujuk atau mengarahkan seseorang kita bisa mencari pekerjaan di bidang penjualan atau marketing. Ada banyak pilihan yang dapat kita lakukan dengan bakat yang ada dalam diri kita tersebut.

2) Lulusan SMA bisa melamar pekerjaan

Jika di atas kita menyadari dan menemukan bahwa bakat kita tidak berhubungan dengan usaha maka kita dapat melamar pekerjaan. Kita bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita, misalnya seperti dijelaskan pada contoh di atas.

Dengan mencari pekerjaan, kita dapat mengasah kemampuan kita lebih jauh. Di sini, uang bukanlah tujuan akhir dari pekerjaan yang kita cari melainkan ilmu yang akan kita dapat.

Sebagai seorang lulusan sma kita tidak perlu merasa minder dan kecil hati dalam mencari pekerjaan. Kita perlu ingat terus bahwa kita sedang mencari cara untuk mengembangkan keterampilan kita agar kelak kita bisa menentukan bidang apa yang cocok dan bisa memberikan penghasilan memuaskan.

Karena kita hanya lulusan sma dan masih minim pengalaman maka kita tidak perlu terlalu jual mahal dan terlalu memilih bidang pekerjaan kita. Kita jalani terlebih dahulu sambil mengasah bakat dan mengumpulkan modal yang mungkin di butuhkan di kemudian hari.

3) Lulusan SMA bisa membuka usaha mandiri

Yang paling ideal dan memiliki peluang bagus bagi tamatan sma sebenarnya membuka sebuah usaha mandiri. Ini karena jika kita hendak meniti karir sebagai pekerja kita masih memiliki banyak keterbatasan yang membuat harga jual dari keringat kita masih terbatas.

Selain itu, menjadi seorang pekerja dengan kemampuan terbatas juga tidak akan menjanjikan gaji atau pendapatan yang tinggi karena kemampuan yang terbatas tadi.

Itulah sebabnya mendirikan sebuah usaha adalah solusi jitu lulusan sma. Dengan mendirikan usaha sendiri maka peluang sukses akan terbuka lebar bagi kita. Bahkan, jika tekun dan rajin kita bisa sukses melampaui para direktur atau general manajer sekali pun dengan pendapatan puluhan juta sebulan bahkan sehari.

Hal ini adalah salah satu cara menciptakan pekerjaan sendiri setelah tamat SMA. Namun, dalam menjalankan atau membuka usaha mandiri kita tetap harus mulai dari nol dan harus benar-benar bekerja keras untuk menutupi kemampuan yang terbatas.

Bagi lulusan sma yang ingin sukses usaha harus rajin dan terus belajar, selain itu tidak boleh takut gagal dan pantang menyerah. Proses belajar adalah hal terpenting yang harus kita lalui.

Tidak ada orang sukses dalam hitungan bulan, kebanyakan orang sukses harus sabar bersusah payah bertahan dalam kesulitan selama bertahun-tahun. Banyak yang sudah sukses namun banyak juga yang tidak tahan uji dan gagal. Semua tergantung pada diri kita sendiri.

Itulah sedikit gambaran tentang Apa Yang Bisa Dilakukan Lulusan SMA. Semoga dengan sedikit pembahasan ini kita bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk terus semangat dan terus berjuang demi kesuksesan masa depan. Sukses tidak datang dengan sendirinya, sukses harus diraih dengan peluh bercucuran dan cobaan yang berat. Hanya orang-orang yang kuat saja yang akan sampai di puncak kesuksesan tersebut.

Apa Yang Bisa Dilakukan Lulusan SMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko