Sunday, June 14, 2015

Tips Memulai Usaha dari Nol agar Sukses

Tips Memulai Usaha dari Nol - Melalui tulisan sederhana ini saya akan mencoba mengajak anda untuk menelusuri jawaban dari sebuah pertanyaan penting yang sering kali muncul saat kita memutuskan untuk membangun sebuah usaha.

Pertanyaan tersebut adalah "bagaimana cara kelola usaha dari nol". Jadi disini kita akan membahas beberapa tips atau kiat bagaimana cara kita dalam membangun sebuah usaha hingga menuju kesuksesan yang diinginkan.

Sesuai dengan judul yang dipilih untuk tulisan ini maka diharapkan setelah ini kita memiliki gambaran berbagai langkah yang akan dilakukan untuk memulai sebuah usaha dari nol dan tidak lagi harus bingung. Berkaitan dengan hal itu maka pembahasan ini akan memuat beberapa materi penting yang antara lain juga berkaitan dengan hal-hal berikut ini:

1) Cara mengelola agar usaha berhasil
2) Industri olahan yang prospek menjanjikan
3) Tips memulai usaha bagi pemula 
4) Tips memulai usaha makanan 
5) Tips memulai usaha butik 
6) Tips memulai usaha clothing
7) Tips memulai usaha sendiri 
8) Tips memulai usaha online
9) Tips memulai usaha makanan ringan

Sebenarnya untuk memulai mendirikan usaha dari nol tidak ada aturan baku yang mengharuskan melakukan ini atau melakukan itu. Namun demikian ada beberapa catatan penting yang sudah diakui banyak kalangan bisa membantu dalam mempersiapkan diri untuk memulai kegiatan usaha tersebut. 

Beberapa hal tersebut merupakan bekal dasar yang sangat disarankan untuk diketahui oleh kita yang ingin memulai usaha mandiri. Tentu saja, yang pertama kali harus kita cari dan tentukan untuk memulai semua itu adalah memilih ide usaha yang akan dijalankan. 

Dalam memulai sebuah usaha tidak ada yang mudah dan tidak ada yang cepat, maka jika kita ingin mendapatkan hasil lebih cepat mulailah dengan melakukan segala sesuatunya dengan baik dan sungguh-sungguh. Ingat, segala sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti akan memberikan hasil yang lebih baik.

Pemilihan ide tersebut bisa melalui beberapa tahapan analisis untuk menentukan seberapa besar peluang dari ide usaha yang akan di jalankan. Selain itu tentu ada hal lain lagi yang harus kita perhatikan. Berkaitan dengan hal itu ada beberapa langkah yang patut di perhatikan yaitu sebagai berikut:

1) Tentukan ide usaha yang menjanjikan
Pertama dan yang utama adalah bagaimana ide bisnis kita dapatkan. Dalam hal ini jika kita ingin memulai mendirikan usaha maka langkah awalnya adalah mencari ide usaha yang akan dijalankan.

Disini yang harus diperhatikan adalah kita harus memilih ide usaha yang bagus dan menjanjikan yaitu memiliki potensi kesuksesan yang besar. Untuk menentukan ide bisnis tersebut maka kita harus melakukan analisa terlebih dahulu.

Analisa ini akan mencakup mengenai gambaran peluang usahanya, bagaimana analisa permintaan pasar (target market), kebutuhan sarana dan prasarana, unsur penunjang, kondisi pasar dan persaingan, analisa laba rugi dan sebagainya.

2) Mulai dari sekarang juga
Berniat mendirikan usaha itu berarti sudah tidak ada lagi waktu untuk menunggu esok, setelah mendapatkan ide jenis usaha yang akan dijalankan maka langkah selanjutnya adalah mulai sekarang juga untuk menjalankan ide tersebut.

Tidak perlu menunggu besok, tidak perlu menunggu modal, tak perlu menunggu hal-hal lain yang hanya akan melunturkan niat tersebut. Jika semua telah berjalan maka satu persatu masalah yang kita miliki akan segera teratasi, hal ini karena menjalankan usaha salah satunya yang harus dilakukan adalah menyelesaikan setiap masalah yang di hadapi.

Saat sudah berjalan, meski kurang modal kita akan segera mendapatkan modal dengan langkah-langkah yang akan kita lakukan nanti. So, mulai dari sekarang juga jika anda ingin memulai usaha dari nol!

3) Lakukan observasi
Observasi atau pengamatan mutlak diperlukan bagi setiap usaha baru, apalagi usaha ini dirintis dari kecil. Pengamatan tersebut harus mencakup berbagai aspek usaha agar dapat digunakan sebagai dasar dalam menjalankan, mengelola dan mengembangkan usaha yang sudah ada tersebut.

Jangan pernah berhenti melakukan pengamatan meski usaha ini telah berjalan karena untuk sukses kita harus terus memantau perkembangan usaha tersebut agar tahu mana kelemahan dan masalah yang harus diselesaikan.

4) Terus belajar
Karena kita memulai usaha ini dari bawah maka kita harus terus belajar. Kita sebaiknya tetap belajar mengenai banyak hal mulai dari urusan bahan dasar produk, bagaimana cara pemasaran yang baik, bagaimana memperlakukan konsumen,

bagaimana mengelola keuangan dan lain sebagainya. Dari setiap sisi kita harus terus mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang akan mendukung seluruh kegiatan yang kita lakukan.

5) Nikmati seluruh kegiatan usaha
Merintis usaha dari nol tidak mudah, ada banyak hambatan, ada banyak kendala dan ada banyak rasa pahit yang harus dihadapi. Maka dari itu penting bagi kita untuk bisa menikmati seluruh rangkaian proses kegiatan usaha yang dilakukan.

Ingat kesuksesan tidak gampang diraih karena ia tidak jatuh dari langit dengan sendirinya maka nikmati seluruh aktivitas kita dan kita tidak akan merasakan beban yang berat dalam merintis usaha tersebut.

6) Perbudak diri sendiri
Usaha dari nol itu banyak kurangnya dan banyak masalahnya maka jika kita dapat melakukan semuanya dengan semangat maka mudah-mudahan semua akan segera ada hasilnya. Dalam proses mendirikan usaha baru mutlak dibutuhkan kerja keras yang tak kenal lelah,

jadi sebaiknya kita tidak malas bekerja lebih keras dan lebih lama. Jika anda tidak suka kerja sampai larut malam dengan peluh bercucuran maka anda tidak cocok untuk menjalankan sebuah usaha.

7) Manfaatkan teknologi
Hal pendukung yang sangat penting untuk dimanfaatkan adalah teknologi terbaru. Maka dari itu saat memulai usaha jangan hindari penggunaan teknologi, manfaatkan teknologi terbaru untuk mendampingi dan mempermudah segala urusan.

Tips Memulai Usaha dari Nol
Foto: Ilustrasi/meningkat.com
Ini penting, coba lihat saja, dengan teknologi kita bisa memiliki media promosi yang lebih murah misalnya dengan memanfaatkan media sosial. Jangan sampai kita mengabaikan adanya teknologi yang berkembang pesat.

8) Ketahui angka dasar
Terakhir, dalam memulai usaha baru dari titik nol, jangan lupa untuk mengetahui angka dasar. Angka dasar ini adalah jumlah atau nilai uang yang berkaitan dengan usaha baru mulai dari jumlah modal yang dibutuhkan, asumsi atau target pendapatan yang diinginkan, biaya pengeluaran bulanan yang harus ditanggung dan lain sebagainya. 

Demikianlah sedikit gambaran bagaimana memulai usaha dari bawah yang bisa kita pertimbangan sebagai persiapan menuju langkah baru sebagai wirausaha. Semoga dengan beberapa tips di atas kita bisa mendapatkan gambaran bagaimana sebaiknya kita memulai langkah kita dalam mendirikan sebuah bisnis atau usaha yang diinginkan. Itu saja, sampai jumpa lain waktu.

Tips Memulai Usaha dari Nol agar Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko