Tuesday, June 23, 2015

Peluang Ide Usaha di Areal Komplek Perumahan

Peluang Ide Usaha di Areal Komplek Perumahan - Benar memang jika kita ingin mencari tahu ide usaha yang cocok berdasarkan daerah atau lokasi usahanya. Hal ini karena sebuah usaha atau bisnis apapun tentu akan sukses jika di dukung dengan pasar yang memadai di lokasi usaha tersebut di dirikan.

Lalu pertanyaannya, peluang usaha yg cocok ditengah perumahan atau perkotaan itu apa saja? Pertanyaan itulah yang akan coba kita cari tahu bagaimana jawabannya. Ya, kita bahas satu saja yaitu untuk usaha di komplek perumahan karena perumahan dan perkotaan tentu berbeda satu sama lain.

Secara umum dapat kita katakan bahwa karakteristik lokasi perumahan atau komplek tentu berbeda dengan lainnya dan hal inilah yang harus kita pelajari jika memang ingin membuka sebuah usaha mandiri dengan target market warga yang ada di komplek perumahan tersebut.

Untuk jenis usaha ini kita akan mencari usaha yang benar-benar sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat di lingkungan tersebut. Beberapa yang bisa kita pertimbangkan yaitu:

1) Usaha privat dan bimbingan belajar
2) Usaha laundry
3) Usaha salon kecantikan

Beberapa usaha di atas secara umum merupakan usaha yang paling dekat dengan apa yang di butuhkan oleh masyarakat perumahan. Usaha tersebut bisa di sesuaikan misalnya untuk di dirikan di berbagai lokasi dengan karakteristik yang masyarakatnya banyak membutuhkan pelayanan usaha tersebut, misalnya saja sebagai pertimbangan pada:

a) Komplek perumahan mencirim asri 2
b) Komplek perumahan di cimahi
c) Komplek perumahan di cibubur
d) Komplek perumahan di depok
e) Komplek perumahan baru di tangerang
f) Komplek perumahan di bintaro

Itu tadi hanyalah contoh dan bahan pertimbangan saja. Yang paling berpengaruh bukan nama lokasinya namun keadaan masyarakat yang ada dalam kawasan atua komplek perumahan tersebut. Lalu mengapa beberapa usaha tersebut dianggap cocok untuk di jalankan di lokasi ini?

A. Usaha privat dan bimbingan belajar

Meski tidak bisa dipastikan semua namun umumnya masyarakat di lingkungan perumahan merupakan masyarakat yang cukup sibuk maka dari itu jenis usaha yang paling ideal adalah usaha jasa misalnya saja usaha privat dan bimbingan belajar.

Tentu saja usaha jasa seperti ini bisa menjadi pilihan yang cukup ideal bagi masyarakat yang membutuhkan. Tentu masyarakat akan lebih senang jika bisa memberikan fasilitas yang baik bagi anak-anak mereka tanpa harus bersusah payah keluar jauh-jauh maka dari itu keberadaan usaha di bidang privat dan bimbingan belajar akan menjadi solusi yang cukup menarik.

Meski begitu, jika kita ingin mendirikan usaha di bidang ini maka sebaiknya kita telaah dan kita analisa lebih jauh bagaimana prospek dari usaha tersebut.

Sebaiknya kita cari tahu lebih jauh mengenai keadaan masyarakat yang akan kita jadikan target market misalnya saja privat dan bimbel apa yang banyak di butuhkan, untuk anak usia berapa dan seterusnya. Kita juga bisa mencari tahu gambaran mengenai jumlah calon konsumen yang bisa kita bidik.

B. Usaha jasa laundry

Kedua yang juga lumayan bagus di dirikan di komplek perumahan adalah usaha jasa cuci pakaian atau laundry. Kita tahu bahwa masyarakat di lingkungan perumahan biasanya adalah masyarakat yang bekerja di luar rumah misalnya di kantor, pabrik dan sebagainya.

Ini membuat jasa cuci pakaian menjadi salah satu yang banyak mereka butuhkan mengingat waktu yang mereka miliki untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga tersebut sangat terbatas. Itulah yang menjadi alasan kenapa usaha laundry cukup bagus peluangnya jika dijalankan di lingkungan tersebut.

Meski begitu tentu kita harus mencari tahu lebih jauh bagaimana kebutuhan konsumen secara spesifik. Kita juga harus mencari tahu bagaimana tingkat kebutuhannya, jumlah kebutuhannya, intensitas kebutuhan laundry dan lain sebagainya. Perlu analisis lebih jauh sesuai daerah masing-masing sebelum kita menentukan memilih usaha ini.

C. Usaha salon kecantikan

Untuk mendukung kegiatan para warga di lingkungan tersebut kita juga bisa menjalankan usaha salon yang termasuk di dalamnya ada berbagai jasa misalnya pangkas rambut, creambath dan lain sebagainya. Ini juga menjadi salah satu usaha yang patut untuk kita perhitungkan mengingat karakteristik masyarakat di perumahan memang banyak membutuhkan jasa di bidang ini.


Akan lebih menarik dan akan lebih di sukai jika masyarakat bisa tampil cantik tanpa harus susah payah pergi ke salon kecantikan yang letaknya jauh. Selain menghemat waktu ini juga akan menghemat pengeluaran tentunya dan pastinya akan lebih praktis jika dekat.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai beberapa peluang ide usaha di komplek perumahan, semoga bisa menjadi bahan ide dan inspirasi. Sekali lagi dalam menentukan jenis usaha yang akan dijalankan maka sebaiknya kita melakukan analisa dan survei langsung ke lokasi yang di bidik. Dengan begitu kita bisa menyusun rencana yang objektif sesuai dengan target pasar yang akan dikembangkan.

Peluang Ide Usaha di Areal Komplek Perumahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko