Saturday, May 16, 2015

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Untung Besar

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Untung Besar -  Dalam skala kecil usaha ini memang tidak akan memberikan keuntungan yang cukup bagus mengingat resiko dan modal yang dibutuhkan cukup lumayan. Lalu apakah usaha ini bisa memberikan peluang yang cukup menguntungkan?

Ya, dalam sekala sedang dan besar usaha ternak ayam kampung bisa memberikan laba yang cukup lumayan. Seperti bisa kita lihat sendiri, harga untuk ayam kampung ini jauh lebih tinggi dibanding dengan harga ayam lain maka dari itu peluang usaha ternak ini sebenarnya masih cukup bagus.

Sebagai bekal awal dalam memperhitungkan usaha ini kita akan membahas beberapa hal penting yang bisa kita gunakan untuk mengukur besar kecilnya peluang untuk jenis usaha ini. Secara umum, usaha ternak merupakan usaha yang cukup bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.

Banyak peternak yang sudah bisa merasakan pundi-pundi penghasilan yang bahkan melebihi gaji pegawai. Sebenarnya itu juga berlaku dengan ternak ayam kampung khususnya apabila dikembangkan dengan cara profesional.

Kebanyakan yang ada selama ini ayam kampung hanya dijadikan ternak sampingan yang sama sekali tidak diperhatikan, wajar jika hasilnya tidak bisa diharapkan. 

1) Gambaran Peluang Ternak Ayam Kampung

Dalam memilih jenis usaha ternak kita juga tidak boleh serampangan meski sudah kita ketahui secara umum bahwa peluang usaha ternak tersebut bagus. Kita tetap harus mengukur tingkat peluang yang dimiliki sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalankannya.

Dalam mengukur tingkat peluang tersebut kita bisa melihat beberapa aspek sebagai berikut. Pertama, kita bisa melihat harga jual dari produk hasil peternakan ini. Jadi kita bisa menganalisa berapa harga ayam kampung hasil ternak di pasaran.

Kita bisa menganalisa hal ini dengan melihat berdasarkan lokasi atau daerah yang diinginkan. Kalau dilihat dari sisi ini, usaha ternak ayam kampung memang cukup bagus. Hal ini dibuktikan dengan tingginya harga ayam kampung di pasaran baik di hari-hari biasa maupun hari-hari tertentu.

Maka dari itu peternakan ini masih bisa kita pilih menjadi sebuah usaha yang ditekuni. Kedua, kita lihat dari sisi kebutuhan pasar. Dalam hal ini sebaiknya kita cari tahu kebutuhan pasar akan produk ternak yang dihasilkan.

Sebaiknya kita cari informasi akurat tentang jumlah kebutuhan ayam kampung dari waktu ke waktu di daerah yang ditentukan. Semakin banyak kebutuhan maka akan semakin bagus, semakin sering dibutuhkan maka akan semakin bagus juga. 

Sekarang kalau ditinjau dari sisi ini produk ayam kampung memang banyak di butuhkan masyarakat, baik oleh masyarakat umum maupun pelaku usaha lain. Kita lihat contohnya pelaku usaha ayam bakar atau pecel lele, mereka umumnya banyak membutuhkan ayam kampung untuk bahan dagangannya.

Ini juga memberikan indikasi bahwa usaha ternak ini memang bagus. Selain dua hal tersebut kenyataan bahwa sekarang ini orang juga mulai banyak yang lebih memilih untuk mengonsumsi ayam kampung dari pada ayam ternak lain sebut saja misalnya ayam potong.

Untuk kebutuhan sehari-hari banyak yang lebih memilih ayam kampung karena dipandang lebih sehat dan tidak banyak mengandung bahan kimia atau bahan pakan penggemukan. Ini juga mendukung beberapa aspek yang mengindikasikan peluang bagus yang dimiliki.

Meski demikian, dalam memilih usaha ini tetap kita harus melakukan analisa yang lebih detail dan menyeluruh agar dapat benar-benar mengerti berbagai aspek yang mempengaruhi usaha ini.

Sebelum memulai usaha ini sebaiknya selain beberapa hal di atas kita harus mempelajari juga berbagai aspek usaha lain mulai dari sumber daya, bahan baku pakan, kondisi lingkungan bahkan sampai pada aspek pemasaran. Tidak hanya itu kita juga sebaiknya mencari tahu mengenai hambatan dan kendala yang akan dihadapi ketika membuka usaha ini.

2) Hambatan Umum Usaha Ternak Ayam Kampung

Meski secara umum peluang sukses usaha peternakan ini cukup bagus namun selama ini banyak kendala dan hambatan yang dijumpai dalam memelihara atau menjalankan usaha ini.

Sebelum memulai usaha ini maka sebaiknya kita juga mempelajari bagaimana hambatan tersebut agar dapat merumuskan strategi pencegahan yang dibutuhkan.

Di dalam hati mungkin kita sering bertanya, ayam kampung cukup mahal, sehat tetapi kenapa masih jarang yang menekuni bidang usaha ternak ini. Itu tak lepas dari faktor hambatan yang banyak dijumpai oleh para peternak ayam ini.

Karena itulah kebanyakan ayam kampung hanya dipelihara dalam skala kecil dan tidak dikelola sebagaimana sebuah bisnis atau usaha. Lalu sebenarnya apa saja Hambatan Umum Usaha Ternak Ayam Kampung yang biasa dihadapi?

Ada beberapa hambatan umum yang sangat terasa bagi peternak, pertama mengenai penyakit yang menyebabkan ayam mati mendadak secara massal, kedua masalah mahalnya biaya pakan dan ketiga proses pemeliharaan yang cukup lama.

Hambatan yang pertama - yang paling banyak membuat ciut nyali adalah penyakit yang bisa menyebabkan ternak mati mendadak secara serentak. Ini bisa diakibatkan oleh penyakit yang menyerang secara massal misalnya penyakit flu burung.

Khusus yang satu ini solusinya masih sangat sulit sehingga banyak peternak yang sering mengalami kerugian. Maka dari itu jika kita berniat untuk mendirikan usaha ternak ini maka kita harus membekali diri dengan kemampuan untuk menanggulangi masalah penyakit ini. 

Masalah berikutnya adalah mahalnya pakan yang harus disediakan. Seperti kita tahu, bahan pakan untuk ayam kampung ini bisa di bilang cukup mahal apalagi jika ayam memang diternak maka kita harus menyiapkan bahan pakan dengan harga yang lumayan.

Misalnya saja jagung atau dedak, kita memerlukan anggaran yang tidak sedikit untuk bahan tersebut. Agar tidak mengalami masalah ini maka sebelum kita memilih usaha ini sebaiknya kita telusuri terlebih dahulu bagaimana perkembangan harga bahan pakan yang dibutuhkan. 

Selain itu, ayam kampung dipelihara dengan sistem tradisional yang tidak menggunakan berbagai bahan obat penggemuk maka dari itu proses tumbuh kembang ayam relatif lebih lama jika dibanding dengan ayam potong.

Ini tentu menjadi kendala tersendiri karena semakin lama proses pemeliharaan maka semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Maka sebelum memulai usaha ini sebaiknya kita punya strategi khusus bagaimana mempercepat pertumbuhan ayam secara alami agar ayam bisa cepat gemuk dan dapat dipanen.

Ternak Ayam Kampung
Ilustrasi ternak ayam/Edji darsono/HR

Kelebihan dari ayam kampung terletak pada proses pemeliharaannya yang alami sehingga menghasilkan daging ayam yang diyakini cukup sehat untuk dikonsumsi. Maka dari itu kita harus mampu merumuskan strategi khusus yang sesuai jika ingin benar-benar menjalani usaha ini.

Dengan begitu kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal seperti yang diharapkan. Di awal menentukan pilihan sebaiknya kita benar-benar melakukan analisa menyeluruh terhadap berbagai potensi dan kemungkinan.

Kita sebaiknya melakukan analisa aktual berdasarkan lokasi usaha yang dikehendaki serta pangsa pasar yang dituju. Mudah-mudahan sedikit tentang peluang usaha ternak ayam kampung ini bisa menjadi bahan pertimbangan kita semua. Itu saja, salam sukses usaha.

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko