Monday, May 18, 2015

Ternak Kelinci, Usaha Sepele Menjanjikan Untung Besar

Ternak Kelinci, Usaha Sepele Menjanjikan Untung Besar - Tidak ada pekerjaan, melamar kerja susah mau buat usaha juga modal pas-pasan jadi bingung, mending memelihara kelinci saja. Eh, jangan anggap remeh usaha yang satu ini lho, usaha ini merupakan jenis usaha sepele namun sebenarnya memiliki potensi yang cukup bagus, tidak percaya?

Baca koran atau lihat majalah bisnis, untuk usaha kelinci bahkan sudah ada yang menghasilkan ratusan juta dalam satu bulan. Tidak ada yang mustahil, jika kita mau berusaha! Untuk yang sedang mencari ide usaha atau ide bisnis di tengah semakin sulitnya mencari lapangan pekerjaan bisa mulai mempelajari prospek dari usaha ini.

Tidak perlu jauh-jauh, sekarang situs peluang usaha ini akan membeberkan beberapa alasan mengapa usaha ini cukup bagus dan dapat di katakan menjanjikan. Mudah-mudahan dengan adanya sedikit informasi ini kita bisa lebih semangat dan bisa mengkaji lebih dalam mengenai peluang usaha budidaya kelinci.

Bagi kita yang memiliki jiwa wirausaha mungkin tidak akan pernah sekalipun menyepelekan sebuah ide atau gagasan yang kelihatannya sederhana. Karena, sesuatu yang tampaknya biasa-biasa saja dari luar bisa memiliki potensi tersembunyi  yang mungkin saja dapat membuat kita tak berhenti berdecak kagum. Contohnya usaha ternak atau budidaya kelinci.

Ternak kelinci bagi sebagian mungkin merupakan sebuah pekerjaan yang penuh dengan kesia-siaan namun nyatanya di tangan yang tepat usaha ini bahkan bisa memberikan penghasilan jauh di atas gaji pekerja pabrik dan buruh. Tidak percaya, bisa cari di google informasi tentang ternak kelinci, usaha sepele menjanjikan.

Ternak kelinci dikatakan sebagai usaha menjanjikan bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang mendasari usaha ini dapat dikatakan memiliki peluang yang bagus. Sebagai contoh sederhana adalah kenyataan bahwa daging konsumsi merupakan satu kebutuhan masyarakat yang permintaannya cukup tinggi.

Kebutuhan tersebut baik untuk diolah langsung menjadi menu makanan maupun yang diolah menjadi bahan makanan lain. Untuk mengetahui lebih dalam mari kita kupas satu persatu berbagai alasan ternak kelinci menjadi menjanjikan.

1) Kebutuhan daging kelinci tinggi

Seperti telah disinggung di atas bahwa kebutuhan masyarakat akan konsumsi daging tidak pernah berkurang. Dan hal itu juga berlaku untuk berbagai jenis atau berbagai macam daging yang bisa dikonsumsi mulai dari ayam, kambing, sapi dan bahkan untuk daging kelinci sekalipun.

Daging kelinci sudah dikenal masyarakat menjadi salah satu jenis daging yang juga diminati. Tingginya kebutuhan daging konsumsi ini membuat usaha di bidang peternakan yang menghasilkan daging memiliki peluang yang pada umumnya bagus dan menjanjikan.

Begitu pun dengan kelinci, memiliki pangsa pasar yang juga tidak terbatas dari satu kalangan masyarakat saja. Ini membuktikan bahwa ternak kelinci bisa dijadikan salah satu jenis usaha yang cukup bisa diandalkan.

2) Kebutuhan bahan baku industri atau usaha lain

Bagi yang belum tahu, daging kelinci seperti juga daging lain seperti daging sapi dan kambing juga merupakan salah satu kebutuhan dari bahan baku industri atau usaha lain. Daging hewan kecil ini bukan hanya di konsumsi dalam bentuk masakan seperti biasanya.

Namun juga banyak dikembangkan dan atau diolah menjadi berbagai macam olahan makanan oleh berbagai industri atau usaha lain. Ini tentu saja membuat usaha di bidang ternak kelinci akan memiliki pangsa pasar yang lebih luas.

Pangsa pasar atau konsumennya jadi tidak hanya berasal dari kalangan masyarakat umum saja melainkan ada pangsa pasar lain yaitu dari sektor industri dan usaha lain. Tentu saja hal ini membuat usaha ternak ini memiliki potensi yang cukup menggembirakan.

3) Pemeliharaan yang tidak terlalu sulit

Berbeda dengan ternak lain, ternak kelinci dapat dikatakan secara umum caranya tidaklah terlalu rumit atau sulit. Sederhananya kita tinggal melakukan pemeliharaan seperti pada pemeliharaan kambing.

Selain itu lahan yang dibutuhkan tidak luas, lokasi dan tempatnya pun bisa kecil dan cara perawatannya pun tidak lah mahal. Yang menarik, kelinci karena hewan kecil maka lebih cepat berkembang biak jadi jika kita memeliharanya dengan baik maka akan cepat banyak.

Ini tentu menjadi tambahan poin bagi kita yang ingin menjajal peruntungan dibidang peternakan kelinci. Meski tetap diperlukan keterampilan dan kemampuan khusus namun sambil jalan dari kecil kita bisa langsung membuka peternakan ini di rumah. Bisa dijadikan sebagai usaha sampingan terlebih dahulu, benar tidak, apalagi kalau peluangnya menjanjikan?

4) Modal ternak kelinci relatif kecil

Tidak perlu modal terlalu banyak untuk memulai usaha ini. Modalnya cukup kecil bahkan mungkin bisakita jalankan dengan modal di bawah 1 juta rupiah. Tentu saja, harga indukan kelinci tidak akan lebih dari 500 ribu satu pasang, kalau yang biasa yang sedang kita bisa mendapatkan dengan harga di bawah 2 ratus ribu. Tentu bisa kita hitung kisaran modal yang kita butuhkan untuk membeli indukan atau bibitnya.

Kalau masalah kandang bisa yang sederhana dan tidak membutuhkan kandang yang luas, pokoknya cukup untuk kelinci. Bisa lah jika kita mulai dengan modal minim. Karena itulah usaha ternak kelinci menjadi satu usaha yang mulai cukup diminati banyak kalangan pelaku usaha.

5) Variasi produk olahan yang beragam

Di atas telah dikatakan bahwa daging kelinci menjadi salah satu kebutuhan bahan baku industri atau usaha lain. Ini tentu mengindikasikan bahwa terdapat variasi produk ternak kelinci yang bisa dihasilkan. Mulai dari daging misalnya, selain itu ada juga produk yang bisa kita buat dari daging kelinci seperti nuget atau sosis.

Ternak Kelinci, Usaha Sepele Menjanjikan

Kalau kita tidak memproduksi sendiri produk tersebut maka kita bisa menjadi pemasok dari usaha atau industri lain yang membutuhkan daging kelinci sebagai bahan baku, menari bukan? Ya, tentu saja ini perlu proses dan perlu pengembangan.

Demikianlah tadi sedikit gambaran mengenai ternak kelinci. Semoga tulisan mengenai usaha ternak kelinci sepele tapi menjanjikan ini bisa menjadi sumber ide dan inspirasi bagi kita semua yang sedang mencari gagasan baru dalam membangun sebuah usaha mandiri. Itu saja, salam sukses dari kami!

Ternak Kelinci, Usaha Sepele Menjanjikan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko