Friday, May 22, 2015

Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadhan Untung Besar

Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadhan - Pada bulan puasa atau bulan Ramadhan seluruh umat muslim akan menjalankan ibadah berpuasa, ini berarti ada satu celah usaha atau bisnis yang bisa kita sambut yaitu berbisanis berbagai kebutuhan masyarakat yang berpuasa.

Bisnis atau usaha yang dijalankan hanya pada saat bulan Ramadhan saja merupakan bisnis musiman yang cukup memiliki peluang bagus. Pasalnya berbagai kebutuhan banyak yang permintaannya meningkat tajam. Ini memberikan kesempatan khusus kepada kita yang memang gemar menggeluti bidang bisnis musiman.

Lalu bagaimana gambaran untuk usaha bisnis yang dijalankan pada bulan suci umat Islam tersebut? Jika kita ingin ikut memanfaatkan momen puasa tersebut maka sebaiknya kita juga perlu memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai bagaimana prospek penghasilan dari bisnis musiman ini.

Maka dari itu agar sukses usaha kita akan membuka sebuah pembahasan penting mengenai gambaran dari usaha tersebut. Ada dua hal pokok yang akan kita ulas, pertama kita akan mencari tahu dasar analisis yang bisa kita lakukan untuk membaca seberapa bagus peluang usaha yang akan dijalankan.

Kedua kita juga akan membahas beberapa jenis contoh usaha yang bisa kita jalankan sebagai usaha musiman di bulan ramadhan tersebut. Dengan dua pembahasan ini diharapkan kita sedikit banyak memiliki gambaran yang diperlukan sebelum memutuskan untuk mencoba peruntungan kita di bidang bisnis musiman ini.

A. Analisa Peluang Usaha di Bulan Puasa

Usaha ini cukup bagus dan cukup menjanjikan untuk memberikan potensi penghasilan yang lumayan. Bernarkah demikian, apa yang menjadi dasar pernyataan tersebut? Seperti kita tahu, coba kita lihat kecenderungan kebutuhan yang akan dicukupi oleh masyarakat khususnya umat muslim di bulan tersebut, sangat meningkat bukan? 

Ya, itu menjadi dasar suasana bulan Ramadhan menjadi momen yang cukup bagus untuk meraup sedikit keuntungan dari usaha musiman. Coba kita lihat, kecenderungan harga bahan pokok saat puasa dan lebaran meningkat bukan,

itu karena jumlah permintaan yang meningkat sehingga menyebabkan harga yang naik. Ini adalah indikasi sederhana bahwa usaha musiman di bulan puasa juga memiliki potensi yang cukup bagus. Namun demikian, hal di atas merupakan pernyataan yang ditarik secara umum dengan tidak begitu mempertimbangkan keadaan yang lebih sesuai dengan wilayah tertentu.

Maka dari itu, jika kita ingin menjajal peruntungan untuk menjalankan usaha ini maka hal yang perlu kita lakukan adalah melakukan analisa prospek usaha sesuai daerah yang akan digunakan.

Hal tersebut berarti bahwa jika kita ingin menjalankan usaha ini maka sebaiknya kita analisa peluang usahanya sesuai dengan lokasi yang dipilih dimana usaha tersebut akan dijalankan. Nah, dalam melakukan analisa tersebut beberapa yang sebaiknya di pertimbangkan dalam analisa peluang usaha di bulan puasa tersebut yaitu sebagai berikut!

1) Faktor kebutuhan konsumen
Perhatikan bahwa meski bulan puasa menjadi bulan menjanjikan untuk usaha musiman namun tidak semua jenis usaha baik dan bisa mendatangkan keuntungan jika dijalankan di bulan ini. Hal ini berkaitan dengan faktor kebutuhan masyarakat yang meningkat di bulan suci tersebut.

Maka dari itu dalam menentukan bagaimana peluang usaha yang akan dijalankan maka sebaiknya kita meneliti berbagai macam kebutuhan masyarakat yang di bulan tersebut meningkat tajam. Kita dapat mencari dan menganalisa kebutuhan apa saja yang peningkatannya sangat tajam di bulan ini.

Semakin tinggi peningkatan kebutuhan maka semakin baik pula peluang yang bisa dimiliki. Sederhananya dapat di katakan bahwa untuk mengetahui usaha musiman yang bagus kita harus mempelajari peningkatan kebutuhan produk yang akan di hasilkan oleh usaha kita.

2) Faktor kemampuan daya beli
Hal yang juga perlu dipelajari dalam mencari tahu mengenai tinggi potensi suatu usaha khususnya usaha di bulan ramadhan adalah faktor kemampuan atau daya beli masyarakat.

Meski pada umumnya kebutuhan masyarakat akan meningkat namun pemenuhan kebutuhan tersebut tentu akan bergantung pula pada daya beli dan kemampuan masyarakat dalam membeli produk kebutuhan tersebut.

Oleh karena itu, dalam meneliti dan atau menganalisa peluang usaha ini kita harus mencari tahu jauh-jauh hari mengenai kemampuan daya beli masyarakat. Dalam hal ini akan lebih bagus jika kita

memilih target market dari golongan masyarakat menengah ke atas, karena golongan masyarakat menengah ke atas memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam bidang daya beli tersebut.

3) Faktor kebiasaan masyarakat
Faktor lain yang bisa mempengaruhi permintaan adalah kebiasaan masyarakat, sebagai contoh di bulan puasa ini ada masyarakat yang notabene cenderung sangat konsumtif dan ada pula kalangan

masyarakat yang biasa-biasa saja. Maka dari itu kita harus melihat dan menganalisa bagaimana keadaan masyarakat di daerah yang akan kita dirikan usaha.

B. Contoh Usaha di Bulan Puasa Ramadhan

Yang tak kalah penting dalam penentuan atau pemilihan usaha ini agar sukses adalah bagaimana cara kita dalam memilih jenis usaha musiman yang menjanjikan yang akan kita kerjakan.

Penentuan ini adalah hal yang sangat penting dan mempengaruhi tingkat keberhasilan yang akan kita dapatkan. Misalnya saja, jika salah memilih kita akan mendapatkan penjualan yang kurang begitu signifikan dan atau bahkan cenderung menurun.

Pertanyaannya sekarang usaha apakah yang bagus untuk dijalankan di bulan ramadhan? Untuk menentukan usaha yang bagus di bulan puasa tentu saja kita harus melakukan analisa terhadap beberapa hal seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Tentunya indikasi utamanya adalah usaha dengan produk yang permintaannya paling tinggi di bulan ini. Sebagai gambaran saja, berikut beberapa jenis usaha yang umumnya menjanjikan di bulan puasa.

1) Usaha kuliner aneka kudapan puasa (takjil)
2) Usaha jual baju lebaran (baju muslim) murah
3) Usaha jasa sewa mobil
4) Usaha kios bensin
5) Usaha kue lebaran

Aneka kudapan atau makanan takjilan berbuka biasanya akan memiliki potensi yang cukup bagus. Sebagai contoh lain kita juga bisa mencoba di bidang minuman misalnya saja aneka es buah atau jus.

Untuk yang ini kita sebaiknya mencari tahu buah yang cocok dijual bulan puasa di kampung. Tentunya hal ini berkaitan dengan minat masyarakat setempat. Kita bisa melihat di pasar buah apa saja yang biasanya paling laku di jual.

Usaha di Bulan Puasa Ramadhan

Yang juga menjanjikan selain kudapan adalah usaha jual berbagai macam baju lebaran mulai dari busana muslim, batik, baju trend anak muda dan lain sebagainya. Yang juga meningkat selain baju adalah kebutuhan akan kendaraan, kita bisa juga mempertimbangkan usaha sewa kendaraa.

Ada lagi yang mendukung kegiatan puasa dan lebaran yaitu penjualan bensin dan yang tak kalah ramai dan padat permintaannya adalah kebutuhan akan kue lebaran. Di bulan puasa atau bulan ramadhan kita bisa membuka usaha jasa pembuatan kue lebaran atau usaha jual kue.

Itulah sedikit gambaran mengenai peluang usaha sampingan bulan puasa, semoga dengan adanya informasi dan pembahasan tersebut kita yang memang suka dengan usaha musiman bisa mendapatkan ide untuk jenis usaha yang bisa dijalankan. Semoga bisa menjadi referensi dan bahan renungan kita bersama, salam sukses!

Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadhan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko