Thursday, May 7, 2015

Analisa Peluang Usaha Sampingan Wanita Bekerja dan Contohnya

Peluang Sukses Usaha Sampingan Wanita Bekerja - Memiliki pekerjaan dengan gaji yang kurang memuaskan atau dengan penghasilan yang tidak mencukupi memang harus diantisipasi dengan berbagai langkah.

Selain melakukan pengelolaan keuangan yang baik kita juga dapat mengatasi masalah ini dengan menciptakan sebuah lapangan kerja sendiri. Yaitu dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada di lingkungan kita dan menjalankan usaha sampingan yang cocok untuk wanita bekerja.

Sebagai seorang pekerja kita bisa menyisihkan dan atau menggunakan sedikit waktu luang kita untuk memulai usaha sampingan yang bisa mendukung penghasilan utama kita. Dalam hal ini kita akan kembali membahas sebuah peluang usaha khusus untuk wanita bekerja yaitu usaha sampingan untuk wanita bekerja.

Jika dibandingkan dengan kaum laki-laki, seorang wanita memiliki peluang yang lebih banyak berkaitan dengan jenis usaha sampingan yang bisa dikerjakan. Untuk itulah hari ini kita akan membuat sebuah pembahasan awal mengenai gambaran dari peluang usaha sampingan wanita bekerja sebagai dasar pertimbangan jika kita ingin mencari tambahan penghasilan.

Sebagai wanita bekerja kita memang bisa dikatakan memiliki waktu luang yang sangat sedikit. Dengan rutinitas yang ada mungkin kita sudah terlalu pusing, terlalu lelah dan enggan untuk melakukan kegiatan lain.

Hal ini tentu tidak berlaku jika kita masih memiliki keterbatasan finansial dalam arti pendapatan yang kita dapat kurang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika kita hanya mengandalkan pendapatan yang ada maka selamanya kita tidak akan memiliki kemapanan finansial dan kehidupan yang lebih baik. Maka dari itu tidak salah jika kita mencoba merintis mendirikan sebuah usaha mandiri yang dapat kita kerjakan di sela-sela waktu yang ada.

Berstatus sebagai karyawan atau pekerja tidak akan bisa menghalangi kita untuk berkarya dan meniti kesuksesan yang lebih besar. Sembari menjalankan rutinitas biasa kita bisa menjalankan juga sebuah kegiatan lain yang bisa memberikan tambahan pemasukan untuk kita.

Kita bisa menjalankan usaha sampingan di sela-sela waktu luang yang ada. Banyak yang bisa kita lakukan, semua tergantung pada niat kita, semua tergantung pada keinginan kita untuk melakukannya.

1) Analisa Peluang Usaha Sampingan untuk Wanita

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh wanita untuk menambah penghasilan yang sudah ada. Salah satunya dengan membangun sebuah usaha sampingan yang bisa dikerjakan berdampingan dan atau di sela-sela kesibukan sehari hari.

Usaha sampingan ini memiliki peluang sukses yang masih cukup besar khususnya jika dijalankan dengan baik. Meski dengan waktu pengelolaan yang terbatas usaha sampingan juga tetap mampu memberikan pendapatan yang bahkan bisa melebihi penghasilan utama kita.

Pertanyaannya, apa benar demikian, dan jika benar seberapa besar peluang atau prospek dari usaha sampingan ini? Untuk mengetahui lebih pasti mengenai seberapa besar peluang yang dimiliki tentunya yang harus kita lakukan adalah analisa peluang usaha sampingan tersebut.

Yang akan kita bahas ini bukan hasil dari analisa terhadap peluang atau prospek usaha yang dimaksud melainkan informasi mengenai bagaimana langkah yang bisa kita lakukan untuk menganalisa peluang terhadap usaha tersebut.

Dalam hal ini, kita bisa mencari tahu dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang jenis usaha sampingan yang akan dijalankan. Pertama kita bisa mencari informasi akurat mengenai gambaran potensi konsumen yang dimiliki dari jenis usaha yang dipilih.

Kedua kita bisa merumuskan strategi yang cocok dan bagus untuk memulai dan mengembangkan usaha yang dimaksud. Kita bisa juga mencari tahu mengenai kelebihan dan kekurangan usaha tersebut, menganalisa keadaan pasar yaitu permintaan penawaran dan juga mengenai potensi persaingan yang ada.

Dengan begitu kita akan memperoleh informasi lebih rinci mengenai usaha yang akan kita kerjakan tersebut. Ketiga kita juga bisa mencari tahu lebih rinci mengenai jangkauan produk, daya beli masyarakat, faktor-faktor produksi, pemasaran dan lain sebagainya.

Intinya adalah untuk menentukan seberapa bagus prospek atau peluang usaha yang dipilih maka sebaiknya kita melakukan analisa mendalam secara menyeluruh terhadap berbagai faktor usaha yang akan kita jalankan.

Secara keseluruhan, peluang usaha sampingan untuk wanita masih terbuka lebar dan memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Bagaimana, siap untuk mencari usaha sampingan apa yang bagus untuk dikembangkan?

2) Contoh Usaha Sampingan Wanita Bekerja

Di atas telah dikatakan bahwa banyak jenis usaha yang bisa dijadikan usaha sampingan untuk kita wanita bekerja. Lalu contohnya usaha apa? Kita bisa mencari ide dengan menelusuri berbagai usaha yang berkaitan langsung dengan dunia wanita, banyak sekali yang bisa kita jadikan ladang untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Selain itu, coba kita tengok juga beberapa fenomena yang sedang berkembang di masyarakat, kita juga bisa mengambil ide untuk jenis usaha kita di sana.

Supaya tidak blank maka berikut kita akan sertakan juga beberapa contoh usaha yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan untuk wanita bekerja khususnya yang memiliki potensi menjanjikan secara umum. Apa saja contoh usaha sampingan wanita bekerja tersebut, mari kita lihat satu persatu contohnya di bawah ini.

1) Jual produk kecantikan (kosmetik)
2) Jual pakaian wanita
3) Jual jilbab (bisnis hijab)
4) Bisnis catering
5) Bisnis kue ulang tahun

Itulah beberapa contoh usaha yang bisa kita jadikan sebagai usaha sampingan yang bisa dikerjakan di sela-sela kegiatan rutin kita sebagai pekerja. Kita bisa menjalankan usaha sampingan tersebut dengan memanfaatkan relasi yang sudah ada.

Misalnya kita mulai dengan memasarkannya di lingkungan kantor, rekan kerja dan seterusnya. Jika masih belum yakin dalam menjalankan usaha tersebut kita bisa juga belajar mengenai berbagai Tips Sukses usaha Sampingan Wanita Bekerja Modal ringan Hasil Maksimal untuk memantapkan pertimbangan kita.

Ilustrasi/Thinkstocks

Semoga dengan adanya sedikit uraian mengenai peluang usaha sampingan wanita bekerja ini kita bisa mendapatkan sedikit ide dan gagasan brilian yang bisa kita pertimbangkan untuk menjadi sebuah usaha sampingan yang menjanjikan. Lain waktu akan kita bahas lebih dalam mengenai berbagai usaha tersebut. Itu saja dulu, semoga bermanfaat!

Analisa Peluang Usaha Sampingan Wanita Bekerja dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko