Saturday, May 9, 2015

Peluang Bisnis Industri Pengolahan Tempe Menjanjikan?

Peluang Bisnis Industri Pengolahan Tempe - Usaha industri kecil pembuatan tempe menjadi salah satu jenis usaha kecil yang cukup menarik. Pasalnya, usaha ini bisa dengan mudah dijalankan dengan skala kecil atau rumahan. Namun apakah prospek bisnis ini benar-benar bagus?

Peluang Bisnis Industri Pengolahan Tempe
Foto: Ilustrasi
Meski kebutuhan tempe sangat tinggi, bahkan tempe juga sudah dikenal di luar negeri, namun belum tentu usaha ini bagus. Itu karena dalam sebuah usaha banyak faktor pendukung yang berpengaruh. Misalnya meski daya beli atau permintaan banyak tapi sumber daya tidak mendukung.

Semakin tingginya kebutuhan hidup yang harus kita penuhi dan semakin sempitnya lapangan pekerjaan membuat banyak orang mulai berfikir untuk memulai sebuah bisnis baru yang bisa menopang berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pelaku bisnis pemula kita bisa mendapatkan ide bisnis dari kebutuhan yang ada di lingkungan sekitar, salah satunya adalah kebutuhan tempe.

Seperti kita ketahui, tempe adalah salah satu makanan hasil fermentasi yang permintaannya cukup tinggi khususnya di kalangan konsumen lokal. Di kalangan masyarakat Indonesia, tempe bisa dikatakan akan selalu hadir sebagai menu pelengkap dalam berbagai sajian makanan sehari-hari.

Oleh karena itu wajar jika akhirnya bisnis industri pengolahan tempe banyak diminati oleh kalangan pelaku usaha kecil dan menengah. Di artikel ini berkaitan dengan pembahasan sebelumnya mengenai ide bisnis home industri yang menjanjikan maka kita akan mengkaji lebih jauh mengenai peluang atau prospek bisnis ini.

Akan ada dua hal penting yang akan kita kupas lebih dalam, pertama yaitu informasi mengenai beberapa jenis bisnis lain atau bisnis turunan yang dapat menopang industri pengolahan tempe yang akan kita jalankan. Kedua kita akan menelusuri gambaran bisnis ini ke depan yaitu dengan melihat gambaran peluang atau prospek yang ada untuk bisnis ini.

Bisnis Turunan dari Industri Pengolahan Tempe

Untuk mengetahui seberapa jauh peluang sebuah bisnis kita bisa mencari tahu tentang berbagai bisnis lain yang berkaitan dengan bisnis yang kita jalankan. Untuk industri tempe dengan hasil produk utama tempe mentah.

Maka kita dapat mencari informasi mengenai usaha atau bisnis lain yang menggunakan bahan dasar dari tempe mentah tersebut. Menurut buku yang saya baca, semakin banyak usaha lain yang menggunakan produk kita sebagai bahan baku maka akan semakin bagus juga prospek bisnis tersebut.

Maka dari itu tidak salah juga jika kita meluangkan sedikit waktu untuk mencari gambaran mengenai berbagai usaha lain yang berkaitan dengan bisnis industri pengolahan tempe yang akan kita jalankan. Untuk bisnis turunan dari hasil pengolahan industri ini antara lain sebagai berikut:

1) Usaha kripik tempe
2) Usaha jual gorengan
3) Usaha rumah makan
4) Usaha sosis tempe

Karena produk utama dari industri ini adalah bahan makan mentah maka yang akan menjadi penopang dari bisnis tempe adalah berbagai industri atau usaha lain yang melakukan pengolahan tempe. Diantara berbagai usaha tersebut antara lain yaitu usaha yang bergerak di bidang kuliner mulai dari makanan ringan sampai pada berbagai makana kemasan dari tempe.

Usaha kripik tempe adalah usaha pengolahan tempe mentah menjadi makanan ringan yaitu keripik. Usaha ini akan sangat tergantung pada ketersediaan bahan baku tempe mentah di pasaran. Meski kebanyakan usaha ini akan menyediakan atau membuat sendiri bahan baku yang dibutuhkan namun banyak juga usaha kecil yang masih bergantung pada industri pengolahan tempe yang lebih besar.

Selain itu, bisnis pengolahan tempe juga bisa membidik berbagai pelaku usaha gorengan yang biasanya akan banyak membutuhkan tempe sebagai bahan gorengan yang akan dipasarkan. Di satu daerah saja akan banyak sekali dijumpai usaha seperti ini jadi wajar jika mereka akan menjadi penopang dari bisnis home industri tersebut.

Bisnis rumah makan atau warung makan juga sekarang banyak menyediakan variasi menu makanan yang bahan dasarnya tempe. Sebagai contoh ada sate tempe, sosis tempe dan lain sebagainya. Tentu saja usaha ini juga akan memberikan andil sendiri terhadap kebutuhan pasar yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha home industri pengolahan tempe tersebut.

Gambaran Peluang Bisnis Industri Tempe

Dari usaha pendukung di atas kita bisa mendapatkan gambaran jelas bahwa bisnis yang satu ini memang masih memiliki potensi yang cukup menggiurkan. Dari keadaan di atas dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis industri tempe ini cukup bagus dan bisa kita pertimbangkan.

Namun demikian, untuk dapat memiliki gambaran lebih rinci mengenai peluang tersebut kita juga harus melakukan analisa peluang secara menyeluruh. dalam hal ini kita harus mempelajari berbagai aspek yang ada untuk selanjutnya menarik kesimpulan yang lebih akurat.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih objektif dan menyeluruh terhadap peluang atau prospek yang dimiliki maka kita bisa menganalisa beberapa hal di bawha ini:

1. Tingkat kebutuhan dan permintaan konsumen
2. Kondisi lingkungan dan persaingan
3. Sarana dan prasarana pendukung
4. Kemampuan dan keahlian yang kita miliki

Kebutuhan dan permintaan konsumen akan menjadi dasar terjadinya jual beli. Semakin tinggi tingkat kebutuhan dan permintaan konsumen terhadap tempe yang di produksi maka akan semakin bagus gambaran peluang yang dimiliki. Maka dari itu, berdasarkan lokasi atau tempat yang dipilih sebagai target pemasaran kita bisa mencari informasi mengenai kebutuhan konsumen tersebut.

Kita bisa mencari informasi mengenai seberapa besar kebutuhan yang ada, seberapa besar yang sudah dapat dipenuhi dan berapa kebutuhan yang belum dapat dipenuhi oleh pelaku bisnis yang sudah ada lebih dulu.

Lebih jauh, kondisi lingkungan dan persaingan juga akan mempengaruhi laju pertumbuhan dan perkembangan usaha produksi yang akan kita dirikan. Maka dari itu akan lebih baik jika kita juga memiliki informasi akurat mengenai hal ini sebagai bahan pertimbangan tambahan.

Sarana dan prasarana pendukung juga harus kita perhitungkan. Akses jalan, ketersediaan bahan baku, tenaga kerja, sarana administrasi dan lain sebagainya harus juga masuk dalam pertimbangan kita. Meski secara umum peluangnya bagus namun sebaiknya hindari membangun bisnis industri ini di lokasi yang kurang bisa mendukung kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Jangan lupa, usaha ini juga membutuhkan keahlian, jadi pertimbangkan juga kemampuan yang kita miliki. Karena kalau kita tidak bisa membuat tempe maka bisnis ini juga akan menghadapi kendala yang cukup berat. Baru setelah semua aspek penting kita pertimbangkan kita bisa mengukur dan menyimpulkan tingkat peluang bisnis ini sesuai dengan keadaan yang ada.

Apakah Peluang Bisnis Industri Pengolahan Tempe benar-benar menjanjikan? Kita sebagai pelaku bisnis yang akan menjawab pertanyaan mendasar tersebut berdasarkan kajian yang kita lakukan. Saya rasa cukup itu saja dulu pembahasan kita kali ini, jangan lupa baca juga beberapa informasi terkait lainnya di bawah ini.

Peluang Bisnis Industri Pengolahan Tempe Menjanjikan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko