Friday, May 8, 2015

Mencari Usaha yang Cocok untuk Kita

Cara Mencari Usaha yang Cocok untuk Kita - Ada  istilah "tangan-tanganan" dan ada juga istilah "cocok-cocokan", kedua istilah tersebut memberikan nasehat kepada kita bahwa sesungguhnya sukses atau tidaknya sebuah usaha sebagian besar dipengaruhi oleh pelaku usaha itu sendiri.

Dalam hal ini ada jenis usaha yang cocok untuk kita dan ada juga usaha yang tidak cocok buat kita jalankan. Jika demikian lalu kriteria apa yang dapat digunakan untuk menentukan jenis usaha yang cocok untuk kita kerjakan?

Pertanyaan ini akan menghantarkan kita pada bagaimana mengukur sebuah usaha yang bisa kita jalankan dengan sukses. Kebanyakan pelaku bisnis atau pelaku usaha pemula berasumsi bahwa jika kita mendirikan sebuah usaha yang peluang atau prospeknya bagus kita pasti akan sukses.

Padahal pada kenyataannya kesuksesan sebuah usaha atau bisnis ditentukan oleh banyak faktor dan salah satu faktor terpenting yang menentukan kesuksesan tersebut adalah faktor yang berasal dari diri pelaku usaha itu sendiri.

Dapat dikatakan secara sederhana bahwa sukses tidaknya usaha juga akan bergantung pada siapa yang menjalankan usaha tersebut. Dari kenyataan tersebut kita bisa sampai pada kesimpulan bahwa kita harus mencari usaha yang cocok untuk kita jalankan, tentunya sesuai dengan kemampuan dan kondisi kita sendiri.

Disini kita harus menentukan kriteria usaha yang cocok tersebut berdasarkan diri kita sebagai orang yang akan menjalankan usaha tersebut. Jadi kita bukan hanya akan cari tahu usaha yang cocok buat kita tetapi akan menelaah lebih jauh bagaimana kemungkinan usaha tersebut dapat berkembang dengan baik.

1) Cara Mencari Usaha yang Cocok untuk Kita

Untuk menentukan usaha yang cocok ini ada dua hal atau dua pertimbangan utama yang harus kita lakukan. Pertama kita harus mencari usaha yang kemungkinan suksesnya tinggi atau kita harus mencari jenis usaha yang memiliki peluang bagus.

Yang kedua kita harus mencari usaha yang bisa kita jalankan dengan baik sesuai dengan diri kita sebagai pelaku usaha. Pertama-tama tentu kita akan mencari informasi mengenai usaha-usaha tertentu yang memiliki prospek bagus.

Setelah mendapatkan referensi jenis usaha di atas maka selanjutnya kita akan melakukan seleksi terhadap jenis usaha tersebut. Seleksi disini dimaksudkan untuk mendapatkan sebuah usaha yang mempunyai tingkat peluang sukses yang tinggi dan dapat kita jalankan dengan baik.

Jadi intinya adalah bukan kita memilih usaha dengan peluang yang paling bagus tetapi kita memilih yang bisa kita jalankan dengan sukses dan memiliki peluang cukup menjanjikan. Dari sisi peluang kita bisa menentukan mana prosesntase sukses yang paling besar dengan melakukan analisa peluang usaha tertentu.

Sedangkan dari sisi kecocokan maka kita bisa mengelompokkan usaha-usaha tersebut sesuai dengan tingkat kesulitan dan kerumitan dalam menjalankan usaha khususnya jika dibandingkan dengan kemampuan yang kita miliki. Untuk lebih mudah kita bisa menggunakan cara mencari peluang usaha yang ada di bawah ini. Cara menentukan usaha yang cocok tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Buat daftar usaha yang memiliki prospek bagus
  2. Lakukan analisa peluang usaha secara mendalam terhadap daftar usaha yang di buat
  3. Pilih setidaknya 5 jenis usaha yang memiliki peluang usaha tertinggi
  4. Lakukan analisa terhadap bagaimana cara menjalankan masing-masing usaha tersebut
  5. Lakukan pemetaan terhadap kemampuan kita dalam menjalankan usaha dalam daftar di atas
  6. Buat prosentase mulai dari mana yang paling mudah dijalankan sampai pada mana yang paling sulit
  7. Sisakan dua jenis usaha yang paling mudah dijalankan dan paling memiliki peluang
  8. Kaji dan analisa lagi dua jenis usaha yang di dapat
  9. Bandingkan dan pilih usaha yang peluangnya paling tinggi dan paling bisa dijalankan


Langkah di atas bisa kita gunakan untuk membandingkan beberapa usaha yang memiliki potensi bagus untuk dijalankan. Dari langkah di atas terlihat bahwa kita disarankan untuk memilih jenis usaha yang potensinya paling menjanjikan tetapi sekaligus bisa dijalankan dengan baik dan lancar.

Ini berarti bahwa kemampuan kita dalam menjalankan usaha yang dipilih akan menentukan sukses tidaknya kita menjalankan usaha tersebut.

2) Contoh Ide Usaha yang Cocok untuk Anda

Berbicara ngalor ngidul tanpa bisa melihat fakta contoh dari jenis-jenis usaha yang bisa kita jalankan tentu saja tidak akan bisa memberikan andil yang begitu dalam. Sebagai pelengkap, berikut akan disertakan juga beberapa contoh ide usaha yang bisa kita jalankan.

Beberapa contoh berikut akan diambil berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh calon pelaku usaha. Contoh ide usaha tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki keterampilan yang baik dalam mencukur, usaha yang cocok pangkas rambut atau salon
  2. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan mempengaruhi orang, cocok dengan usaha jual beli (pemasaran)
  3. Bakat di bidang kuliner, contoh usahanya yaitu bisnis restoran, usaha catering dan usaha kuliner lain
  4. Bakat di bidang menulis, usahanya bisa menjadi penulis artikel website
  5. Hobi memelihara binatang bisa membuka usaha di bidang peternakan


Mencari Usaha yang Cocok untuk Kita
Ilustrasi bekerja
Setidaknya beberapa usaha di atas bisa kita jadikan contoh dan bahan pertimbangan dalam mencari ide-ide usaha yang prospek dan menjanjikan. Perlu di ingat, peluang usaha yang bagus bisa menghantarkan kesuksesan jika kita mampu menjalankan usaha yang bagus tersebut dengan baik dan profesional.

Maka dari itu penting bagi kita untuk bisa menemukan jenis usaha yang memiliki potensi cukup menjanjikan yang mampu kita kerjakan dengan sebaik-baiknya. Jangan melampaui batas dan jangan mengabaikan kemampuan kita, semoga sedikit tentang cara mencari usaha yang cocok ini bisa menjadi sumber inspirasi kita semua.

Mencari Usaha yang Cocok untuk Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko