Tuesday, October 11, 2016

Cara Memilih Lokasi Usaha yang Sukses Untung Besar

Apakah lokasi usaha sangat menentukan, lalu bagaimana cara memilih lokasi usaha yang bagus agar sukses? Itu tentu sering menjadi pertanyaan yang timbul dalam diri ketika ingin membuka sebuah usaha baru.
Cara Memilih Lokasi Usaha yang Sukses
Faktor keberhasilan usaha kecil
Memang, lokasi sangat menentukan sukses atau tidak sebuah usaha. Tanpa dukungan lokasi yang sesuai maka usaha akan sangat sulit berkembang, apalagi jika lokasi yang digunakan sangat jauh, susah dijangkau.

Lokasi atau tempat yang kita gunakan untuk usaha atau bisnis memiliki peranan yang sangat penting untuk kesuksesan yang akan kita raih. Sebuah usaha yang memiliki potensi bagus sekalipun seringkali gagal karena kesalahan dalam menentukan lokasi usaha yang digunakan.

Lokasi ini merupakan sekian persen dari kemungkinan kesuksesan yang bisa di dapat. Maka dari itu, di awal mendirikan usaha kita harus mampu memilih dan menetapkan lokasi atau tempat yang benar-benar ideal dan mendukung bagi kesuksesan yang ingin dituju.

Kita tidak boleh asal dalam memilih lokasi yang akan digunakan, kita harus benar-benar mempertimbangkan berbagai aspek strategis yang berkaitan dengan kegiatan usaha yang akan di jalankan.

Setidaknya ada tiga poin penting yang sebaiknya kita pertimbangkan dalam memilih lokasi usaha yang akan kita gunakan tersebut yaitu unsur lalu lintas atau aksesibilitas, unsur finansial dan juga beberapa aspek pendukung lain. Secara rinci berbagai pertimbangan tersebut akan dijelaskan berikut!

1) Unsur lalu lintas dalam memilih lokasi

Dalam memilih lokasi atau tempat usaha penting bagi kita untuk memperhatikan dan menganalisa lebih jauh mengenai dukungan unsur lalu lintas dalam lokasi tersebut. Ini sangat penting karena lalu lintas ini akan menjadi jalur atau jalan sampainya produk usaha yang kita miliki ke tangan konsumen.

Maka dari itu kita harus memastikan dukungan lalu lintas yang baik dan maksimal untuk lokasi yang akan di pilih. Beberapa pertimbangan berkaitan dengan unsur lalu lintas ini yaitu:

a. Dekat dengan target pemasaran (konsumen)
b. Mudah dilihat dan dijangkau calon konsumen
c. Dekat dengan arus lalu lalang pemakai jalan
d. Daya jangkau dari jalan yang mudah

Usaha yang baik sebaiknya di dukung dengan lokasi yang dekat dengan konsumen yang ingin di bidik. Selain itu lokasi tersebut juga harus memungkinkan usaha atau produk usaha kita lebih mudah di lihat dan dijangkau oleh calon konsumen.

Lokasi juga sebaiknya dengan dengan arus lalu lalang pemakai jalan misalnya di pertigaan perempatan, pasar dan sebagainya. Kemudian, lokasi yang dipilih sebaiknya juga mempertimbangkan daya jangkau calon konsumen dari jalan yang dilalui misalnya apakah di sisi kiri jalan atau sisi kanan jalan.

2) Aspek finansial dalam memilih lokasi

Untuk memilih lokasi usaha yang sukses sebaiknya kita juga mempertimbangkan berbagai aspek finansial yang berhubungan dengan lokasi atau tempat tersebut. Beberapa aspek finansial yang sebaiknya di perhatikan yaitu:

a. Lokasi termonopoli (tanpa pesaing)
b. Lokasi dengan pesaing
c. Biaya yang diperlukan
d. Tips mengembangkan bisnis butik pakaian
e. Ternak kelinci usaha sepele menjanjikan

Memilih lokasi usaha juga harus mempertimbangkan apakah lokasi tersebut termasuk lokasi dengan pesaing atau lokasi tanpa persaing dari usaha serupa lain. Ini akan berhubungan dengan tingkat kesulitan dalam menembus pasar.

Jika lokasi yang dipilih termasuk tanpa pesaing maka konsekuensinya kita akan memerlukan usaha ekstra atau dana lebih dalam mengenalkan usaha yang baru tersebut sedangkan jika lokasinya memiliki pesaing maka kita harus memiliki kemampuan untuk menembus persaingan pasar yang sudah ada tersebut.

Selain itu, pemilihan lokasi hendaknya juga tetap mempertimbangkan masalah biaya untuk lokasi tersebut. Lokasi yang ramai dan strategis tentu memerlukan biaya lebih jika dibanding lokasi yang lebih sepi. Maka dari itu perhitungkan biaya sewa atau biaya pembelian lokasi tersebut apakah sesuai dengan perputaran penjualan yang bisa diperoleh.

3) Aspek pendukung dalam memilih lokasi

Selain dua aspek di atas masih ada beberapa aspek lain yang perlu juga kita pertimbangkan. Beberapa aspek ini juga akan menentukan layak tidaknya sebuah lokasi untuk kita jadikan lokasi usaha yang diinginkan. Beberapa aspek tersebut yaitu:

a. Legalitas
b. Kondisi lingkungan
c. Kualitas fisik
d. Demografi penduduk

Aspek legalitas tidak bisa kita kesampingkan dalam memilih lokasi untuk usaha. Harus kita pertimbangkan unsur tersebut misalnya mulai dari perizinan usaha, pajak dan sebagainya. Selain itu kondisi lingkungan sekitar juga tetap harus diperhitungkan.

Misalnya dari sisi kenyamanan-nya bagaimana, keamanannya bagaimana dan seterusnya. Kita juga sebaiknya mempertimbangkan aspek kualitas fisik dari lokasi yang dipilih mulai dari kualitas fisik tanah, bangunan dan sebagainya.

Demografi penduduk juga menjadi salah satu faktor pendukung dalam kemajuan usaha yang akan kita dirikan. Maka dari itu sebaiknya kita juga mempertimbangkan masalah ini.

Beberapa yang sebaiknya kita pertimbangkan misalnya jumlah penduduk, pertumbuhan penduduk, angka kelahiran dan kematian, pekerjaan masyarakat, asumsi daya beli masyarakat dan lain sebagainya.

Itulah beberapa aspek yang bisa kita pertimbangkan untuk mendapatkan lokasi usaha yang bagus. Semoga sedikit tips dan kiat tentang cara memilih lokasi usaha yang bagus tersebut bisa menjadi bahan referensi dan pertimbangan kita semua dalam mencari ide lokasi yang bagus. Jangan lupa pelajari juga beberapa artikel usaha lainnya di bagian akhir tulisan ini.

Cara Memilih Lokasi Usaha yang Sukses Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko