Monday, October 10, 2016

Daftar Contoh Usaha yang Membutuhkan Modal Kecil

Kendala yang sepertinya paling besar dan paling susah diatasi dalam memulai usaha sepertinya memang modal. Makanya banyak yang berniat membuka usaha tapi ingin mencari usaha yang modalnya sedikit.

Kadang bahkan yang dicari dan diutamakan bukan lagi peluang atau prospek usahanya tetapi jumlah modal awal yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana jika kita tidak memiliki ide atau wawasan mengenai usaha-usaha yang bisa dijalankan dengan uang terbatas? Harus cari ide dan contoh tentunya.

Halangan atau kendala yang paling banyak dihadapi oleh pelaku usaha khususnya pelaku usaha baru adalah mengenai permodalan. Banyak orang yang memiliki ide dan kreativitas serta memiliki kemampuan namun harus terhalang karena keterbatasan dalam hal modal.

Untuk itu banyak yang dengan terpaksa harus memulai semuanya dengan susah payah demi untuk mendapatkan modal yang cukup untuk meneruskan cita-cita dan rencana yang dimiliki. Salah satunya adalah alternatif dengan memilih jenis usaha yang membutuhkan sedikit modal.

Memilih sebuah usaha yang terjangkau dan bisa dijalankan adalah salah satu pilihan yang bijak untuk memuluskan langkah kita menjadi seorang pengusaha yang sukses. Meski kita akan sedikit rugi dari sisi waktu namun langkah ini sangat bermanfaat untuk sarana belajar kita sebelum menuju ke langkah selanjutnya.

Selain mendapatkan tambahan pendapatan kita juga bisa memelihara semangat, mengasah keterampilan dan juga mencoba peruntungan dalam berusaha. Tidak ada salahnya, tapi masalahnya adalah usaha apa yang membutuhkan sedikit modal namun sukses? Kita harus menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut secepat mungkin agar langkah kita mulus.

Sedikit dan banyaknya modal sebenarnya sangat relatif tergantung pada kemampuan finansial kita masing-masing. Karena memang kita semua tahu bahwa tak ada satu pun usaha yang tidak membutuhkan modal dan meski sedikit kita tetap harus berupaya semaksimal mungkin agar semua kebutuhan usaha terpenuhi.

Oleh karena itu hari ini situs http://usaha-sukses-untung-besar.blogspot.com/ akan secara khusus membahas mengenai berbagai ide usaha yang modalnya dapat dikatakan kecil.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai berbagai usaha tersebut kita akan samakan terlebih dahulu persepsi kita mengenai usaha yang bisa kita katakan membutuhkan modal kecil. Karena umumnya sebuah usaha membutuhkan modal minimal sekitar 5 juta rupiah maka usaha modal kecil yang kita maksud disini adalah usaha yang membutuhkan modal sedikit yaitu di bawah 5 juta.

Dengan batasan tersebut maka kita akan membahas tiga jenis usaha sekaligus yaitu usaha yang modalnya di bawah 1 juta, usaha yang modalnya di bawah 3 juta dan usaha yang membutuhkan modal di bawah 5 juta rupiah.

1) Usaha Modal Kurang dari 1 Juta

Akan sangat sulit untuk menemukan sebuah usaha yang bisa dibuka dengan modal di bawah 1 juta rupiah. Tetapi jika kita memiliki keterbatasan dan maksimal hanya mampu menyiapkan modal 1 juta rupiah maka ada beberapa pilihan terbaik untuk usaha yang bisa kita pertimbangkan.

Usaha ini sebenarnya juga bukan usaha yang kecil namun beberapa usaha ini memang bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim dalam artian kita bisa merintis usaha ini dari skala kecil terlebih dahulu.

Sama dengan usaha lain, usaha ini akan lebih baik jika dijalankan dengan modal yang lebih besar namun jika sangat terpaksa usaha ini juga dapat disesuaikan sesuai kemampuan finansial kita. Beberapa usaha yang bisa kita jalankan dengan modalnya kurang dari 1 juta antara lain sebagai berikut:
  1. Usaha jual gorengan
  2. Usaha es jus buah
  3. Usaha kios bensin
  4. Usaha pangkas rambut
  5. Usaha jualan online
Alternatif pertama jika kita memiliki modal yang sedikit adalah usaha gorengan. Jangan menganggap remeh usaha ini, meski hanya gorengan usaha ini pun tetap bisa menjanjikan kita peluang penghasilan yang besar.

Sudah banyak cerita suksesnya, dan memang jual gorengan dapat dikatakan sebagai  usaha sepele yang bisa menghasilkan jutaan rupiah. Jadi tidak ada salahnya kita mempertimbangkan usaha ini, tentunya jika memang berminat kita harus menganalisa lebih jauh mengenai peluang usaha ini sesuai dengan daerah yang dipilih.

Masih sedikit yang mengkhususkan diri membuka usaha es jus buah. Biasanya usaha ini hanya berdampingan dengan usaha lain seperti bakso dan mie ayam namun sebenarnya usaha ini juga memiliki potensi yang cukup menjanjikan.

Untuk menjalankan usaha ini modal yang diperlukan hanya untuk gerobak, blender dan modal bahan baku yang bisa ditekan se-minimal mungkin agar tidak melebihi modal 1 juta yang kita miliki.

Selanjutnya adalah usaha jual bensin. Usaha ini sebenarnya tergolong usaha dengan modal menengah atau cukup besar namun usaha ini bisa kita jalankan dari kecil. Dengan modal takaran bensin, penampung dan beberapa liter bensin kita sudah bisa mengawali membuka usaha ini.

Jika sudah berjalan secara berangsur kita bisa menambahkan kapasitas bensin yang dijual. Usaha berikutnya yang bisa kita jalankan dengan modal ini adalah usaha jasa pangkas rambut. Usaha ini modal utamanya adalah kemampuan memangkas rambut, selain itu hanya penunjang.

Untuk memulai usaha ini yang kita butuhkan adalah gunting, tempat duduk, kain pelindung dan cermin. Untuk lokasi kita bisa menggunakan lokasi yang ada di rumah untuk sementara waktu.

Jika kita memiliki perangkat komputer atau laptop yang sudah lama kita miliki maka kita bisa mencoba alternatif lain yaitu mencoba usaha jualan online. Usaha jualan online dapat dijalankan dengan sistem "pesan dulu" yang berarti kita hanya membutuhkan situs jual beli untuk mempromosikan apa yang akan dijual.

Setelah dapat pesanan kita baru mengeluarkan modal untuk mencari pesanan tersebut. Itulah beberapa ide usaha yang bisa kita jalankan dengan modal yang relatif kecil yaitu di bawah satu juta rupiah.

Dalam memilih ide usaha di atas perlu diingat bahwa kita juga harus mempertimbangkan dengan matang berbagai hal yang berkaitan dengan usaha tersebut. Kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa usaha yang dipilih benar-benar memiliki peluang yang layak untuk dijalankan.

2) Usaha dengan Sedikit Modal di bawah 3 Juta

Jika modal yang dimiliki lebih dari satu juta maka kita dapat memilih ide usaha yang lain yaitu jenis usaha dengan modal di bawah 3 juta rupiah. Meski dari sisi peluang tidak bisa dipastikan lebih baik namun beberapa usaha berikut bisa menjadi pilihan kita untuk usaha yang bisa kita jalankan.

Sama dengan beberapa usaha di atas, usaha dengan modal di bawah 3 juta juga bisa memberikan keuntungan yang cukup besar jika dikelola dengan baik dan profesional. Beberapa usaha tersebut adalah sebagai berikut!

Usaha cuci motor
Usaha cuci motor adalah salah satu jenis usaha kecil yang bisa memberikan keuntungan yang cukup lumayan. Usaha ini dapat kita jalankan dengan modal di bawah 3 juga tetapi dengan catatan kita telah memiliki lokasi yang akan digunakan untuk mendirikan usaha ini.

Usaha jasa ini dapat kita jalankan dengan modal perlengkapan seperti pompa air kecil, selang dan penyemprot, serta alat pencuci seperti sabun, sikat dan kanebo. Umumnya jasa cuci motor ini harganya berkisar antara 5 ribu sampai 10 ribu rupiah.

Jadi kita bisa memiliki gambaran berapa pendapatan kita sehari-hari jika kita membuka usaha ini. Unsur penting dalam usaha ini adalah ketersediaan lokasi dan kemampuan kita mencuci motor dengan cepat dan bersih.

Jika kita berminat untuk mencoba usaha ini sebaiknya kita analisa dan kita pelajari terlebih dahulu peluang usaha ini secara mendalam. 

Usaha counter pulsa
Counter pulsa atau jualan pulsa bisa menghabiskan modal jutaan rupiah namun usaha ini dapat kita jalankan dari skala kecil terlebih dahulu. Modal utama untuk usaha ini adalah modal untuk membeli pulsa yang akan dijual kembali.

Selain modal itu alat lain yang dibutuhkan seperti etalase dan lokasi bisa kita sesuaikan dengan keadaan kita. Satu tahun yang silam bahkan usaha ini dapat kita jalankan hanya dengan modal yang sangat kecil yaitu 2 ratus atau 3 ratus ribu rupiah.

Jika usaha ini telah berjalan kita bisa terus meningkatkan modal pulsa tersebut sesuai kemampuan. Jangan lupa, jika hendak menjalankan usaha ini kita harus mencari tahu terlebih dahulu bagaimana prospek usaha ini di daerah yang kita tentukan.

Usaha aneka keripik
Usaha lain yang juga cukup menjanjikan untuk kita coba dengan modal yang ada ini adalah jenis usaha aneka keripik. Untuk membuka usaha ini kita hanya membutuhkan modal peralatan dapur mulai dari pisau, penggorengan, kompor dan alat lain untuk menggoreng.

Selanjutnya modal yang dibutuhkan yaitu untuk membeli bahan keripik yang akan dibuat, besar kecilnya tentu sesuai dengan jenis bahan yang akan di olah. Untuk usaha ini kita bisa membuat usaha kripik pisang, kripik tempe aneka rasa, kripik nangka dan lain sebagainya.

Banyak ide-ide sepele yang sebenarnya bisa kita olah menjadi sebuah usaha yang cukup menjanjikan. Untuk peluang usaha aneka kripik kita perlu melakukan analisa lebih lanjut agar tahu bagaimana prospek ke depannya.

3) Usaha dengan Sedikit Modal di bawah 5 Juta

Berikutnya, usaha yang modalnya sedikit adalah jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal maksimal 5 juta rupiah. Jika ditinjau dari sisi modal, usaha ini memang membutuhkan modal yang lebih banyak.

Hal ini karena umumnya usaha ini membutuhkan peralatan yang harganya lebih mahal. Meski begitu tentu saja usaha ini tetap bisa kita pertimbangkan khususnya jika usaha ini sesuai dengan bidang kemampuan, minat dan keinginan kita.

Untuk usaha ini ada tiga buah usaha yang paling bisa kita pertimbangkan baik itu dari sisi kemudaha, potensi dan modal yang digunakan. Tiga usaha tersebut yaitu:
  • Usaha warung nasi
  • Usaha rental komputer
  • Usaha warung tenda
Warung nasi adalah sebuah usaha yang memiliki peluang yang lumayan. Usaha ini juga bisa memberikan potensi keuntungan yang cukup besar bahkan usaha ini bisa juga menghasilkan jutaan rupiah setiap harinya, tentu jika dijalankan dan dikelola secara profesional.

Usaha warung nasi ini yang paling penting selain kualitas masakannya adalah lokasi. Meski begitu untuk sementara waktu kita bisa memulai usaha ini dengan menggunakan lokasi yang ada misalnya di rumah atau menyewa yang terjangkau.

Selain warung nasi usaha rental komputer juga bisa kita jalankan dengan modal kecil. Usaha ini sangat cocok kita dirikan di lingkungan kampus yang banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa tersebut. Usaha ini bisa mendapatkan uang dari pengetikan, print, jilid dan sebagainya.

Alat yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini selain lokasi adalah perangkat komputer dan printer. Bahan produksinya hanya kertas dan tinta print. Untuk lokasi kita bisa menyewa yang terjangkau secara bulanan dan untuk perangkat komputer bisa mencari yang komputer second yang bisa kita dapat dengan harga termurah yaitu 1 juta rupiah. 

Berikutnya kita bisa juga membuka usaha warung tenda. Usaha warung tenda ini bisa bermacam-macam sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita. Bisa nasi goreng, bisa sate, bisa roti bakar dan lain sebagainya. Usaha ini bisa kita jalankan dengan modal yang relatif kecil tentunya sesuai dengan kapasitas usaha yang akan dibangun.

Demikianlah tadi sedikit gambaran untuk usaha yang membutuhkan modal sedikit. Beberapa jenis usaha dalam daftar tersebut secara umum memiliki peluang yang bagus namun jika ingin terjun ke usaha tersebut kita masih tetap harus melakukan analisa terhadap berbagai aspek usaha yang mendukung.

Untuk melengkapi beberapa ide di atas jangan lupa baca juga beberapa ide usaha atau bisnis lainnya di bagian bawah. Itu saja, salam sukses!

Daftar Contoh Usaha yang Membutuhkan Modal Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko