Tuesday, October 11, 2016

Tips Langkah Awal dalam Memulai Usaha di Desa

Apa saja langkah awal dalam memulai usaha yang akan dijalankan di desa, apakah sama dengan usaha di tempat lain? Pada dasarnya sama namun perlu ada penyesuaian untuk melihat kondisi dan situasi yang ada di daerah tersebut.

Peluang usaha yang cocok di desa
Usaha dimanapun sebenarnya harus melalui tahapan yang baik, harus ada langkah awal yang tepat, baik itu mendirikan usaha di pedesaan maupun di kota besar. Tapi bagi yang bingung mungkin bisa mempelajari beberapa tips yang akan diberikan berikut ini.

Awal memutuskan untuk menjadi mandiri dengan mendirikan sebuah usaha memang kita akan mengalami banyak kendala. Di awal biasanya ada saja hambatan yang harus diselesaikan mulai dari penentuan lokasi, pemilihan jenis usaha, sarana dan prasarana dan lain sebagainya.

Mengingat banyaknya hal yang harus kita kerjakan maka satu persatu kita akan membahas berbagai langkah yang harus kita lakukan tersebut. Yang akan kita bahas kali ini adalah berkaitan dengan langkah awal dalam memulai atau mendirikan usaha di daerah pedesaan atau desa.

Dalam hal ini kita akan memperjelas kira-kira apa saja yang sebaiknya kita lakukan sebelum memulai usaha baru tersebut. Untuk langkah awal memulai usaha, khususnya untuk jenis usaha yang akan di dirikan di daerah pedesaan ada beberapa langkah yang sebaiknya kita lakukan.

Yang pertama melakukan analisa terhadap potensi yang ada, menganalisa sejauh mana peluang yang ada, menentukan besar kecilnya usaha yang akan kita buka dan juga mengukur berbagai potensi kendala dan hambatan yang mungkin saja bisa kita hadapi.

1) Menganalisa potensi yang ada di desa

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha, jika lokasinya telah di tetapkan yaitu di desa maka pertama sebaiknya kita menganalisa terlebih dahulu apa saja potensi yang bisa kita manfaatkan untuk mendirikan usaha baru.

Dalam hal ini kita akan terjun langsung ke lapangan dan mencari dan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang berbagai potensi yang ada di daerah tersebut.

Dalam menganalisa potensi ini kita belum menetapkan usaha mana yang akan kita bangun, dalam langkah ini kita akan mencari potensi potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut yang tentunya dapat digunakan sebagai usaha baru.

Kita hendaknya mencari beberapa potensi yang paling bagus dan mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan potensi tersebut khususnya dalam kaitannya dengan jenis usaha baru yang bisa kita buka.

Sebagai contoh, jika di suatu daerah terdapat banyak kepiting maka kita bisa mencatatnya sebagai salah satu potensi. Selanjutnya kita juga perlu mencari berbagai informasi yang berkaitan dengan ketersediaan kepiting yang melimpah tersebut.

Misalnya jenis usaha apa yang bisa didirikan dengan memanfaatkan kepiting yang banyak dan murah tersebut. Seperti itulah, kita dapat mencari potensi-potensi lain yang bisa kita jadikan ide usaha atau yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan yang kita miliki.

Jika di daerah tersebut terdapat lebih dari satu potensi yang bisa kita temukan maka bisa mencari informasi lengkap mengenai berbagai potensi tersebut seperti pada contoh di atas.

Dengan mengetahui berbagai potensi yang ada di daerah maka diharapkan kita bisa mendapatkan landasan sebuah usaha yang di dukung dengan potensi daerah yang memadai. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi usaha kita nanti.

2) Menganalisa peluang usaha yang cocok

Jika kita telah mengetahui apa saja potensi yang ada di daerah atau desa tersebut maka langkah selanjutnya adalah kita bisa mencari tahu atau melakukan analisa mengenai berbagai peluang usaha dari potensi desa tersebut. Bagaimana caranya?

Dari berbagai potensi yang kita ketahui pada langkah pertama selanjutnya kita mencari ide-ide usaha dari berbagai potensi tersebut. Kita bisa merumuskan satu ide usaha untuk satu potensi yang ada.

Setelah semua potensi tersebut ada ide usaha yang bisa kita jalankan maka selanjutnya tugas kita adalah menganalisa seberapa jauh peluang dari masing-masing ide usaha yang telah didapatkan tadi.

Untuk peluang ini, pada masing-masing ide usaha kita pelajari terlebih dahulu sampai benar-benar jelas. Misalnya kita bisa mencari tahu atau menganalisa peluang usaha tersebut dengan cara mencari tahu bagaimana potensi konsumen nya, bagaimana sarana dan prasarana yang dibutuhkan, bagaimana tingkat persaingannya, hambatan dan kendala, permodalan, dukungan sumber daya dan lain sebagainya.

Dari berbagai analisa yang kita buat tersebut untuk masing-masing ide usaha selanjutnya kita dapat mengukur peluangnya dalam bentuk persen. Misalnya peluang usaha A adalah 60%, usaha B 80% dan seterusnya. Dari hasil persentase tersebut akhirnya kita bisa memiliki gambaran ide usaha mana yang peluangnya paling tinggi.

Jadi dengan hasil analisa di atas selanjutnya kita bisa menentukan ide usaha mana yang paling bagus dan layak untuk kita coba.Selengkapnya tentang masalah peluang usaha ini bisa di baca di artikel: peluang usaha yang cocok di desa.

3) Menentukan skala usaha

Sebelum kita mulai, jika kita telah menemukan ide usaha yang cocok dan bagus untuk dijalankan selanjutnya kita bisa menentukan skala usaha yang akan dijalankan tersebut. Alasannya adalah langkah menentukan skala usaha ini kita butuhkan untuk menyesuaikan kemampuan yang kita miliki.

Dalam hal ini kita akan menentukan skala usaha ini saat kita mulai misalnya kita mulai dengan skala usaha yang kecil terlebih dahulu atau bisa juga kita mulai mendirikan usaha ini langsung dengan skala yang lebih besar. Penentuan skala usaha ini akan berkaitan dengan banyak hal antara lain berkaitan dengan beberapa hal berikut ini:

1. Jumlah modal yang dibutuhkan
2. Jumlah peralatan usaha yang dibutuhkan
3. Tingkat resiko yang akan dihadapi

Tentu saja, langkah menentukan skala usaha ini bebas untuk kita lakukan atau tidak yang jelas penentuan skala usaha ini dimaksudkan untuk lebih jelas memberikan gambaran mengenai berbagai kebutuhan usaha yang akan kita siapkan.

Ini juga akan menentukan seberapa mampu kita dalam menjalankan usaha tersebut. Kalau modal kita sedikit maka sudah seharusnya kita mulai usaha ini dengan skala yang kecil dan sebaliknya.

Setelah dengan beberapa tahapan awal di atas kita bisa mulai merumuskan dengan matang rencana usaha yang akan kita dirikan. Dengan berbekal beberapa langkah di atas diharapkan rencana atau perencanaan yang selanjutnya akan kita buat bisa memiliki dasar yang kokoh.

Itu saja, semoga pembicaraan kita mengenai langkah memulai usaha di desa ini bisa menjadi tambahan referensi dan pertimbangan kita semua. Tetap semangat dan terus berusaha, salam sukses usaha!

Tips Langkah Awal dalam Memulai Usaha di Desa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko