Sunday, April 12, 2015

Analisa Usaha Sampingan Bisnis Minuman dan Contoh

Analisa Usaha Sampingan Bisnis Minuman dan Contoh - Apapun bidang dan objek bisnis yang akan kita kerjakan, pada intinya adalah kita akan mencari sesuatu yang layak untuk kita kerjakan. Kita pasti tidak akan mau bersusah payah dan mengerjakan hal yang nilainya kecil atau bahkan hal yang sia-sia.

Berikut kita akan membuka sebuah pembahasan baru tentang peluang usaha sampingan khususnya untuk bisnis yang bergerak di bidang minuman. Tentu saja, sebagai bahan pertimbangan kita akan membahas mulai dari prospek bisnis tersebut, contoh ide bisnis dan beberapa tips dalam memulai dan menjalankan bisnis sampingan ini.

Yang kita lakukan sekarang ini tak lepas dari usaha kita untuk meraih untung dari bisnis minuman, peluang usaha sampingan menjanjikan yang bisa kita kerjakan untuk menambah penghasilan kita. Jadi, dapat dikatakan bahwa hal ini adalah bekal awal untuk pertimbangan yang bisa kita masukkan sebelum memulai sebuah bisnis khususnya untuk usaha sampingan minuman ini. Apakah sebenarnya usaha sampingan makanan dan minuman ini benar-benar cukup menjanjikan?

Bisa saya tegaskan bahwa jika ini berhubungan dengan masalah perut maka bisa dikatakan secara umum bahwa usaha sampingan ini bagus. Meski manusia tidak hanya akan memenuhi isi perut saja namun perut menempati urutan atas dalam hal kebutuhan yang akan dicukupi. Sekarang yang jadi persoalan hanya pada minuman apa yang akan kita tawarkan dan kepada siapa kita menawarkan produk tersebut.

Untuk jenis bisnis atau usaha seperti ini paling menjanjikan kita dirikan di lingkungan masyarakat yang sibuk. Selain itu market yang paling bagus untuk usaha sampingan ini sudah pasti masyarakat yang memiliki daya beli yang tinggi dan memiliki kebiasaan konsumtif.

1) Analisa Peluang Usaha Sampingan Bisnis Minuman

Seperti disebutkan di awal, secara umum usaha sampingan ini memiliki peluang yang cukup bagus namun dengan beberapa catatan yang sebaiknya diperhatikan. Dalam hal melihat seberapa jauh peluang dari usaha atau bisnis ini kita sebaiknya memperhatikan aspek pendukung dari usaha ini. Berbagai aspek pendukung yang cukup penting untuk kita analisa antara lain sebagai berikut.

1. Jenis produk minuman yang akan dibuat
2. Target market usaha sampingan minuman
3. Lokasi tempat usaha

Tidak semua jenis produk minuman memiliki peluang yang bagus untuk kita buat. Hanya jenis minuman yang sesuai dengan kesukaan masyarakat luas lah yang akan bisa diterima dan bisa menghasilkan laba yang kita idamkan.

Selain itu jenis minuman yang harganya terjangkau juga lebih mudah diterima di masyarakat luas dari pada produk dengan harga yang tinggi. Jadi, peluang usaha ini akan semakin bagus jika kita bisa menentukan produk minuman yang sesuai dengan apa yang diinginkan dan di butuhkan oleh masyarakat luas.

Yang juga menentukan prospek usaha ini adalah target market atau pasar yang dipilih. Siapa yang akan kita jadikan sebagai konsumen dalam usaha ini juga mempengaruhi tingkat prospek usaha tersebut. Sebagai contoh, jika kita memilih target market masyarakat pedesaan maka kemungkinan kendala yang akan kita temui adalah daya jangkau mereka terhadap produk yang kita tawarkan.

Bisa saja produk yang kita tawarkan sesuai seperti kebutuhan mereka tetapi jika mereka tidak mampu untuk membelinya maka sama saja peluang usaha kita tersebut juga lebih kecil.

Lokasi akan menentukan banyak hal dan tentunya menentukan besar peluang yang ada. Lokasi ini akan berhubungan dengan banyak hal misalnya mulai dari konsumen, akses jalan, kebutuhan bahan baku, sarana prasarana dan lain sebagainya.

Semakin strategis usaha ini maka semakin bagus peluang yang kita dapat. Maka dari itu kita harus memilih lokasi yang benar-benar cocok dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan usaha ini.

2) Contoh Usaha Sampingan Bisnis Minuman

Tentu saja, saya tidak dapat mengatakan atau memberikan contoh untuk usaha sampingan bisnis minuman yang menjanjikan dan memiliki peluang sangat bagus. Hal ini karena peluang sebuah sangat dipengaruhi banyak faktor seperti dijelaskan di atas. Meski begitu, tetap akan diberikan beberapa contoh sebagai gambaran kita mengenai beberapa usaha minuman yang dapat kita jadikan pertimbangan.

1. Usaha sampingan es jus
2. Usaha minuman minuman es kemasan
3. Usaha es krim murah

Salah satu usaha minuman yang bisa kita jadikan bisnis sampingan adalah bisnis es jus. Seperti kita ketahui, usaha jus buah biasanya paling banyak dijalankan dengan usaha kuliner lain seperti bakso dan mi ayam.

Selain menggunakan sistem seperti itu sebenarnya kita juga bisa membuat usaha atau bisnis yang terpisah, dalam hal ini kita bisa membuka usaha minuman jus buah secara terpisah dengan konsep yang lebih diterima di masyarakat. Banyak yang harus diperhitungkan, namun tentu saja ini bisa kita jadikan salah satu ide untuk dipertimbangkan.

Yang lain, selain model bisnis minuman seperti di atas kita juga bisa mempertimbangkan bisnis minuman es dalam kemasan. Misalnya saja bentuk es buah yang bisa kita olah dan dikemas dengan lebih cantik dan menggoda. Kita bisa mencari ide-ide produk yang lebih bisa diterima, di tunggu dan dapat disambut baik oleh masyarakat luas.

Satu yang lumayan sedang banyak digemari adalah es krim murah. Kita bisa membuat bisnis minuman es krim seperti ini dalam bentuk sajian dan kemasan yang lebih dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Sebagai contoh kita bisa membidik pasar untuk masyarakat umum menengah kebawah yang notabene masih sangat penasaran dan ingin tahu dengan jenis minuman seperti ini.

Usaha Sampingan Bisnis Minuman

Itulah sedikit gambaran untuk jenis usaha sampingan di bidang bisnis minuman ini. Dengan adanya ulasan singkat ini semoga kita bisa mendapatkan inspirasi dan bahan pertimbangan dalam memilih dan menentukan jenis usaha sampingan yang paling cocok untuk kita buka. Cukup itu saja, salam sukses dari kami.

Analisa Usaha Sampingan Bisnis Minuman dan Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko