Monday, April 13, 2015

Peluang Bisnis Tanaman Buah Anggur Menjanjikan

Peluang Bisnis Tanaman Buah Anggur - Kita yang lebih cenderung ke jenis bisnis di sektor perkebunan kelas besar yang memiliki potensi keuntungan berlimpah sudah pasti akan memilih jenis bisnis perkebunan atau budidaya tanaman yang nilai skalanya lebih luas.

Salah satu contoh budidaya perkebunan yang memberikan prospek cukup bagus adalah perkebunan tanaman buah dimana buah-buahan telah menjadi kebutuhan pokok yang terus dicari banyak orang. Salah satu yang gambarannya cukup menjanjikan untuk dijalani adalah perkebunan anggur.

Seperti kita tahu buah anggur merupakan salah satu buah yang cukup digemari, dan bahkan dapat dikatakan merupakan buah yang cukup berkelas mengingat harganya selalu di atas buah-buahan lain khususnya buah lokal.

Konsumen dari buah anggur sendiri umumnya dari kalangan menengah ke atas yang notabene memiliki kecukupan finansial dengan daya beli tinggi. Ini yang membuat usaha perkebunan anggur memiliki peluang yang menjanjikan untuk kita kerjakan. Ingin tahu lebih banyak mengenai usaha atau bisnis di bidang tanaman buah anggur tersebut?

Meski kita tahu bahwa secara global jenis bisnis ini peluangnya masih terbuka lebar namun tentu saja kita tidak akan serta merta membuka perkebunan anggur hanya berdasarkan kabar burung atau informasi yang tidak jelas dan tidak detail.

Oleh karena itu wajib bagi kita untuk menelaah lebih lanjut prospek bisnis ini sebelum kita memutuskan untuk membukanya. Disini saya akan membahas dua hal pokok sebagai bahan pertimbangan yaitu yang pertama mengenai peluang atau prospek bisnis dan yang kedua beberapa tips memulai bisnis tanaman buah tersebut.

1) Analisa Peluang Budidaya Anggur

Sebelum menjatuhkan pilihan kita harus mengetahui lebih banyak mengenai bisnis ini. Pertama kita harus mencari tahu gambaran untuk konsumen dari bisnis ini. Kedua kita juga hendaknya mempelajari berbagai aspek pendukung dalam membangun bisnis tersebut.

Dalam mengetahui seberapa jauh prospek bisnis yang dimiliki maka berikut telah dirangkum beberapa poin yang sebaiknya kita perhatikan dalam analisis. Beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam menentukan sejauh mana peluang bisnis ini adalah sebagai berikut!

Syarat tumbuh
Syarat utama yang harus dipertimbangkan dalam jenis bisnis budidaya tanaman seperti perkebunan anggur adalah karakteristik dari tanaman yang akan dibudidayakan tersebut. Disini kita harus benar-benar mengetahui mengenai syarat tumbuh tanaman anggur tersebut.

Kita harus keadaan tanah yang cocok untuk tanaman anggur, suhu udara dan kelembapan tanah, tinggi tanah dari permukaan laut, unsur hara (pupuk) yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

Hal ini mengingat kenyataan bahwa tanaman memiliki syarat lingkungan yang cocok untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Karena itu untuk mendapatkan peluang yang bagus kita harus bisa menyiapkan lokasi yang bagus untuk mendukung perkembangan tanaman anggur tersebut. 

Bisnis perkebunan anggur peluangnya akan lebih bagus jika didirikan di lokasi daerah yang dapat mendukung perkembangan tanaman secara optimal sehingga nantinya tanaman dapat menghasilkan buah yang berlimpah dengan kualitas yang bagus.

Ketersediaan bibit benih tanaman anggur
Apakah kita bisa mendapatkan benih yang dibutuhkan dengan mudah? Benih atau bibit adalah modal yang sangat penting untuk diperhatikan mengingat tanpa bibit atau benih yang bagus tanaman kita juga tidak akan dapat mendukung produktivitas yang diharapkan.

Oleh karena itu akan sangat beresiko jika kita tidak tahu mengenai kualitas benih yang akan ditanam jika kita membuka perkebunan ini. Ini berarti lebih kepada kemampuan atau skill kita dalam bidang perkebunan.

Tanpa modal kemampuan yang memadai bisnis perkebunan anggur ini bisa menjadi bumerang yang dapat menghancurkan mimpi kita sendiri. Jadi dapat dikatakan bisnis ini kurang berpeluang jika didirikan oleh orang yang tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan.

Kemampuan budidaya
Kemampuan ini dalam keseluruhan proses penanaman tanaman dari mulai pembibitan sampai pada proses panen. Tanpa modal kemampuan budidaya tanaman anggur maka prospek bisnis ini tidak akan sebaik yang diharapkan. Untuk dapat memastikan bahwa kita memiliki kemampuan yang cukup maka kita perlu banyak belajar baik dari buku, pelatihan pertanian, seminar dan lain sebagainya.

Tentu saja memiliki kemampuan di bidang budidaya bukan syarat mutlak yang harus kita penuhi. Misalnya jika kita memang berniat membangun usaha perkebunan anggur ini meski tidak memiliki kemampuan budidaya maka kita bisa memanfaatkan tenaga ahli yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kita butuhkan.

Minat dan daya beli masyarakat
Konsumen juga merupakan pertimbangan utama dalam menentukan dan mengukur seberapa tinggi peluang bisnis ini. Untuk itu kita harus mencari tahu terlebih dahulu bagaimana konsumen untuk produk buah anggur segar yang akan kita pasarkan.

Kita bisa mengukur jangkauan atau penetrasi pasar yang bisa dilakukan bagaimana, kemudian kita juga bisa mengukur minat masyarakat terhadap buah anggur. Kita juga dapat mengukur tingkat daya beli masyarakat yang bisa menjadi calon konsumen produktif bagi bisnis kita tersebut.

Minat dan daya beli masyarakat yang tinggi terhadap buah anggur akan melahirkan peluang yang cukup bagus untuk mendirikan bisnis ini. Jika didukung dengan minat dan daya beli masyarakat tersebut maka sangat mungkin kita bisa menghasilkan uang puluhan juta setiap bulannya dari membuka perkebunan anggur.

2) Tips Memulai Bisnis Tanaman Buah Anggur

Merangkum dari beberapa analisa yang telah kita lakukan sebelumnya berikut akan kita tarik kesimpulan untuk beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan dalam membuka bisnis perkebunan anggur. Beberapa Tips Memulai Bisnis Tanaman Buah Anggur yaitu sebagai berikut!

a. Pilih lokasi yang cocok
b. Pelajari terlebih dahulu teknik budidaya anggur yang baik
c. Mulai dari skala kecil
d. Terus belajar

Kalau salah pilih lokasi atau tempat maka bisnis ini tidak akan berhasil, tanaman tidak akan dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas. Karena itu pastikan kita memilih tempat atau lokasi yang benar-benar cocok untuk perkebunan anggur yang akan dibuka.

Sebelum memulai perkebunan ini baik bagi kita untuk mempelajari terlebih dahulu berbagai hal yang berkaitan dengan teknik budidaya tanaman, dalam hal ini cara menanam anggur yang baik dan bisa menghasilkan anggur berkualitas dan buahnya melimpah.

Perkebunan Anggur

Jika dirasa kurang  mendukung maka sebaiknya kita mulai bisnis ini dari skala kecil terlebih dahulu agar kita memiliki kesempatan untuk belajar langsung bagaimana mengelola perkebunan anggur yang sukses.

Jangan terlalu bernafsu dan mengabaikan resiko usaha yang tidak dapat ditanggung jika tidak ingin gagal. Itulah sedikit artikel perkenalan untuk perkebunan anggur. Semoga apa yang disampaikan tentang peluang perkebunan anggur ini bisa menjadi bahan pertimbangan kita semua. Salam sukses usaha!

Peluang Bisnis Tanaman Buah Anggur Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko