Saturday, April 4, 2015

Gambaran Usaha Jual Beli Komputer Untung Besar

Gambaran Usaha Jual Beli Komputer Untung Besar - Salah satu usaha yang mudah dijalankan adalah usaha jual beli, begitu juga dengan usaha jual beli komputer atau toko komputer. Usaha ini jika dibandingkan dengan jenis usaha lain prosesnya tidak begitu rumit dan cenderung lebih sederhana.

Oleh karena itu, untuk kita yang ingin mempunyai sebuah usaha yang tidak terlalu membebani pikiran bisa memilih usaha jual beli seperti toko komputer tersebut. Tapi apakah usaha ini bagus untuk kita jalankan?

Pertanyaan ini bagus untuk kita jawab terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuka sebuah usaha toko komputer. Hal ini karena kita perlu tahu lebih banyak mengenai usaha tersebut baik dari sisi peluang atau prospeknya maupun dari sisi aspek usaha lainnya.

Dengan bahasa awam, menjalankan usaha jual beli itu sangat mudah, kita tinggal membeli barang kemudian menjualnya kembali di toko yang kita miliki. Tapi tentu tidak semudah dan sesederhana itu, masih banyak hal-hal lain yang juga perlu dilakukan jika kita membuka usaha seperti itu.

Bukan hanya membeli barang dan menjualnya kembali, kita juga perlu memikirkan strategi pemasaran, menyiapkan pegawai, memilih tempat yang bagus, melakukan pembukuan dan lain sebagainya.

Tapi, sebelum kita terlalu jauh membahas mengenai hal itu lebih baik kita mencari dasar yang kuat terlebih dahulu untuk membuka usaha jual beli tersebut. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat kini masyarakat yang membutuhkan perangkat komputer dan laptop sudah lebih banyak.

Di desa sekarang sudah banyak yang membutuhkan komputer tidak seperti dulu, bahkan anak sekolah pun sepertinya sudah wajib memiliki komputer sendiri untuk sarana belajar. Ini tentu membuka peluang dan kesempatan bagi kita pelaku usaha untuk bergerak di bidang usaha jual beli sebagai penyalur produk yang masyarakat butuhkan.

Meski tidak memiliki cabang keterkaitan dengan usaha lain namun usaha ini juga mampu memberikan omset yang cukup besar apabila kita kembangkan dengan baik. Ingin mencoba peruntungan dengan membuka usaha ini, mari kita pelajari terlebih dahulu seberapa jauh peluang atau prospek usaha tersebut.

1) Analisa Peluang Usaha Jual Beli Komputer

Andai kata ada seseorang yang bertanya kepada saya tentang apakah usaha jual beli komputer ini peluangnya bagus maka saya akan menjawab bahwa usaha ini memiliki peluang yang cukup bagus dan menjanjikan. Meski begitu tetap ada beberapa catatan yang harus diperhatikan berkaitan dengan prospek atau peluang tersebut.

Meski dikatakan secara umum usaha ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan namun ada beberapa kriteria atau syarat agar usaha ini bisa benar-benar dikatakan memiliki peluang bagus. Usaha ini dapat kita katakan memiliki prospek atau peluang menjanjikan jika:

1. Didirikan di daerah yang masyarakatnya melek teknologi
2. Didirikan di daerah yang masyarakatnya banyak menggunakan komputer
3. Didirikan di lokasi yang mudah di jangkau dari berbagai arah

Syarat untuk dapat dikatakan sebagai usaha yang prospeknya bagus adalah usaha jual beli ini akan didirikan di lokasi yang memadai atau mendukung. Lokasi tersebut diantaranya adalah lokasi yang masyarakat atau penduduk di sekitar lokasi tersebut melek teknologi, dalam artian mereka adalah pengguna teknologi komputer.

Selain itu usaha ini dapat dikatakan menjanjikan jika di dukung dengan daerah yang masyarakatnya banyak menggunakan perangkat komputernya, sebagai contoh daerah perkotaan, daerah lokasi kampus, sekolah dan sebagainya.

Selain itu usaha komputer ini akan bagus jika memiliki lokasi yang strategis; mudah dijangkau, mudah dilihat, didukung dengan keadaan jalan yang bagus dan lain sebagainya. Jika lokasi yang ada tidak mendukung kebutuhan usaha ini seperti di atas maka bisa kita katakan bahwa usaha yang akan kita jalankan itu kurang begitu layak untuk kita geluti.

Secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa untuk mengetahui apakah peluang usaha ini bagus atau tidak maka kita harus mengadakan analisa dan penelitian sendiri sesuai dengan berbagai aspek usaha yang berkaitan.

Pada satu keadaan usaha ini bisa menjadi usaha yang sangat berpotensi tetapi disisi lain usaha ini juga bisa saja menjadi usaha yang sama sekali tak layak untuk kita buka.

Dari penjelasan di atas dapat kita garis bawahi bahwa apapun pandangan orang tentang usaha ini jika kita memang berniat mendirikan usaha ini maka langkah awalnya kita harus mempelajari usaha ini lebih dalam dan mengadakan penelitian untuk mengetahui sejauh mana dukungan aspek usaha yang dimiliki dan dibutuhkan oleh usaha ini.

2) Tips Memulai Usaha Jual Beli Komputer

Ingin membuka usaha ini tapi masih bingung mau memulainya dari mana? Untuk kita yang berniat membuka usaha ini maka langkah awal yang harus kita lakukan sebaiknya mempelajari terlebih dahulu peluang yang ada. Setelah itu kita susun perencanaan yang matang dan menyeluruh agar usaha nanti usaha ini dapat berjalan lancar.

Sekedar untuk tambahan referensi saja, untuk kita yang baru berniat membuka usaha jual beli ini kita bisa memperhatikan beberapa tips sukses dalam memulai usaha ini. Beberapa tips memulai usaha jual komputer ini antara lain seperti di bawah ini.

1. Pilihlah lokasi yang sangat mendukung
2. Siapkanlah modal yang cukup
3. Kembangkan usaha ini dengan sistem online
4. Perluas jaringan pemasaran, jangkau pelanggan yang lebih luas
5. Berikanlah produk berkualitas yang harganya terjangkau


Kesuksesan dari sebuah usaha jual beli banyak dipengaruhi oleh lokasi yang dipilih. Untuk itulah dalam mendirikan usaha ini sebaiknya kita benar-benar menyiapkan lokasi yang strategis yaitu lokasi yang sangat mendukung bagi semua kegiatan usaha tersebut.

Dengan modal lokasi yang strategis tersebut maka diharapkan kita akan lebih mudah dalam menjaring pelanggan baru yang membutuhkan jasa dari penjualan kita.

Selain itu, usaha jual beli ini adalah usaha yang banyak tergantung pada modal atau dapat dikatakan usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk itu diawal mendirikan usaha ini sebaiknya kita siapkan modal yang cukup untuk membuat usaha ini bisa berjalan dengan lancar.

Untuk mendukung sistem pemasaran dari toko yang ada akan lebih baik juga jika kita juga menyiapkan strategi pemasaran secara online. Untuk itu kita bisa menyiapkan rencana pengembangan yang mengarah ke dunia online tersebut. Kita bisa mengembangkan usaha dengan sistem online baik itu dari awal berdiri maupun saat usaha ini telah berjalan.

Kita bisa menyiapkan situs jual beli khusus untuk toko yang kita miliki dan situs tersebut dapat kita gunakan untuk berbagai tujuan mulai dari untuk memberikan pelayanan purna jual, promosi dan sebagainya. Usaha jual beli tidak akan pernah bisa berkembang jika tidak selalu menarget pasar yang lebih luas.

Oleh karena itu untuk usaha baru tersebut kita bisa langsung menerapkan sistem pengembangan pasar dengan menarget pasar baru yang belum pernah dijamah sebelumnya. Kita bisa mengenalkan toko kita di daerah lain, kota lain, propinsi lain atau bahkan negara lain. Kembangkan terus jaringan pemasaran agar bisa membidik pasar yang lebih luas lagi.

Usaha Jual Beli Komputer


Terakhir, untuk mengikat pembeli menjadi pelanggan setia jangan lupa untuk terus menjaga mutu. Kita harus pastikan bahwa barang yang kita jual adalah barang berkualitas dan tidak mengecewakan.

Selain itu untuk beradu dengan usaha serupa sebaiknya kita juga menerapkan standar harga yang tidak terlalu tinggi agar konsumen bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga serendah-rendahnya. Dengan begitu konsumen akan setia kepada kita.

Tidak begitu lengkap memang tapi setidaknya pembahasan atau uraian tentang bisnis jual beli toko komputer ini bisa memberikan gambaran bagi kita yang ingin mendirikan usaha jual beli ini. Sekaligus, beberapa penjelasan di atas semoga bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan kita semua dalam menentukan pilihan pada usaha apa yang akan dijalankan. Itu saja, salam sukses selalu!

Gambaran Usaha Jual Beli Komputer Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko