Friday, April 3, 2015

Hambatan dan Kendala Bisnis Pulsa Elektrik

Hambatan dan Kendala Bisnis Pulsa Elektrik -Seorang sahabat pernah bertanya dan mengeluh karena bisnis yang selama ini ia jalani tidak ada perkembangan yang signifikan. Dari hari ke hari bisnis pulsa miliknya tersebut seperti berjalan di tempat, tidak ada kemajuan yang berarti.

Ia bertanya, bagaimana cara sukses bisnis pulsa elektrik? Ia juga bertanya bagaimana solusi untuk mengatasi segala permasalahan yang sering ia hadapi yang menghambat laju pertumbuhan bisnis yang ia jalankan.

Dari pertanyaan tersebut maka saya terinspirasi untuk mengulas lebih dalam mengenai masalah ini agar dikemudian hari kita bisa sama-sama belajar mengatasi berbagai hambatan dan kendala bisnis yang kita hadapi khususnya untuk bisnis atau usaha pulsa elektrik tersebut.

Dari sejak pertama kali hendak mendirikan bisnis ini sebenarnya kita sudah harus memperkirakan masalah seperti ini. Seharusnya kita sudah bisa membaca kemungkinan-kemungkinan kendala yang bisa kita hadapi saat kita membuka sebuah bisnis pulsa.

Kita dapat memuat perkiraan seperti ini ke dalam rencana bisnis yang sebelumnya kita jadikan acuan. Tetapi tidak apa, semua sudah terjadi dan sekarang yang paling penting adalah mengatasi masalah yang dihadapi tersebut.

Untuk yang baru ingin atau berniat mendirikan bisnis seperti ini perlu saya ingatkan bahwa penting bagi kita untuk menganalisa prospek bisnis yang akan kita geluti, tidak terkecuali juga dengan bisnis pulsa ini.

Sebaiknya kita mempelajari seberapa jauh peluang atau prospek yang dimiliki agar kita bisa membuat sebuah perencanaan matang untuk dijalankan. Sebelumnya telah dibahas juga masalah ini, untuk yang ingin tahu lebih banyak mengenai peluang dari bisnis pulsa bisa mengikuti artikel sebelumnya yaitu: peluang usaha jual pulsa elektrik.

Seperti jelas tertulis pada judul artikel ini maka kita akan fokus pada pembahasan mengenai hambatan dan kendala yang dapat menghalangi kesuksesan bisnis kita. Tentunya selain menidentifikasi berbagai permasalah yang sering dihadapi kita juga akan mencari solusi pemecahan masalah bisnis pulsa elektrik tersebut. Selengkapnya mari kita lihat penjelasan berikut!

A. Hambatan Kendala Bisnis Pulsa Elektrik

Untuk masalah, kendala atau hambatan yang paling sering dihadapi untuk jenis bisnis ini setidaknya ada 4 masalah utama. Masalah-masalah ini sering di jumpai saat kita menjalankan bisnis pulsa khususnya saat bisnis ini baru didirikan dan masih berkembang. Masalah tersebut yaitu yang pertama adalah seringnya produk pulsa yang kita sediakan di hutang terlebih dahulu.

Yang kedua adalah kecilnya keuntungan atau laba yang didapat dari setiap transaksi penjualan, ketiga adalah sulitnya mengatur manajemen keuangan bisnia dan juga yang terakhir yaitu mengenai besarnya modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha ini.

1. Sering di hutang
Masalah paling sepele namun ternyata begitu mengganggu perkembangan bisnis yang sedang kita jalankan adalah masalah seringnya pulsa di hutang. Yang paling sering, pulsa yang kita jual di hutang justru oleh orang-orang terdekat baik itu dari keluarga, teman, dan juga kenalan kita.

Sebenarnya masalah pulsa di hutang ini tidak akan mengganggu bisnis kita jika ada kesadaran dalam melunasi hutang tersebut. Tetapi pada kenyataannya, mereka yang menghutang pulsa yang kita jual sering kali tidak dapat dipercaya untuk memenuhi satu kesepakatan yang bisa di pertanggung jawabkan.

Sering kali masalah hutang ini berlarut-larut dan akhirnya mengganggu aktivitas bisnis yang kita jalankan. Bagaimana tidak, jika tidak dikendalikan sebagian besar dari modal kita bisa tertahan pada mereka padahal bisnis ini sangat mengandalkan perputaran uang yang cepat.

Jika modal tertahan pada konsumen yang menghutang tersebut maka perputaran produk pulsa pun akan terhambat dan jika perputaran terhambat maka sudah pasti laba bisnis juga akan berkurang. 

2. Keuntungan kecil
Keuntungan atau laba dari bisnis pulsa ini pertransaksi penjualannya dapat dikatakan kecil. Hal ini memberikan beban tersendiri bagi bisnis tersebut dimana bisnis benar-benar akan tergantung pada seberapa cepat perputaran modal yang dimiliki.

Jika perputaran modal tersebut tidak sesuai maka sangat mungkin keuntungan atau laba yang kita dapat per harinya bahkan tidak bisa mencukupi untuk menanggung beban biaya operasional.

Kita mungkin sudah tahu bahwa dari transaksi penjualan pulsa, paling banyak mungkin kita hanya mendapatkan Rp. 500,- sampai Rp. 2.000,- per transaksi. Bayangkan saja, jika kita menghasilkan 10 transaksi maka rata-rata kita mungkin hanya mendapatkan laba 10 ribu.

Jadi kita bisa mengetahui sendiri berapa transaksi minimal kita untuk mencukupi kebutuhan operasional yang harus ditanggung. Kecilnya laba ini juga dapat menghambat perkembangan bisnis karena kita akan sulit menyisihkan sebagian laba tersebut untuk menambah modal usaha apalagi jika skala bisnis ini masih kecil.

3. Sulitnya mengatur manajemen keuangan
Kenyataan bahwa kita juga menggunakan pulsa juga menjadi salah satu kendala kita dalam menjalankan bisnis ini. Terkadang, untuk skala bisnis kecil, kita menghasilkan laba 50 ribu yang pada kenyataannya harus dipotong dengan penggunaan pulsa pribadi kita.

Pada satu titik penggunaan pulsa untuk kebutuhan pribadi ini bisa menghambat dan menghalangi manajemen keuangan yang kita lakukan. Sering kali kita tidak bisa mengatur dan mengendalikan manajemen keuangan bisnis yang dijalankan karena adanya kebutuhan pribadi yang tumpang tindih tersebut.

Selain itu, laba bisnis yang per transaksinya kecil juga seringkali membuat kita lupa dan tidak disiplin dalam melakukan manajemen usaha. Sering kali kita berlebih dalam menggunakan uang dari hasil bisnis tersebut sehingga akhirnya bukan laba yang didapat melainkan kerugian karena laba tidak sesuai dengan pengeluaran kita.

4. Modal cukup besar
Untuk mengembangkan bisnis pulsa modal yang dibutuhkan bisa dikatakan cukup besar. Seperti kita tahu, untuk menambah saldo pulsa 100.000 maka minimal kita harus menyiapkan modal sebesar 100.000 juga.

Karena itu kita harus menyiapkan modal yang lebih banyak jika kita hendak mengembangkan bisnis tersebut. Dengan besarnya modal yang dibutuhkan maka pada bisnis baru atau yang masih berkembang akan sangat sulit untuk menambah modal dari  hasil laba bisnis yang di dapat.

B. Cara Mengatasi Hambatan Kendala Bisnis Pulsa

Tentu ada jalan untuk setiap persoalan yang kita hadapi, pasti ada celah untuk mengantisipasi, memecahkan dan menghindari berbagai permasalahan tersebut. Nah sekarang kita bahas pemecahan masalah untuk berbagai persoalan yang sudah kita uraian di bagian awal.

Kita akan mencari tahu bagaimana mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan tersebut agar bisnis kita bisa lebih cepat berkembang dan maju. Bagaimana caranya, berikut cara mengatasi hambatan dan kendala bisnis pulsa yang kita lakukan.

1. Agar pulsa tidak di hutang
Di atas telah disebutkan bahwa masalah pertama yang sering mengganggu bisnis ini adalah masalah pulsa yang dihutang. Untuk menghindari atau mencegah kita dari masalah ini maka yang perlu kita lakukan saat pertama kali membuka bisnis ini adalah disiplin dan tidak sama sekali memberikan ruang untuk pelanggan kita menghutang pulsa yang kita jual.

Katakan dengan sopan bahwa kita tidak melayani hutang pulsa kepada siapapun yang hendak berhutang bahkan meski orang terdekat sekalipun yang akan hutang pulsa.

Di awal mungkin akan terasa berat namun jika kita melakukannya dengan disiplin beberapa waktu ke depan mereka akan menyadari dan dapat menerimanya. Katakan pada mereka bahwa ini bukan masalah percaya atau tidak namun ini adalah masalah aturan yang harus dijalankan.

Jika ingin sukses menghindari masalah pulsa di hutang kita harus benar-benar disiplin, jangan sekalipun memberikan kesempatan pada konsumen untuk berhutang meski itu hanya satu dua hari. Buat prinsip seperti di toko modern, bayar terlebih dahulu baru dapat barangnya.

Jadi pelanggan yang akan membeli harus membayar terlebih dahulu baru mendapatkan pulsa yang dibutuhkan. Dengan begitu kita akan dapat mencegah dan menghindari masalah hutang pulsa tersebut.

Itu tadi jika belum terjadi, bagaimana jika sudah banyak pelanggan yang terlanjur hutang pulsa, apa yang harus kita lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut? Jika sudah terjadi maka tidak ada pilihan lain bagi kita kecuali menyiapkan diri untuk hal terburuk yaitu uang pulsa tersebut akan macet atau bahkan hilang.

Untuk mengatasi masalah ini kita bisa meminta kepada yang bersangkutan untuk mencicil pulsa yang sudah dipakai. Jika dia membutuhkan pulsa lagi maka ia harus membayar lebih dari pulsa yang diminta yang tujuannya untuk mencicil pulsa yang sudah digunakan sebelumnya.

Misalnya si A memiliki hutang pulsa sebesar 100 ribu, kemudian si A ingin meminta pulsa lagi sebanyak 10 ribu maka kita harus meminta ia untuk membayar lebih dari harga pulsa 10 ribu tersebut, misalnya kita meminta ia untuk kali ini membayar 20 ribu yaitu 12.000 untuk pulsa 10 ribu yang diminta dan sisanya 8.000 untuk mencicil tanggungan pulsa yang ia miliki.

Jika si A tidak mau menyiapkan seperti yang kita minta dengan berbagai alasan maka kita bisa mempertimbangkan untuk tidak memberi lagi pulsa yang diminta kecuali kita bisa memastikan bahwa apa yang dikatakan si A tersebut bisa dipercaya.

Jika kita tidak yakin maka sebaiknya kita tutup saja kesempatan dia untuk mendapatkan lagi pulsa dari kita meski resikonya uang yang sudah ada pada si A tersebut bisa saja hilang atau tidak di bayar.

Jika kita tidak cepat tanggap dengan masalah tunggakan pulsa seperti itu maka yang ada hutang tersebut akan terus menumpuk dan itu berarti resiko kerugian kita pun akan semakin besar. Lakukan sistem seperti ini terus menerus secara perlahan dan pasti. Dengan begitu kita akan bisa lepas dari masalah pulsa yang dihutang tersebut.

2. Agar keuntungan bisa lebih besar
Untuk menargetkan keuntungan atau laba yang lebih besar kita tidak bisa mengandalkan penjualan dari orang per orang. Kita harus melakukan perluasan bisnis dimana kita harus mencari agen-agen baru yang bergerak di bawah kita untuk menjadi perpanjangan tangan bisnis pulsa yang kita kelola tersebut. Kita bisa membidik agen-agen kecil di luar daerah untuk menambah laba yang kita inginkan.

Dengan membidik agen atau counter pulsa yang lebih kecil maka transaksi penjualan pulsa kita secara otomatis akan lebih besar dan jika itu terjadi dapat dipastikan juga bahwa laba atau keuntungan yang kita dapat akan semakin besar.

3. Disiplin dalam mengatur manajemen keuangan
Untuk mengatasi kesulitan dalam mengatur manajemen keuangan maka yang perlu kita lakukan adalah disiplin dan konsisten dalam menerapkan manajemen bisnis tersebut. Jangan pernah bersikap tidak sportif pada diri kita.

Meski untuk kepentingan pribadi kita tetap harus memperlakukan diri seperti konsumen dimana kita hanya berhak membelanjakan uang dari sebagian keuntungan yang di dapat.

Meski ini adalah bisnis kita namun jika kita ingin sukses maka keuntungan atau laba bisnis yang kita miliki tersebut harus diatur dengan manajemen yang baik. Hanya belanjakan gaji kita saja dan jangan pernah membelanjakan lebih banyak dari jatah gaji yang kita dapatkan apalagi sampai membelanjakan seluruh keuntungan untuk kebutuhan pribadi.

Selain itu disiplin kita juga harus kita terapkan dalam semua segi baik itu pengeluaran maupun pendapatan. Semua harus tercatat dengan baik dari yang terkecil sampai yang terbesar agar bisa dimonitor dan diadakan evaluasi. 

4. Solusi penambahan modal pulsa
Tak perlu terlalu risau mengenai penambahan modal, jika kita mampu menerapkan manajemen keuangan secara benar maka dalam jangka waktu tertentu kita akan mampu dengan sendirinya menambah modal yang kita butuhkan.

Jika dibutuhkan dan memang jika peluangnya bagus kita bisa mempercepat pertumbuhan bisnis ini dengan menyuntikkan tambahan modal dari luar misalnya dari hasil pinjaman dan sebagainya.

Hambatan Bisnis Pulsa Elektrik


Jika masih ada waktu kita juga bisa mengumpulkan modal dari sebagian laba yang kita sisihkan. Semua sangat mungkin dan tergantung pada kondisi terbaru dari perkembangan bisnis yang sedang kita jalankan tersebut.

Jika kita baru saja berniat untuk mendirikan bisnis pulsa elektrik maka sebaiknya kita memasukkan hambatan dan kendala bisnis pulsa dan solusi mengatasinya ini pada perencanaan yang kita buat.

Hal ini penting bagi bisnis atau usaha kita agar kita dapat melakukan manajemen resiko yang baik. Itu saja, mudah-mudahan sedikit ulasan ini bisa menambah referensi dan pertimbangan kita bersama.

Hambatan dan Kendala Bisnis Pulsa Elektrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko