Saturday, April 4, 2015

Analisa Peluang Usaha Toko Laptop Untung Besar

Analisa Peluang Usaha Toko Laptop Untung Besar - Dibandingkan dengan kebutuhan komputer, kebutuhan laptop masih cenderung lebih banyak dan lebih trend di kalangan masyarakat sekarang ini. Karena itu usaha jual beli laptop atau usaha toko laptop memang memiliki peluang yang lumayan menjanjikan.

Usaha ini memiliki banyak kalangan pelanggan mulai dari pelajar, mahasiswa, guru dan pengguna lain seperti pegawai negeri dan swasta lainnya. Secara umum laptop memang lebih trend dan lebih banyak dibutuhkan. Lalu apakah usaha ini benar-benar layak untuk kita tekuni?

Berikut akan kita bahas apakah peluang usaha toko laptop benar-benar menjanjikan atau tidak. Dilihat secara umum atau secara keseluruhan memang trend penggunaan laptop di masyarakat baik itu masyarakat kota maupun masyarakat desa sekarang ini semakin meningkat.

Meningkatnya penggunaan ini tak lepas juga dari pengaruh kebijakan pemerintah terutama di bidang pendidikan. Sekarang, seperti kita tahu para pelajar sudah di dorong untuk lebih aktif mengakses atau mencari informasi melalui internet.

Hal ini menjadi salah satu dasar peningkatan kebutuhan laptop di kalangan pelajar. Belum lagi jika dilihat banyaknya tugas-tugas yang harus diketik membuat penggunaan laptop semakin wajib saja.

Melihat sekilas pada pertambahan pertumbuhan pengguna laptop ini sudah dapat di pastikan bahwa bisnis yang bergerak di bidang pengadaan atau jual beli laptop tentu akan memiliki kapasitas konsumen yang juga akan meningkat.

Meski begitu untuk memulai sebuah usaha dalam bidang ini tentu saja gambaran di atas tidak bisa langsung kita jadikan sebagai dasar bagi pendirian usaha yang kita inginkan. Masih harus ada analisa dan kajian yang lebih mendalam mengenai prospek bisnis jual beli laptop tersebut.

Adakalanya pada satu sisi peluang usaha ini baik dan ada kalanya juga pada situasi dan keadaan lain peluang usaha ini buruk dan sama sekali tidak menjanjikan kesuksesan. Lalu apa yang harus kita lakukan jika kita berniat membuka usaha toko laptop tersebut?

Yang harus kita lakukan jika kita berniat membuka usaha ini adalah melakukan analisa secara mendalam tentang berbagai aspek usaha vital yang mempengaruhi peluang usaha tersebut. Aspek-aspek yang berkaitan dan mempengaruhi peluang usaha ini antara lain sebagai berikut:

a. Jumlah kebutuhan konsumen
Sebelum menentukan apakah usaha ini layak atau tidak sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu mengenai potensi jumlah kebutuhan produk yang ada di masyarakat. Sebaiknya kita cari tahu berapa banyak laptop yang dibutuhkan oleh masyarakat baik itu setiap harinya, setiap bulannya dan bahkan setiap tahunnya.

Jika kita memiliki gambaran akurat mengenai hal ini maka kita akan dapat lebih mudah menentukan seberapa besar peluang yang dimiliki jika kita membuka usaha toko laptop.

Untuk mendapatkan gambaran mengenai hal itu kita bisa mencari asumsi jumlah masyarakat yang membutuhkan laptop. Kita bisa mencari informasi mulai dari siapa yang membutuhkan laptop, untuk kegiatan apa, dan lain sebagainya.

Semakin banyak orang yang membutuhkan laptop maka semakin baik peluangnya, semakin tinggi jumlah kebutuhan tersebut maka akan semakin baik pula potensinya.

b. Trend penggunaan laptop di masyarakat
Trend penggunaan laptop juga dapat kita jadikan indikasi untuk menentukan peluang usaha ini. Kita dapat mencari tahu bagaimana trend atau kecenderungan penggunaan laptop di masyarakat. Kita bisa mulai dengan mencari tahu kecenderungan penggunaannya.

Bisa kita cari tahu juga apakah semakin meningkat dari hari ke hari atau tidak, apakah penggunaan laptop tersebut semakin penting atau tidak dan seterusnya.

Jika trend atau kecenderungan penggunaan laptop ini semakin meningkat maka prospek dari usaha yang akan kita buka tersebut semakin baik begitu pun sebaliknya. Lalu bagaimana cara kita melihat trend yang ada di masyarakat tersebut?

Untuk mendapatkan gambaran bagaimana trend di masyarakat kita bisa membuat batasan terhadap wilayah atau lokasi yang akan digunakan. Kita dapat melakukan analisa terhadap satu kampung, kota, propinsi atau satu pulau tertentu mempermudah proses analisa.

Disini nantinya kita dapat menemukan indikasi kecenderungan tersebut berdasarkan lokasi yang dipilih. Jadi pada akhirnya kita bisa mendapatkan kesimpulan mengenai trend penggunaan laptop di suatu wilayah tertentu yang sudah kita pilih sebagai lokasi untuk mendirikan usaha jual beli ini. 

c. Lokasi toko
Sebenarnya semua akan berkaitan dengan lokasi usaha yang dipilih. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa suatu usaha bisa memiliki prospek yang bagus di lokasi A tetapi bisa juga memiliki prospek yang buruk di lokasi B.

Bisa juga kita katakan bahwa besar kecilnya peluang atau prospek tersebut akan pengaruhi pada jenis pasar yang dibidik sebagai konsumen. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa peluang usaha ini bisa kita ketahui lebih jelas jika kita mengadakan analisa lebih dalam pada suatu lokasi yang ditentukan.

Untuk mengetahui bagus tidaknya usaha ini maka kita bisa tentukan daerah mana yang akan dipilih dan kemudian menganalisa peluangnya. Secara urut kita bisa menentukan seberapa besar peluang usaha tersebut dengan langkah sebagai berikut:

1. Tentukan lokasi yang diinginkan
2. Tentukan batas luas area konsumen yang akan dibidik
3. Lakukan analisa asumsi jumlah konsumen produktif berdasarkan lokasi yang dipilih
4. Analisa trend kebutuhan konsumen terhadap produk yang kita sediakan
5. Analisa tingkat pentingnya produk terhadap konsumen
6. Tarik kesimpulan berdasarkan hasil analisa yang ada

peluang usaha toko laptop

Meski hanya untuk melihat seberapa jauh peluang usaha toko laptop namun memang terlihat begitu rumit tetapi ini sangat penting untuk kita lakukan. Inti dari analisa di atas adalah kita akan menarik kesimpulan berdasarkan fakta yang ada di lapangan tentang usaha yang akan kita dirikan tersebut.

Itulah sedikit gambaran mengenai bagaimana cara kita untuk mendapatkan informasi mengenai peluang usaha toko laptop ini. Semoga dengan sedikit ilustrasi tersebut kita bisa mendapatkan ide dan gagasan baru dalam menentukan usaha yang cocok dan menjanjikan untuk dijalankan.

Analisa Peluang Usaha Toko Laptop Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma