Wednesday, April 8, 2015

Cara Mengurangi Resiko Kegagalan Usaha

Tips Cara Mengurangi Resiko Kegagalan Usaha - Dalam menjalankan usaha atau bisnis kita pasti akan selalu menghadapi resiko-resiko yang harus kita tanggung. Kali ini kita akan mempersiapkan diri menghadapi berbagai resiko usaha yang mungkin akan kita hadapi.

Kita akan membahas sedikit mengenai manajemen resiko dimana kita akan mencoba menggunakannya untuk mengukur tingkat resiko sebuah usaha yang akan kita jalankan. Manajemen resiko ini sangat penting untuk kita lakukan karena meski kemungkinannya sangat kecil namun pasti kita akan menghadapi sebuah resiko yang harus kita ambil.

Uraian kita kali ini akan menitik beratkan pada bagaimana langkah yang sebaiknya kita lakukan untuk mengurangi berbagai macam resiko dalam melakukan berbagai kegiatan usaha atau bisnis kita.

Untuk melindungi usaha yang kita jalankan melakukan manajemen resiko adalah suatu keharusan bagi kita. Dengan manajemen resiko kita akan mampu mengurangi berbagai resiko yang merugikan pada usaha kita.

Dengan manajemen ini kita akan belajar mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai hal yang tidak kita inginkan. Dalam menangani resiko usaha seperti ini sebenarnya langkah yang kita lakukan dapat dikatakan lebih cenderung ke sistem perencanaan.

Perencanaan yang dimaksud akan berisi informasi mengenai berbagai resiko yang akan kita hadapi dan juga tentunya metode atau langkah pencegahan dan penanganannya. Pada usaha yang baru didirikan manajemen resiko ini akan sangat berguna untuk menjaga aset yang dimiliki mulai dari modal uang, peralatan dan lain sebagainya.

Lalu apa sebenarnya yang bisa kita lakukan untuk mengurangi resiko kegiatan usaha yang kita jalankan tersebut? Berikut ada beberapa tips untuk cara mengurangi resiko kegagalan usaha yang bisa kita lakukan, selengkapnya bisa kita simak di bawah ini.

1. Mengukur frekuensi atau jumlah kejadian

Agar dapat terhindar dari berbagai hal yang akan mengganggu atau bahkan menghancurkan usaha yang berjalan langkah yang pertama perlu kita lakukan adalah mengukur frekuensi atau jumlah kejadian dari resiko usaha yang akan kita hadapi.

Langkah ini akan membantu kita untuk mengetahui resiko apa saja yang akan sering kita hadapi dalam menjalankan berbagai aktivitas usaha. Keuntungan dari mengetahui frekunsi kejadian atau jumlah kejadian dari suatu resiko adalah kita akan mampu membuat strategi pencegahan dan penanganan resiko tersebut.

Dengan memiliki landasan informasi mengenai jumlah kejadian tersebut maka kita dapat membuat perencanaan yang bisa mengendalikan berbagai resiko yang akan kita hadapi tersebut. Bisa kita bayangkan, bagaimana proses perkembangan usaha yang memiliki perencanaan ini dan usaha yang tidak memiliki perencanaan untuk mengendalikan berbagai resiko tersebut.

2. Mengukur tingkat keparahan kerugian

Untuk dapat menangani berbagai resiko dengan baik kita juga harus mengetahui tingkat kerugian yang dapat ditimbulkan oleh resiko tersebut. Oleh karena itu dalam manajemen resiko penting juga bagi kita untuk mengukur tingkat keparahan kerugian yang dapat ditimbulkan oleh sebuah resiko usaha.

Sederhananya seperti ini, ketika pertama kali memutuskan untuk melakukan kegiatan usaha atau membuka usaha kita akan mencari tahu resiko yang akan kita hadapi. Kita akan mempelajari apa saja yang bisa menjadi resiko kita dalam menjalankan kegiatan tersebut. 

Biasanya kita akan mengetahui beberapa kendala, hambatan atau kesulitan yang akan menjadi sebuah resiko untuk kita ambil. Untuk mengurangi resiko usaha maka sebaiknya kita mengukur tingkat kerugian yang bisa ditimbulkan dari resiko tersebut.

Dengan mengukur tingkat keparahan kerugian ini maka kita dapat mengetahui kemampuan kita dalam mengatasi kemungkinan terburuk dari resiko yang kita ambil. Jika kita dapati sebuah resiko yang jauh di luar batas kemampuan kita maka tentu akan lebih baik jika kita menghindarinya terlebih dahulu.

Pemetaan dampak dari sebuah resiko ini akan memungkinkan kita untuk memilih mana saja resiko yang masih bisa kita tanggulangi jika memang kita harus mengambil keputusan. Selalu mengukur resiko dari berbagai hal yang akan kita hadapi atau kita lakukan dapat mengurangi resiko kerugian dalam usaha yang kita jalankan.

3. Merumuskan pengelolaan resiko

Berbekal dua pengetahuan di atas, untuk dapat mengurangi resiko pada kegiatan usaha atau usaha yang kita jalankan maka kita dapat merumuskan strategi pengelolaan atau penanganan resiko tersebut.

Dalam strategi ini kita bisa merumuskan resiko seperti apa yang bisa kita ambil dan resiko seperti apa yang di luar kemampuan kita dan harus kita hindari.

Cara Mengurangi Resiko Kegiatan Usaha


Demikianlah sedikit tentang cara mengurangi resiko kegiatan usaha yang bisa kita pertimbangkan dalam menjalankan dan mengelola usaha kita yang masih baru. Semoga sedikit informasi di atas bisa menjadi bahan renungan dan bahan pertimbangan kita bersama dalam usaha untuk terus memajukan usaha yang kita miliki.

Cara Mengurangi Resiko Kegagalan Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko