Wednesday, April 1, 2015

Peluang Mendirikan Usaha Pelatihan Untung Besar

Peluang Mendirikan Usaha Pelatihan Untung Besar -Jenis usaha ini adalah jenis usaha yang hanya cocok untuk kita yang benar-benar memiliki kemampuan yang akan disampaikan dalam sebuah bentuk usaha pelatihan.

Atau bisa juga tentunya meski kita tidak memiliki kemampuan sebagai materi pelatihan namun kita bisa atau mampu mencarikan tenaga pendidik yang berkualitas. Peluang usaha ini cukup menjanjikan mengingat kondisi khususnya di negara kita masih sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Untuk bisnis pelatihan ini banyak bidang yang bisa kita pilih. Kita bisa bergerak di bidang apapun sepanjang itu banyak di butuhkan di masyarakat. Bisnis atau usaha ini akan sangat tergantung pada animo masyarakat atau kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu yang kita berikan dalam pelatihan tersebut.

Sebelum mendirikan usaha seperti ini kita perlu membuat analisa menyeluruh tentang berbagai aspek. Kita juga harus mempertimbangkan dengan benar berbagai aspek usaha tersebut agar nantinya usaha yang dijalankan bisa sesuai keinginan.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai usaha ini perlu kita ingat bahwa jenis usaha ini merupakan jenis usaha yang umumnya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Banyaknya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini adalah dikarenakan mahalnya kebutuhan yang harus dicukupi.

Contohnya untuk lokasi, gedung, sarana belajar, pengajar dan lain sebagainya. Meski demikian, jika kita mendapati bahwa usaha ini memiliki potensi yang bagus maka tidak ada salahnya kita mencoba peruntungan dengan mendirikan usaha pelatihan tersebut!

1) Analisa Peluang Mendirikan Usaha Pelatihan

Apa yang harus kita analisa agar mengetahui seberapa jauh peluang untuk jenis usaha ini? Jika kita hendak mendirikan usaha ini maka hal pertama tentu kita akan mencari tahu bagaimana prospek usaha ini ke depan. Untuk memiliki gambaran mengenai peluang dari usaha ini maka yang harus kita analisa antara lain sebagai berikut:

1. Masyarakat sebagai konsumen
2. Jangkauan usaha
3. Modal usaha

Lahirnya sebuah bisnis atau usaha adalah di dasarkan pada tingkat kebutuhan yang ada dalam suatu masyarakat. Jadi, peluang usaha pelatihan ini akan bagus jika sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam masyarakat yang ada di sekitar lokasi usaha.

Untuk mengetahuinya maka kita harus menganalisa bagaimana masyarakat yang akan kita bidik sebagai konsumen usaha pelatihan tersebut. Kita dapat mengetahui hal ini dengan mencari jawaban atas beberapa pertanyaan dasar seputar masyarakat tersebut.

Pertama, apakah masyarakat membutuhkan pelatihan yang akan kita berikan? Jika benar lalu berapa banyak yang membutuhkan pelatihan tersebut, seberapa lama mereka akan membutuhkan pelatihan yang kita berikan dan seberapa penting pelatihan ini bagi mereka. Kedua kita dapat mencari tahu apakah mereka menyadari arti penting dari pelatihan yang akan kita berikan.

Jika pelatihan kita penting bagi masyarakat di sekitar lokasi namun jika mereka tidak menyadari arti pentingnya maka usaha yang akan kita dirikan pun tidak akan mendapatkan sambutan sesuai harapan. Penting bagi kita untuk mengetahui animo atau kecenderungan masyarakat di sekitar lokasi usaha yang di pilih.

Sebagai contoh kita akan mendirikan pelatihan komputer di daerah yang masyarakatnya sudah melek komputer maka usaha tersebut sudah pasti tidak akan begitu diminati. Sebaliknya jika kita mendirikan pelatihan cara menanam singkong yang baik di daerah pedesaan yang umumnya masyarakatnya dengan profesi sebagai petani maka usaha pelatihan kita pun akan mendapatkan sambutan yang lebih menarik.

Pertimbangan kedua dalam menentukan layak tidaknya usaha ini didirikan adalah mengenai jangkauan usaha tersebut. Jangkauan usaha ini masih ada kaitannya dengan konsumen misalnya seberapa banyak masyarakat yang bisa kita jadikan konsumen. Apakah pelatihan ini hanya cocok untuk kalangan tertentu atau semua kalangan dan sebagainya.

Semakin luas jangkauan usaha ini maka akan semakin baik pula peluang usaha tersebut dan sebaliknya. Hal ini karena perkembangan usaha ini ke depan akan sangat dipengaruhi pada bagaimana usaha tersebut dapat menjangkau konsumen yang sebanyak-banyaknya.

Karena tergolong pada jenis usaha yang membutuhkan modal tidak sedikit maka pertimbangan selanjutnya adalah mengenai permodalan. Sebelum kita memutuskan untuk menjalankan usaha ini maka kita harus memastikan bahwa kita mampu mencukupi semua modal awal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha ini. Modal tersebut antara lain untuk gaji pengajar, gedung dan peralatan belajar, sarana promosi dan lain sebagainya.

2) Contoh Usaha Pelatihan yang Bagus

Usaha pelatihan seperti apa yang bagus untuk kita jalankan? Tentu saja jawabannya akan sangat bervariasi tergantung banyak faktor. Tidak dapat dipastikan bahwa usaha pelatihan A bagus dan usaha pelatihan B tidak bagus dan seterusnya.

Hal ini karena masing-masing usaha pelatihan ini akan sangat tergantung pada daerah atau lokasi usahanya, jenis pelatihannya, pengelolaannya, kualitas pengajaran dan lain sebagainya. Meski begitu tentu kita bisa memilih satu diantara sekian banyak pelatihan yang memiliki prospek cukup menjanjikan, apa contohnya?

Salah satu contoh usaha pelatihan yang bagus adalah usaha pelatihan kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan dikatakan bagus bukan tanpa alasan. Pelatihan ini secara umum banyak sekali dibutuhkan di masyarakat baik itu di daerah kota maupun di desa.

Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa sekarang mencari pekerjaan sangatlah sulit dan memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Keadaan tersebut memaksa banyak orang untuk memutar otak dan akhirnya mulai banyak yang menetapkan pilihan untuk hidup mandiri dengan memiliki usaha sendiri.

Banyaknya kegagalan bagi para pelaku usaha khususnya pemula membuat kesadaran akan pentingnya ilmu pengelolaan usaha pun semakin tinggi. Banyak pelaku usaha sekarang tidak sayang untuk menghabiskan uang untuk mendapatkan ilmu yang mereka butuhkan dalam membuka, membangun dan mengembangkan usaha baru yang mereka idam-idamkan.

Peluang Mendirikan Usaha Pelatihan

Oleh sebab itu, meski memiliki banyak hambatan dan kendala namun usaha pelatihan kewirausahaan ini masih cukup memiliki potensi yang menjanjikan untuk di coba. Tentunya kita bisa memilih usaha ini setelah melakukan analisa yang lebih mendalam dan menyeluruh terhadap berbagai aspek usaha yang berkaitan.

Demikianlah, sedikit gambaran mengenai peluang usaha kursus dan pelatihan ini mudah-mudahan bisa menjadi tambahan ide dan referensi bagi kita semua.

Jangan lupa, masih ada beberapa artikel lain yang sebaiknya kita baca jika kita berminat untuk mendirikan usaha ini. Beberapa artikel tentang usaha pelatihan lainnya bisa kita pelajari di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!

Peluang Mendirikan Usaha Pelatihan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko