Wednesday, April 1, 2015

Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Memulai Usaha

Tips Mengatasi Rasa Jenuh Saat Memulai Usaha - Di awal mendirikan usaha banyak hal yang harus kita hadapi, salah satunya adalah mengatasi perasaan jenuh. Rasa jenuh sering kali timbul saat usaha kita perkembangannya sangat lambat.

Saat seperti ini adalah saat yang sangat rawan dimana kita bisa berbalik arah, putus asa dan mundur. Oleh karena itu jika ingin sukses maka tidak ada jalan lain selain mengatasi perasaan negatif tersebut. Lalu apa yang harus kita lakukan, cara mengatasi kejenuhan saat memulai usaha baru bagaimana?

Rasa jenuh jika tidak ditangani dengan baik maka akan menimbulkan masalah yang sangat serius. Dari perasaan tersebut bisa timbul berbagai perasaan negatif yang bisa membuat usaha kita berhenti, contohnya akibat kejenuhan tersebut bisa saja timbul perasaan pesimis dan tidak percaya diri.

Di titik terberat kita bisa saja berbalik arah dan menghentikan usaha tersebut. Padahal jika kita ingin sukses maka kita harus berusaha dalam waktu yang tidak sebentar. Tidak hanya dalam dunia usaha, di berbagai bidang lain pun kita harus bisa mengendalikan perasaan- perasaan negatif seperti ini.

Apa lagi didunia usaha yang membutuhkan semangat, kerja keras, ketekunan, kesabaran dan juga sikap teguh pada pendirian. Jika tidak cepat kita atasi, kejenuhan saat memulai usaha akan mengakibatkan:
  • Perasaan frustrasi dan mudah menyerah
  • Putus asa dan mudah mengambil kesimpulan
  • Kurang semangat dalam bekerja
  • Kurang produktif dan malas
  • Tidak berselera dan tidak fokus
  • Hasil kerja tidak maksimal dan usaha tidak akan berkembang

Mengingat rasa jenuh yang bisa menghambat usaha yang kita jalankan maka segera mungkin kita harus mengendalikan perasaan tersebut. Untuk mengatasi kejenuhan banyak hal yang bisa kita lakukan. Berikut sudah dirangkum beberapa tips untuk mengatasi kejenuhan tersebut.

1) Istirahat dan menyegarkan diri
Berikan waktu sejenak untuk diri kita beristirahat dan menyegarkan diri untuk menghilangkan penat, bosan dan jenuh yang timbul kita bisa menyempatkan diri untuk berlibur, mengambil waktu luang untuk menyegarkan badan dan pikiran kita.

Pergi ke tempat wisata atau melakukan kegiatan yang menyenangkan bisa kita lakukan, atau kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Beri cukup waktu diri kita untuk sejenak melepaskan beban yang ada.

Badan yang segar dan fit akan sangat mendukung diri kita untuk dapat berfikir jernih. Dengan memiliki waktu yang cukup untuk istirahat maka secara tidak langsung kita telah mendukung segala kegiatan usaha yang akan dilakukan. 

2) Melakukan hal yang menyenangkan
Apa yang kita sukai, apa hobi kita? Kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan misalnya saja melakukan hobi kita. Dengan melakukan berbagai hal yang kita sukai kita dapat mengurangi rasa jenuh akan semua rutinitas yang membosankan.

Memang, menghabiskan waktu untuk hobi tidak akan serta merta menghapus kejenuhan namun hal itu terbukti efektif untuk mengurangi beban pikiran yang kita miliki.

Harapannya dengan melakukan aktivitas seperti ini kita bisa lebih segar dan lebih santai dalam menghadapi berbagai hal dalam bisnis dengan begitu kita bisa lebih konsentrasi dalam menjalankan usaha.

3) Cari inspirasi dan motivasi
Meski bosan atau jenuh namun kita pasti masih ingat apa tujuan kita dalam mendirikan usaha. Oleh karena itu, kita bisa mencari inspirasi dan motivasi untuk menghilangkan kejenuhan. Caranya bagaimana?

Kita bisa bertukar cerita berbagi inspirasi dengan keluarga, teman, mitra bisnis atau lainnya. Kita juga bisa berkunjung ke seseorang yang telah sukses dalam membangun usaha.

Inspirasi bisa kita dapat dari cerita sukses orang lain dan motivasi bisa datang dari pasangan, anak atau keluarga lain. Dengan inspirasi dan motivasi kejenuhan kita bisa berkurang atau bahkan hilang selamanya.

4) Ingat cita- cita dan mimpi
Awal mendirikan usaha adalah masa- masa yang sulit. Dimasa itu bukan hanya kejenuhan yang bisa kita rasakan , perasaan putus asa, frustrasi juga sangat mungkin akan kita alami. Untuk itulah penting bagi kita untuk selalu mengingat apa yang menjadi cita-cita dan mimpi kita.

Tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa kita mendirikan usaha untuk menggapai kesuksesan tersebut agar hidup lebih baik.

Hendaknya kita bisa selalu mengingat apa yang menjadi tujuan kita tersebut dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Dengan begitu kita akan terus terpacu dan termotivasi untuk menjalankan segala sesuatunya dengan baik dan penuh semangat.

Demikianlah tadi sedikit gambaran untuk kita semua dalam mengusir dan mengendalikan perasaan negatif yang dapat meruntuhkan semangat kita dalam berusaha. Mudah-mudahan cara mengatasi kejenuhan saat memulai usaha yang dijelaskan diatas bisa menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi bagi kita bersama. salam sukses usaha!

Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Memulai Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko