Thursday, April 2, 2015

Cara Mencari Ide Bisnis yang Sangat Akurat

Cara Mencari Ide Bisnis yang Sangat Akurat - Salah satu kunci kesuksesan yang memegang peranan sangat penting dalam sebuah bisnis adalah ide bisnis yang digunakan. Cara kita mendapatkan ide untuk bisnis yang akan dijalankan sangat mempengaruhi sukses tidaknya bisnis tersebut.

Jika kita asal comot, asal percaya dengan apa yang dikatakan orang lain maka sudah pasti bisnis yang dibuka tersebut tidak akan memiliki dasar yang kuat. Hal ini karena ide yang di pilih tidak didasarkan pada pertimbangan dan analisa yang objektif.

Ide itu dipilih hanya berasal dari informasi yang kurang bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, untuk mengawali kegiatan bisnis tersebut yang terbaik adalah berusaha mencari ide yang benar-benar bagus dan akurat sesuai analisa yang objektif.

Untuk masalah ide ini kita tidak bisa menggantungkan diri pada orang lain bahkan pada tulisan ini sekalipun. Kita harus menentukan dan mencari sendiri ide-ide yang kita butuhkan tersebut. Hal ini karena ide bisnis merupakan hasil dari olahan berbagai informasi tentang suatu bisnis secara menyeluruh.

Ide ini merupakan hasil analisis dari berbagai informasi dan aspek yang berkaitan, maka dari itu kita tidak bisa mengandalkan orang lain untuk mencari ide tersebut kecuali pada diri kita sendiri.

Dalam mencari ide bisnis yang sangat akurat ini yang menjadi masalah selanjutnya adalah bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan mengolah informasi dengan berbagai analisa objektif sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Maka dari itu disini kita akan membahas bagaimana sebaiknya langkah kita untuk bisa menghasilkan ide bisnis yang brilian tersebut. Pembahasan ini tentunya bukan dimaksudkan untuk menggurui melainkan hanya untuk gambaran dan referensi berbagai pertimbangan yang bisa kita lakukan dalam menemukan ide yang kita butuhkan tersebut.

Sebenarnya yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan ide tersebut hanyalah melakukan analisa mendalam terhadap sebuah bisnis tertentu. Dalam melakukan hal itu ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Cara mencari ide bisnis yang bagus tersebut bisa kita lakukan dengan langkah sebagai berikut!

1) Mengumpulkan informasi tentang bisnis yang dipilih
Untuk mendapatkan ide bisnis yang tingkat akurasi peluangnya baik maka tidak ada jalan lain kecuali kita melakukan analisa terhadap berbagai aspek bisnis yang berkaitan. Tentu saja, pertama kita harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai ide tersebut agar kita dapat menganalisa berbagai hal yang kita perlukan.

Informasi tersebut antara lain informasi mengenai jenis produk yang dihasilkan, bahan baku, harga jual, kebutuhan tenaga kerja, alat-alat produksi, sarana prasarana dan lain sebagainya. Kita cari tahu apa saja yang dibutuhkan bisnis tersebut untuk dapat berjalan dengan baik dan memberikan penghasilan menjanjikan.

2) Mempelajari dan menganalisa aspek bisnis yang berkaitan
Berbagai informasi tersebut selanjutnya kita analisa lebih lanjut sampai kita bisa mendapatkan kesimpulan rinci mengenai bisnis yang akan dijalankan itu. Dalam analisa ini kita akan menentukan tingkat kelayakan bisnis untuk dijalankan.

Misalnya ditinjau dari sisi potensi jumlah konsumen, tingkat persaingan, kecukupan sarana dan prasarana, kebutuhan bahan baku dan lain sebagainya. Selanjutnya kita bisa menyimpulkan peluang bisnis yang dimiliki.

3) Menganalisa keadaan pasar, sarana prasarana, persaingan
Kita dapat menentukan tingkat peluang ide bisnis tersebut dalam bentuk persentase dalam persen, misalnya peluang bisnis A adalah 80% keberhasilan. Jika didapati berbagai aspek yang kurang mendukung atau ada kemungkinan kendala yang akan dihadapi maka sebaiknya kita bisa menyiapkan alternatif ide sebagai pembanding.

Untuk ide lain kita dapat menerapkan analisa yang sama untuk menentukan seberapa besar peluang yang dimiliki. Setelah itu kita bisa memilih ide bisnis yang tingkat peluangnya paling besar.

4) Mengedepankan kreativitas untuk produk berkualitas 
Untuk mendukung berbagai potensi yang sudah kita temukan dalam analisa sebelumnya kita bisa merumuskan sebuah ide bisnis yang sifatnya lebih kreatif agar dapat menghasilkan sebuah produk yang lebih bisa diterima oleh masyarakat luas.

Mencari Ide Bisnis Yang Sangat Akurat

Dengan melakukan analisa menyeluruh terhadap semua aspek bisnis maka diharapkan kesimpulan yang kita dapat bisa menghasilkan sebuah ide bisnis yang sangat akurat berdasarkan kondisi yang sebenarnya. Dengan begitu ide tersebut bisa kita gunakan sebagai dasar yang kokoh dalam menentukan bisnis yang akan dijalankan selanjutnya.

Cara Mencari Ide Bisnis yang Sangat Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma