Tuesday, March 31, 2015

Analisa Peluang Usaha Rental Komputer Untung Besar

Analisa Peluang Usaha Rental Komputer Untung Besar - Apa saja yang bisa dijadikan sebuah usaha pasti akan kita lakukan apalagi jika potensinya bagus dan penghasilannya banyak. Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah usaha jasa yang mungkin saja bisa kita jalankan.

Tentu disini kita akan mencari tahu terlebih dahulu mengenai bagaimana peluang usaha tersebut. Kita akan menggali berbagai informasi mengenai seberapa jauh prospek usaha tersebut. Selain itu tentu kita juga akan melengkapi informasi tersebut dengan berbagai informasi lain yang berkaitan.

Misalnya mengenai kelemahan usaha ini, hambatan dan kendala dan juga berbagai informasi lainnya. Kenapa kita harus membahas secara khusus mengenai masalah ini, apa pentingnya? Seperti kita tahu, kita tentu tidak akan membuka usaha apapun yang tidak memiliki peluang sukses.

Kita hanya akan menjalankan atau membuka sebuah bisnis yang potensinya bagus karena itulah kita akan membahas terlebih dahulu peluang usaha rental komputer ini sebelum kita memutuskan untuk menjalankannya.

Jika dilihat dari sisi perkembangannya, usaha rental ini tidak memiliki perkembangan masa depan yang jelas. Umumnya usaha ini akan tetap berjalan dalam skala yang biasa saja tidak bisa lebih besar dan menghasilkan ratusan juta rupiah dalam satu bulan.

Tetapi meski begitu usaha ini tidak bisa dianggap remeh karena sehari-harinya usaha ini juga bisa memberikan penghasilan yang lumayan meski tidak bisa sebanding dengan jenis usaha lain yang bisa menghasilkan puluhan juta rupiah.

Jika dilihat dari sisi ini, usaha rental pengetikan ini hanya cocok dipilih sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan yang sudah ada. Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui prospek usaha ini dengan jelas?

1) Analisa Peluang Usaha Rental Komputer

Analisa ini kita lakukan untuk menentukan dengan baik bagaimana peluang dari rental komputer ini jika kita dirikan. Dalam menentukan usaha ini ada beberapa hal yang harus kita analisa untuk menentukan seberapa jauh peluang dari usaha tersebut.

Analisa ini akan meliputi beberapa hal yaitu yang pertama mengenai lokasi dan keadaan lingkungan, kedua mengenai asumsi ketersediaan konsumen dan beberapa aspek lain.

Untuk mengetahui peluang dari usaha ini yang harus kita analisa terlebih dahulu adalah tempat atau lokasi untuk mendirikan usaha tersebut. Lokasi untuk usaha ini yang paling baik adalah lokasi yang ramai di daerah kota khususnya yang banyak membutuhkan jasa rental.

Paling ideal lokasinya adalah di komplek pelajar atau mahasiswa di daerah sekolahan atau komplek kampus. Hal ini didasarkan pada kebutuhan yang banyak dimiliki oleh para pelajar dan mahasiswa tersebut. Yang perlu kita cari tahu dalam analisa lokasi ini antara lain yaitu mengenai:
  1. Letak lokasi yang dipilih
  2. Kondisi keamanan lingkungan
  3. Kondisi masyarakat sekitar 

Jadi dalam mengetahui peluang usaha ini dari sisi lokasi adalah lokasi yang dipilih harus memiliki banyak konsumen, aman dan tentunya terjangkau. Jika semua aspek lokasi mendukung maka dapat dikatakan bahwa peluangnya bagus.

Aspek lain yang juga perlu kita cari tahu adalah mengenai sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini. Sebagai contoh, usaha ini membutuhkan pasokan listrik yang memadai karena menggunakan peralatan komputer maka daerahnya juga harus bisa memenuhi unsur tersebut.

2) Hambatan dan Kendala Usaha Rental Komputer

Hambatan dan kendala yang umum dialami oleh usaha ini adalah mengenai ketersediaan konsumen. Sering kali karena salah perkiraan pada awal mendirikan usaha ini maka saat usaha ini dijalankan tidak bisa mendapatkan konsumen yang cukup sehingga akhirnya usaha ini kurang bisa memberikan hasil seperti apa yang diharapkan.

Selain itu, jasa pengetikan adalah suatu pekerjaan yang cukup berat untuk dijalankan, hal ini karena pekerjaan mengetik merupakan pekerjaan yang cukup berat dan menjemukan. Oleh karena itu saat menjalankan usaha ini kendala yang bisa didapatkan selain masalah konsumen adalah masalah ketersediaan tenaga kerja.

Cukup sulit untuk mencari pekerja yang mau bekerja sebagai tukang ketik apalagi dengan beban pekerjaan yang sering kali dituntut serba cepat. Jika kita berniat menjalankan usaha ini maka pertimbangkan juga mengenai kemajuan usaha ini ke depan.

Perlu di ingat bahwa usaha ini ke depannya bisa dikatakan tidak memiliki masa depan karena semakin maju suatu masyarakat maka semakin sedikit yang membutuhkan jasa yang kita berikan. Umumnya hanya orang-orang yang terdesak dan dikejar deadline saja yang membutuhkan jasa penulisan seperti ini.

Itulah sedikit gambaran mengenai peluang usaha rental komputer ini. Jika berminat kita bisa mulai mendirikan usaha ini dengan membuat perencanaan, menyiapkan segala kebutuhan alat seperti komputer dan mesin cetak atau printer dan lain sebagainya. Itu saja, semoga bisa menjadi tambahan pertimbangan kita bersama, semoga sukses!

Analisa Peluang Usaha Rental Komputer Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko