Wednesday, March 25, 2015

Peluang Sukses Usaha Ternak Puyuh Untung Besar

Peluang Sukses Usaha Ternak Puyuh Untung Besar - Ada dua hasil yang bisa kita incar dari jenis usaha peternakan yang satu ini, yang pertama tentu hasil dari telur puyuh dan yang kedua adalah daging puyuh.

Secara umum peluangnya masih bagus dan sudah banyak yang merasakan kesuksesan dengan usaha ini namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika kita ingin mendirikan usaha ternak puyuh tersebut. Pertama tentu kita harus merinci lagi bagaimana peluang atau prospek usaha ini ke depannya.

Kita cari tahu berbagai aspek pendukung usaha ini agar dapat menyimpulkan seberapa besar prospek usaha yang dimiliki. Kedua usaha ini merupakan usaha yang cukup membutuhkan keahlian khusus jadi kita perlu belajar bagaimana langkah sukses usaha sampingan ternak puyuh yang menghasilkan jutaan rupiah seperti yang kita impikan.

1) Usaha ternak dan daerah yang cocok
2) Peluang usaha ternak ayam kampung

Jika dilihat dari cara menjalankannya, usaha ternak puyuh adalah usaha yang tergolong sumit dan sedikit susah. Usaha ini benar-benar membutuhkan keterampilan yang tidak bisa dipelajari dalam waktu yang singkat.

Memerlukan kesabaran, ketelatenan dan penanganan yang intensif jadi keterampilan yang dimiliki dan kemampuan pelaku usaha sangat berpengaruh dalam menjalankan usaha ini. Selain itu dari sisi resiko usaha ini juga dapat dikatakan memiliki resiko yang cukup besar mengingat puyuh bisa saja terkena penyakit dan mati semua.

Oleh karena itu, jika ingin mendirikan usaha ini maka kita perlu bertanya kepada diri kita sendiri apakah kita memiliki keahlian yang cukup untuk memelihara puyuh tersebut.

Kalau masih ragu akan kemampuan yang dimiliki maka sebaiknya kita membekali diri kita dengan lebih banyak belajar dari pengusaha yang lebih berpengalaman. Sebelum belajar dan belajar sekarang mari kita perjelas terlebih dahulu bagaimana Peluang Sukses Usaha Ternak Puyuh tersebut.

1) Analisis Peluang Usaha Ternak Puyuh

Apa yang harus kita perhitungkan untuk menentukan atau mengetahui seberapa bagus peluang usaha ini? Pertama tentu masalah konsumen. Kita harus mempelajari dan mencari informasi lengkap mengenai keadaan konsumen dari usaha ini.

Kita bisa meneliti atau menganalisa siapa saja yang bisa menjadi konsumen dan siapa saja yang akan kita targetkan untuk menjadi konsumen. Selanjutnya kita bisa mencari tahu informasi lebih lengkap mengenai banyaknya kebutuhan masyarakat akan produk usaha ini.

Semakin banyak masyarakat yang membutuhkan dan semakin banyak produk yang dibutuhkan maka akan semakin bagus pula peluang usaha ini.

Yang juga tidak boleh luput dari pengamatan kita dalam menyimpulkan prospek bisnis ini adalah masalah tingkat persaingan dan kondisi pasar. Kita harus tahu kondisi persaingan yang akan kita hadapi, berapa banyak usaha sejenis yang sudah ada. Semakin ketat persaingan maka usaha kita untuk maju juga semakin sulit.

Meski kondisi persaingan tidak akan berpengaruh langsung pada kesuksesan kita namun pengetahuan akan kondisi pasar ini akan membantu kita dalam merumuskan strategi yang lebih baik. Contohnya kita bisa merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen.

Selain dua hal di atas lahan, lokasi atau tempat juga akan mempengaruhi tingkat peluang atau potensi sebuah usaha. Karena itu kita juga harus memberikan perhatian pada masalah ini. Sebelum kita menentukan layak tidaknya usaha ini maka sebaiknya kita pelajari bagaimana kondisi atau keadaan lingkungan tempat usaha kita akan kita dirikan.

Kita harus memastikan tempat yang dipilih cocok dan dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak yang akan kita pelihara. Sebagai contoh kalau tempat yang dipilih rawan banjir maka peluang suksesnya lebih kecil dan seterusnya.

Lebih lanjut, diawal kita menentukan usaha ini bagus atau tidak kita juga sebaiknya memperhitungkan aspek-aspek usaha lainnya. Beberapa aspek lain yang sebaiknya kita pertimbangkan yaitu sebagai berikut:

1. Sarana transportasi dan jalan
2. Ketersediaan bahan pakan
3. Ketersediaan tenaga kerja
4. Kualitas lingkungan
5. Kemampuan dan keterampilan usaha

Kita sebenarnya bisa serta merta menyimpulkan tingkat peluang usaha yang dimiliki usaha puyuh ini namun dengan memperhatikan beberapa hal di atas diharapkan kesimpulan yang kita buat lebih akurat dan bisa membawa kesuksesan usaha kita ke depan.

2) Tips Sukses Usaha Ternak Puyuh

Saat kita telah menyimpulkan baik tidaknya peluang usaha ini maka ke depan kita bisa mempersiapkan diri untuk memulai usaha tersebut. Jika sudah diputuskan maka kita tinggal langsung memulai proses pendirian usaha tersebut. Untuk sekedar referensi saja, kita bisa memulai usaha ternak ini dengan menggunakan langkah sebagai berikut!

1. Membuat perencanaan yang matang
2. Mempersiapkan alat dan kebutuhan usaha
3. Memulai usaha
4. Melakukan pengembangan usaha

Dari langkah di atas jelas sekali bahwa sebaiknya kita memulai bisnis atau usaha ini dengan membuat perencanaan terlebih dahulu. Dalam perencanaan tersebut kita harus memuat semua aspek usaha yang akan kita jalankan.

Contohnya perencanaan tersebut memuat aspek perencanaan keuangan, perencanaan produksi, perencanaan pemeliharaan, pemasaran, pengembangan, penanganan dan penanggulangan hama dan penyakit dan seterusnya.

Baru setelah semuanya tersusun rapi dalam perencanaan usaha maka kita bisa mulai ke tahap berikutnya yaitu menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Dalam persiapan ini kita hendaknya berpatokan pada perencanaan yang sudah di buat.

Misalnya kita membuat kandang sesuai rencana dan sebagainya. Setelah semuanya beres kita tinggal menjalankan usaha tersebut dengan baik.

Dalam menjalankan usaha ternak puyuh ini hendaknya kita berpedoman pada cara pemeliharaan puyuh yang baik untuk menghindari berbagai hal yang tidak di inginkan. Selanjutnya, untuk berhasil kita bisa memperhatikan beberapa tips sukses ternak puyuh di bawah ini.

a) Pilihlah jenis puyuh yang bagus, produktivitas tinggi dan tahan penyakit
b) Jaga selalu kebersihan kandang
c) Pantau ternak serutin mungkin agar jika ada yang sakit dapat segera di tangani
d) Selalu perluas jangkauan pasar
e) Terapkan manajemen usaha yang baik
f) Konsisten dan disiplin dalam menerapkan manajemen keuangan usaha
g) Terus belajar dan pantang menyerah

Itulah beberapa tips dalam menjalankan usaha budidaya ternak puyuh ini. Dengan peka terhadap peluang usaha ternak puyuh yang ada dan selalu membekali diri dengan kemampuan yang dibutuhkan semoga kita bisa menjadi salah satu pelaku usaha yang sukses.

Peluang Sukses Usaha Ternak Puyuh Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko