Wednesday, March 25, 2015

Peluang dan Tips Usaha Cuci Motor Modal Kecil

Peluang dan Tips Usaha Cuci Motor Modal Kecil - Apakah usaha ini bisa menghasilkan ratusan juta sebulan? Sedikit memang yang bisa mencapai hasil maksimal namun bukan berarti usaha ini tidak layak untuk dikerjakan.

Usaha jasa ini memiliki peluang yang cukup bagus namun sangat tergantung pada kebiasaan masyarakat pemilik kendaraan motor. Usaha ini cocok didirikan di daerah yang masyarakatnya sibuk dan begitu memperhatikan kebersihan kendaraan.

Supaya memiliki gambaran yang lebih jelas kita akan membahas mengenai beberapa informasi yaitu tentang bagaimana peluang usaha tersebut dan juga tips dalam memulai usaha ini. Usaha cuci motor merupakan usaha yang cocok untuk kita jadikan usaha sampingan.

Salah satu alasannya adalah usaha ini modal yang dibutuhkannya cukup sedikit dan cara menjalankannya pun tidak begitu ribet dan rumit. Kita bisa mengerjakan usaha ini sendiri atau bisa juga dengan menggunakan tenaga kerja.

Namun, sebelum lebih jauh membahas masalah ini alangkah baiknya jika kita melakukan analisa terlebih dahulu terhadap usaha jasa tersebut. Baru jika semuanya mendukung maka kita bisa belajar dan mencari referensi tentang tips sukses usaha sampingan cuci motor modal kecil yang cepat balik modal.

1) Peluang Usaha Cuci Motor Modal Kecil

Usaha jasa yang satu ini pada umumnya memiliki peluang yang bagus namun kebanyakan usaha ini tidak berjalan karena kurangnya pemahaman terhadap usaha tersebut, salah pengelolaan dan bahkan salah perkiraan.

Memang, motor harus bersih namun tidak semua pengguna motor terbiasa menggunakan jasa cuci motor untuk menjaga kendaraannya tersebut tetap dalam keadaan bersih. Terkadang pelaku usaha lupa kenyataan ini dan akhirnya mereka harus banting setir dan menutup usahanya tersebut.

Meski umumnya usaha ini masih memiliki prospek namun tidak semua daerah bisa menjadi tempat yang bagus untuk usaha ini. Tiap-tiap daerah memiliki peluang tersendiri untuk usaha ini dan masing-masing tingkat peluangnya berbeda-beda.

Yang harus kita lakukan untuk mengetahui bagus tidaknya peluang usaha ini di suatu daerah adalah mengadakan analisa tentang berbagai aspek usaha yang berkaitan dengan jasa cuci motor tersebut. Dalam mencari tahu peluang tersebut kita bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut!

1. Jumlah pengguna motor
2. Kebiasaan pengguna motor dalam menjaga kebersihan
3. Kondisi persaingan

Banyak sedikitnya pengguna motor di sekitar lokasi akan menentukan bagus tidaknya peluang usaha ini. Semakin banyak pengguna maka akan semakin bagus dan sebaliknya. Jadi jika masyarakat yang menggunakan motor itu banyak maka peluang usaha cuci motor juga bagus dan sebaliknya.

Kedua adalah mengenai habit atau kebiasaan masyarakat dalam menjaga kebersihan kendaraan mereka. Sederhananya begini, coba kita survei di halaman depan rumah masyarakat sekitar, apakah ada fasilitas yang bisa digunakan untuk mencuci kendaraan?

Semakin banyak orang yang memiliki fasilitas tersebut maka itu menandakan kebiasaan mereka yang lebih suka mencuci kendaraan di rumah. Tentu ini juga perlu dilihat dari berbagai sisi informasi tetapi yang terpenting kita memiliki gambaran bagaimana kebiasaan tersebut.

Jika kebiasaan masyarakat adalah mencuci kendaraan di rumah maka peluang usaha ini juga kecil dan sebaliknya. Kondisi persaingan juga bisa kita analisa untuk menyimpulkan baik tidaknya prospek usaha ini.

Dari pesaing yang bergerak di bidang yang sama kita bisa mendapatkan gambaran mengenai potensi jumlah calon konsumen yang ada. Selain itu juga kondisi persaingan ini dapat mempengaruhi tingkat peluang usahanya.

Semakin banyak pesaing maka semakin bagus peluang usaha ini namun perlu di ingat dengan banyaknya persaingan maka semakin sulit juga untuk menembus pasar tersebut.

Jika di lihat dari sisi persaingan, semakin kecil persaingan maka akan semakin bagus untuk usaha kita tetapi jika dilihat dari sisi potensi konsumen biasanya semakin ramai maka semakin banyak potensi konsumen usaha yang bisa diperebutkan. Semua tergantung pada kita apakah kita mau dan mampu menembus pasar tersebut.

2) Tips Usaha Sampingan Cuci Motor

Jika kita ingin menjalankan usaha ini menjadi usaha sampingan yang menghasilkan maka kita harus memiliki strategi dalam menjalankan usaha ini. Hal ini mengingat banyaknya usaha sampingan cuci motor yang akhirnya tutup dan tidak dilanjutkan.

Sudah siap untuk memulai bisnis cuci steam tersebut? Ada beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam memulai usaha ini. Beberapa tips sukses usaha sampingan cuci motor tersebut adalah sebagai berikut!

a. Pilihlah lokasi ramai yang strategis
Usaha ini akan sangat dipengaruhi oleh lokasi yang digunakan. Jika lokasi cuci motor jauh maka pelanggan akan berkurang, jika lokasi sempit pun akan mengurangi jumlah pelanggan. Untuk itu, jika kita ingin membuka usaha ini yang sukses maka sebaiknya pilih lokasi yang strategis yaitu lokasi yang ramai dan mudah di jangkau dari berbagai arah.

Dengan memilih lokasi strategis maka diharapkan akan lebih banyak orang yang bisa melihat dan mengetahui jasa yang kita tawarkan. Dengan begitu diharapkan juga penjualan jasa akan meningkat. Contoh lokasi yang bagus yaitu di pusat kota tempat banyak yang lalu lalang, dekat pasar dan sebagainya.

b. Sediakan lahan yang cukup luas
Usaha cuci motor yang bangkrut adalah usaha yang sekala-nya sangat kecil yang hanya mampu menampung satu unit motor sekali waktu. Jika kita ingin sukses akan lebih baik jika kita dapat menyiapkan lahan yang cukup luas sesuai kemampuan.

Semakin luas maka semakin bagus. Coba kita bayangkan, jika dalam satu kali waktu kita hanya dapat mencuci satu motor maka jika ada pelanggan lain yang akan mencuci maka ia pasti akan mencari tempat lain, siapa sih yang mau menunggu lama-lama hanya untuk cuci motor? 

Lahan yang cukup luas disini kita artikan juga sebagai daya tampung layanan maksudnya kita menyediakan lahan yang luas akan kita dapat melayani lebih dari satu pelanggan sekaligus. Kalau bisa semua pelanggan yang datang bisa langsung ditangani tanpa menunggu lama.

c. Berikan garansi pelayanan yang bermutu
Pelanggan tidak akan kembali lagi jika mereka mendapatkan hasil kerja kita yang tidak sesuai keinginan. Maka dari itu hasil kerja kita harus bisa dijamin sesuai yang diharapkan.

Usahakan kalau bisa tak setitik debu pun tertinggal di motor, tak setitik ceceran oli pun yang tertinggal dan bahkan kerak dan karat pun kalau bisa tak kelihatan lagi. Intinya kita berikan yang terbaik agar kita bisa menjamin mereka akan kembali lagi.

d. Tetapkan harga serendah mungkin
Kita buat harga jasa kita bersaing, usahakan jangan mematok harga lebih tinggi dari pasaran meskipun hasil atau kualitas yang diberikan sesuai. Selalu akan lebih baik bagi kelangsungan usaha kita jika kita dapat memberikan produk jasa berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Tanyakan pada diri kita sendiri, "lebih memilih mana murah berkualitas atau mahal berkualitas?" Satu hal lagi yang perlu dicatat untuk usaha jasa ini adalah bahwa akan lebih baik jika kita dapat memberikan pelayanan yang cepat dengan hasil maksimal.

Orang atau pelanggan pasti akan lebih suka mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dengan hasil maksimal bukan. Kalau usahakan kegiatan mencuci motor yang mereka lakukan di tempat kita bisa senyaman dan semenarik mungkin. Itu saja, semoga usaha cuci motor modal kecil bisa menjadi ide untuk kita semua.

Peluang dan Tips Usaha Cuci Motor Modal Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko