Monday, March 16, 2015

Analisa Peluang dan Contoh Usaha Industri Kuliner yang Menjanjikan

Usaha Industri Kuliner yang Menjanjikan - Selain beberapa informasi mengenai bagaimana menganalisis peluang untuk usaha industri kuliner ada juga cerita menarik yang bisa menjadi inspirasi kita semua untuk memulai usaha di bidang makanan.

Kisah sukses tersebut tentunya bisa dijadikan inspirasi dan sumber ide bagi kita yang sedang mencari peluang dalam mendirikan sebuah usaha baru. Kita juga bisa memperoleh gambaran mengenai seberapa jauh prospek yang ada dan seberapa besar potensi keberhasilan yang mungkin bisa diraih.

Seperti kita tahu, industri kuliner adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku, bahan setengah jadi, dan/atau barang jadi berupa masakan atau makanan olahan. Jenis industri ini banyak menjadi pusat perhatian mengingat produk yang dihasilkan merupakan kebutuhan pokok yang harus di penuhi dalam kehidupan sehari-hari.

Melihat hasilnya yang berupa makanan maka wajar jika industri ini pada umumnya memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Meski menjanjikan namun tidak semua pelaku usaha dapat menembus persaingan dan sukses.

Namun ada banyak juga cerita pilu dari sebuah usaha industri kuliner yang harus sirna di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Melihat potensinya yang bagus dan persaingan nya yang cukup ketat maka sudah tentu bagi kita yang ingin bergerak di bidang usaha ini harus mencermati berbagai hal sebelum memutuskan untuk mendirikan usaha ini.

Sebagai pelaku usaha baru yang akan terjun dalam persaingan tersebut maka sebaiknya kita membekali diri dengan sebuah analisa objektif tentang bagaimana prospek usaha tersebut secara detail. Dengan analisa tersebut nantinya kita bisa merumuskan perencanaan usaha yang matang sebagai pedoman dalam pendirian usaha baru yang kita pilih.

1) Contoh Usaha Industri Kuliner Sukses

Gambaran bagaimana peluang usaha kuliner bisa kita lihat dari sebuah kisah sukses dari industri makanan "kebab turki baba Rafi". Bagaimana kisah sukses dari usaha makanan tersebut? Kisah Sukses Kebab Turki Baba Rafi adalah sebuah kisah sukses dari pelaku usaha yang bernama Hendy Setiono.

Ia membawa kebab Turki untuk diperkenalkan di Indonesia melalui usaha kulinernya yang berlabel “Kebab Turki Baba Rafi”. Melihat kesuksesannya yang gemilang itu bahkan nama Hendy pun disebut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2015 di JCC. Jokowi membanggakan Hendy karena omzet usahanya mencapai ratusan miliar Rupiah.

Bagaimana kesuksesan Hendy bermula? Awal dirinya berbisnis kebab terinspirasi dari perjalanannya ke Qatar, yakni sewaktu dia berlibur mengunjungi kedua orang tuanya yang bekerja dan tinggal di negara tersebut. Saat itulah dia melihat peluang kebab yang belum dijumpai di Indonesia.

Pada September 2003, dia mulai jualan. Gerobak jualan kebabnya beroperasi di Nginden Semolo, tak jauh dari kampus dan rumahnya. Dengan modal Rp4 juta yang merupakan pinjaman dari adik perempuannya, ia berjualan kebab dengan seorang karyawan.

Ingin lebih penuh dalam menjalankan bisnis, ia harus berhenti kuliah pada semester empat. Padahal, kedua orang tuanya tidak setuju jika anak sulungnya keluar dari bangku kuliah untuk melakukan bisnis dan menganggap proyeknya hanya sebatas iseng.

Tapi, dia berhasil membuktikan kegigihannya dengan kesuksesan kebab turki baba rafi telah banyak menerima banyak penghargaan di dalam maupun di luar negeri. Tahun 2015 ini tercatat lebih dari 1.200 outlet tersebar di seluruh Indonesia, termasuk 23 outlet di Malaysia dan tujuh outlet di Filipina. Tak ketinggalan pula di Eropa, outlet pertama mereka dibuka di Belanda, Jerman, Belgia, dan Inggris. (Sumber: Okezone)

Kisah kesuksesan Hendy tersebut belum selesai, sekarang ini bahkan bagi kita yang ingin bergabung menjalankan usaha ini kita bisa bergabung dengan waralaba usaha tersebut. Itu berarti ke depan usaha ini juga masih akan terus menanjak menjadi sebuah usaha yang sangat menarik. Dari cerita di atas yang menarik untuk kita perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Usaha tersebut menggunakan modal awal 4 juta rupiah
2. Di awal hanya dikerjakan oleh 2 orang
3. Dimulai tahun 2003 sampai tahun 2015 sudah memiliki 1.200 outlet penjualan

Dari cerita sukses Hendy tersebut dapat kita lihat dengan jelas bahwa kuliner masih memiliki tempat yang begitu luas untuk kita tuju. Industri kuliner dengan produk makanan masih menjadi sesuatu yang bisa menghantarkan kita dalam keberhasilan yang fantastis.

Apalagi jika kita dapat menjalankan sebuah industri kuliner dengan produk unik, menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Sebagaimana yang telah di buktikan oleh pengusaha sukses di atas, kita juga bisa merambah ke dunia usaha kuliner dengan memilih produk spesifik yang dapat diterima oleh masyarakat luas.

Kesuksesan yang diraih oleh pengusaha di atas bukanlah satu-satunya kesuksesan usaha di bidang kuliner. Ada banyak kisah lain yang juga sangat menginspirasi, ada usaha peyek kepiting yang sukses.

Selain itu, ada usaha nuget yang sukses, usaha bakso setan yang laris manis dan masih banyak lagi berbagai usaha kuliner lain yang mampu menembus minat masyarakat luas. Ini menjadi pertanda bagus bagi kita yang ingin mengembangkan usaha di bidang masakan. 

2) Peluang Usaha Industri Kuliner

Industri kuliner, seperti pada cerita di atas memang masih memiliki tempat yang cukup menarik dan memungkinkan untuk kita coba sebagai ladang usaha. Dari kisah di atas kita tahu bahwa masih banyak tempat untuk industri kuliner lain di tengah masyarakat kita.

Kita hanya perlu pandai-pandai membaca peluang yang ada di tengah semakin ketatnya persaingan usaha kuliner. Peluang hanya akan menjadi peluang yang tak akan pernah ada gunanya jika tidak ada tindakan nyata dari kita sebagai pelaku usaha.

Peluang bagus usaha ini tidak akan memberikan dampak apapun jika kita tidak terjun di dalamnya untuk itulah kita perlu membuat langkah nyata untuk menyambut peluang tersebut. Jika kita ingin meniru atau mengikuti jejak kesuksesan saudara Hendy di atas maka salah satu langkah awal yang bisa kita lakukan adalah dengan menganalisa peluang yang ada sekarang ini.

Apalagi yang kita perlukan, secara jelas sudah dapat kita simpulkan bahwa usaha di bidang kuliner masih bagus untuk kita coba. Sekarang semua tinggal bagaimana kita akan merealisasikan peluang tersebut menjadi kesuksesan.

Jika kita memang benar tertarik dan ingin bergerak di bidang ini maka setidaknya kita harus mempersiapkan diri. Beberapa hal yang bisa kita lakukan di awal antara lain sebagai berikut:

1. Membaca keadaan pasar (masyarakat)
2. Menganalisa produk yang akan dibuat
3. Menentukan produk usaha
4. Menganalisis peluang usaha untuk produk yang dipilih
5. Menganalisa berbagai aspek usaha yang berkaitan
6. Merumuskan perencanaan usaha
7. Mendirikan dan menjalankan usaha dengan baik

Jadi, dari berbagai hal di atas jelas sekali meski kita mengetahui peluang usaha ini bagus namun kita harus tetap melakukan analisa yang lebih menyeluruh terhadap berbagai aspek usaha yang berkaitan. Dengan analisa tersebut kita dapat menentukan seberapa besar peluang produk yang akan dihasilkan di masyarakat.

Itu saja, semoga pembahasan mengenai Usaha Industri Kuliner yang Menjanjikan ini bisa menjadi sumber inspirasi kita semua dalam mencari berbagai jenis usaha yang cocok. Beberapa hal lain yang berkaitan dengan usaha ini bisa kita pelajari dibagian akhir tulisan ini.

Analisa Peluang dan Contoh Usaha Industri Kuliner yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko