Sunday, March 15, 2015

Analisa Peluang Usaha Ternak Jangkrik Untung Besar

Peluang Usaha Ternak Jangkrik - Kita pasti pernah mendengar jenis usaha ternak yang satu ini. Benar, usaha budidaya ini banyak tumbuh dan berkembang karena tingkat kebutuhan jangkrik yang tinggi yaitu untuk pakan burung.

Sekarang, situs http://usaha-sukses-untung-besar.blogspot.com/ akan mengajak kita semua mengupas tuntas seputar peluang atau prospek dari usaha budidaya tersebut. Akan kita cari tahu bagaimana prospek ke depan usaha ini dan beberapa informasi penting lain seputar usaha ternak tersebut.

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Termasuk dari cerita sukses seseorang yang menginspirasi kita untuk melakukan langkah yang lebih maju. Usaha ternak jangkrik ini memang dapat dikatakan sebagai usaha yang sepele namun bukan berarti usaha sepele tersebut tidak bisa memberikan apapun pada kita.

Ini bukan omong kosong, bukan hanya isapan jempol semata. Jenis usaha yang banyak dipandang sebelah mata seperti ini sebenarnya malah memberikan peluang yang cukup luas mengingat biasanya peminat usaha ini sedikit.

Sebagai bukti pada bagian pertama kita akan membaca sebuah kisah inspirasi yang akan membuka mata kita lebar-lebar mengenai keberadaan peluang dari usaha ini. Bagian kedua akan memberikan kita gambaran bagaimana langkah yang harus kita lakukan untuk menyimpulkan seberapa jauh prospek usaha ini ke depan, apakah usaha ini layak untuk dijalankan dan ditekuni atau tidak.

1) Cerita Sukses Usaha Ternak Jangkrik

Sebagai pembuka kita akan melihat sebuah kisah sukses dari usaha ini. Adalah Bambang Setiawan, Sarjana Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah sukses dalam usahanya yang memilih beternak jangkrik.

Pria kelahiran Cirebon 25 November 1987 berhasil mendapatkan keuntungan sekira Rp4 miliar per tahun. Menurutnya, alasan memilih bisnis ternak jangkrik lantaran melihat kebutuhan di tanah kelahirannya akan pemberdayaan dan usaha yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Akhirnya, dia mulai menggeluti bisnis jangkrik pada 2010. Dengan modal uang Rp7 juta, Bambang membeli 50 kotak jangkrik dan 2,5 kilogram (kg) telur jangkrik. Dari situ, Bambang mulai memainkan kelihaian nya mengembangbiakkan jangkrik.

Bermodal ketekunan dan ketelatenan akhirnya Bambang dapat membuktikan bahwa usahanya tidak sia-sia. Ternak jangkrik yang ia jalankan terus beranak-pinak. "Dari 1 kilogram telur jangkrik, mampu menjadi 70 kilogram jangkrik.

Pangsa pasar saya lebih kepada pakan burung hias, pakan ikan dan untuk memancing pengganti cacing," tambahnya. Pria yang menjadi Ketua Kelompok Ternak Trust Jaya Jangkrik ini menjual jangkrik per kg sekira Rp45.000 sampai Rp50.000 kepada agen.

Lama kelamaan, cakupan penjualan jangkrik hasil ternaknya meluas. Bahkan didistribusikan di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jabodetabek. Kendati demikian, dia mengaku produksinya lebih besar didistribusikan di Bandung.

Tidak hanya menjual jangkrik hidup, Bambang juga menjual telur jangkrik dengan harga terbilang tidak murah. Per kg-nya dibanderol Rp400.000 sampai Rp450.000. "Dari modal awal Rp7 juta, omzet per tahun saya mendapat Rp4 miliar.

Sebanyak 80 persen dari jual jangkrik, sisanya dari telur," ujarnya. Dalam satu hari, Bambang mengaku bisa memproduksi 200 kg jangkrik dan 8 kg telur. Semuanya itu siap dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia. (Sumber: Okezone)

Kisah di atas telah membuktikan kepada kita bahwa sebaiknya kita tidak menganggap remeh suatu usaha apapun hanya karena sedikit orang yang berminat menjalankan usaha tersebut.

Hanya dengan modal tujuh juta rupiah bahkan seseorang bisa mendapatkan penghasilan yang cuku memukau dari usaha budidaya jangkrik tersebut, mengagumkan bukan? Ini membuktikan bahwa usaha ini masih memiliki prospek yang cukup bagus untuk kita tekuni.

Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai aspek usaha yang berkaitan. Kita juga dapat memilih usaha sejenis seperti usaha ini jika ingin menjadi pengusaha selanjutnya yang sukses dari usaha sepele. Kalau ingin mengetahui kisah tersebut selengkapnya kita bisa mengunjungi dan membaca kisah selengkapnya di laman okezone.

2) Analisis Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Analisis yang dimaksud disini adalah analisis untuk menentukan dan menyimpulkan apakah usaha ini layak untuk kita buka dengan berbagai pertimbangan yang ada. Jika kita berminat dan ingin bergerak di bidang usaha budidaya jangkrik ini maka kita harus melakukan beberapa analisa berkaitan dengan peluang usaha tersebut.

Cerita sukses di atas bukanlah jaminan jika kita membuka usaha serupa kita akan sukses seperti orang dalam cerita di atas. Ini karena ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Salah satu yang menjadi faktor suksesnya usaha adalah besarnya peluang atau prospek usaha yang akan dijalankan.

Oleh karena itu kita akan menyimpulkan sendiri apa usaha ini menjanjikan bagi kita atau tidak. Dalam menentukan seberapa besar peluang usaha ini ada beberapa hal yang bisa kita analisa yaitu sebagai berikut:
  1. Kebutuhan konsumen
  2. Ketersediaan lahan dan pakan
  3. Sumber daya 
  4. 7 kiat menghadapi kesulitan usaha

Analisa kebutuhan konsumen akan menjadi dasar dari berdirinya sebuah usaha yang menghasilkan. Tanpa konsumen sebuah usaha tidak akan ada maka dari itu kita harus mempelajari lebih rinci dan lebih detail mengenai konsumen dari usaha ternak jangkrik ini.

Kita harus mencari tahu siapa saja yang bisa menjadi konsumen usaha ini, seberapa banyak kebutuhan konsumen terhadap produk usaha yang kita hasikan, bagaimana daya jangkau konsumen terhadap produk kita dan seberapa lama orang membutuhkan produk yang kita hasilkan tersebut.

Satu contoh, produk usaha ini akan dibutuhkan oleh mereka yang memiliki burung peliharaan. Nah kita bisa mencari tahu mengenai seberapa banyak orang yang membutuhkan jangkrik untuk pakan burung yang dipelihara di suatu tempat.

Kemudian kita juga bisa mencari tahu seberapa banyak jangkrik yang dibutuhkan untuk pakan burung tersebut setiap harinya, setiap bulannya dan seterusnya. Dengan adanya analisa seperti ini maka kita dapat mengetahui seberapa besar potensi calon konsumen yang akan menampung produk yang dihasilkan.

Semakin banyak yang membutuhkan jangkrik maka semakin baik peluang usaha budidaya ini. Selanjutnya kita juga sebaiknya melakukan analisa terhadap ketersediaan lahan, pakan dan hal lain yang dibutuhkan untuk usaha ini.

Kita dapat mulai mencari tahu terlebih dahulu pakan apa saja yang dibutuhkan untuk memelihara jangkrik, bagaimana cara memperolehnya, apakah ketersediaan nya cukup untuk menopang usaha kita kedepan dan seterusnya.

Lain dari itu kita juga harus mencari tahu seberapa luas lahan yang dibutuhkan untuk usaha ini dan juga hal-hal lain yang bersifat alat yang diperlukan. Analisa selanjutnya yang juga penting untuk kita lakukan adalah mengenai sumber daya. Kita sebaiknya juga mencari tahu tentang kebutuhan karyawan yang akan menjalankan usaha kita ini.

Kita juga harus mencari tahu apakah mungkin ada kendala dalam hal mencari orang yang kita butuhkan tersebut. Jika ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan cukup banyak maka bisa dikatakan usaha ini memiliki peluang yang cukup untuk dijalankan.

Selain beberapa hal di atas kita juga harus mempertimbangkan keadaan pasar untuk usaha ini. Sebaiknya kita mencari tahu bagaimana keadaan persaingan untuk usaha ini. Semakin ketat persaingan maka semakin kecil peluang usaha yang dimiliki. 

Untuk dapat menyimpulkan apakah usaha ini baik atau tidak kita harus terjun langsung ke daerah, tempat atau lokasi yang dibidik untuk mendirikan usaha ini.

Dengan begitu kita akan mendapatkan gambaran yang objektif untuk penilaian analisis yang dilakukan. Kalau melihat dari kisah di atas dan berbagai analisis, dapat dikatakan secara umum Peluang Usaha Ternak Jangkrik masih baik untuk ditekuni. 

Meski begitu jika kita ingin mencoba usaha ini maka sebaiknya kita juga mengadakan analisa sendiri untuk menentukan layak tidaknya usaha ini sesuai daerah masing-masing. Ingat, usaha ini sukses dijalankan orang lain namun itu bukan berarti jika kita membuka usaha serupa kita juga pasti akan sukses. 

Analisa Peluang Usaha Ternak Jangkrik Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko