Wednesday, March 18, 2015

Gambaran Prospek Bisnis Usaha Ulang Tahun Menjanjikan

Prospek Bisnis Usaha Ulang Tahun - Membuka usaha di bidang pemenuhan kebutuhan acara ulang tahun memang peluangnya bagus namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan jika kita memang ingin serius bergerak di bidang bisnis ini.

Kita, untuk pertama kalinya, harus memperhatikan dan menganalisa seberapa jauh prospek yang dimiliki oleh usaha tersebut. Kita perlu menganalisa lebih jauh mengenai berbagai hal sebelum memutuskan untuk terjun dan membuka usaha di bidang ini.

Jika kita memang serius ingin berdiri sendiri menjadi seorang pengusaha maka mulai dari awal kita harus mengkondisikan diri kita sebagai seorang pelaku bisnis atau usaha. Kita harus banyak belajar dan mengasah kemampuan dan insting kita terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan dunia bisnis.

Karena kita sedang membicarakan masalah bisnis usaha ulang tahun maka untuk memulai langkah bisnis yang nyata kita sebaiknya mempelajari seberapa bagus peluang usaha yang akan kita jalani. Pertanyaannya, bagaimanakah cara kita untuk mengetahui prospek atau tidaknya suatu bisnis?

Apakah jika ada yang mengatakan "itu bagus atau ini tidak bagus" kita lantas harus percaya begitu saja? Tentu tidak, sebagai seorang yang akan menjalankan bisnis maka kita harus melakukan analisa sendiri untuk menentukan layak tidaknya bisnis yang akan kita dirikan tersebut. Untuk prospek usaha ulang tahun ini ada beberapa hal yang harus kita analisa yaitu sebagai berikut:

1. Asumsi jumlah konsumen
2. Asumsi tingkat kebutuhan konsumen
3. Kondisi persaingan bisnis

Coba kita lihat lebih dekat ke daerah sekitar kita, apakah di sekitar lokasi yang akan digunakan untuk tempat bisnis kita tersebut cukup banyak memiliki calon konsumen yang berpotensi? Jika benar maka itu berarti peluangnya cukup baik.

Namun jika calon konsumen yang potensial sedikit maka kita harus berfikir dua kali sebelum mendirikan usaha tersebut. Untuk bisnis dengan produk untuk acara ulang tahun maka kita bisa mencari tahu seberapa tinggi tingkat kelahiran di suatu daerah karena semakin tinggi maka semakin banyak yang akan ulang tahun.

Selain itu tentunya untuk masalah ulang tahun akan sangat erat kaitannya dengan kebiasaan atau budaya yang dianut suatu masyarakat. Bandingannya, masyarakat desa masih jarang merayakan hal-hal seperti ini berbeda dengan masyarakat kota yang lebih maju.

Dengan mempelajari berbagai budaya dan kebiasaan tersebut kita nantinya bisa mendapatkan gambaran seberapa banyak tingkat kebutuhan konsumen akan produk yang akan kita tawarkan.

Kondisi persaingan dalam bisnis juga akan mempengaruhi prospek usaha, jadi sebaiknya kita juga mempertimbangkan kondisi persaingan yang ada. Semakin tinggi persaingan maka akan semakin berat untuk mendirikan usaha baru.

Meski begitu biasanya pasar yang potensial tentu akan memiliki saingan yang ketat seperti pepatah "ada gula ada semut", jadi kita bisa memperhitungkan seberapa kuat kita menembus persaingan yang ada tersebut.

Beberapa hal di atas bisa kita pertimbangkan di awal waktu kita hendak memutuskan untuk memilih sebuah usaha yang bergerak di bidang produk ulang tahun.

Lalu secara spesifik usaha apa yang bisa kita buka untuk produk yang berkaitan dengan cara ulang tahun tersebut? Untuk usahanya, ada beberapa yang bisa kita pertimbangkan sebagai berikut:
  1. Souvenir ulang tahun
  2. Pernah pernik ulang tahun
  3. Paket acara ulang tahun
  4. Kue ulang tahun
  5. Usaha industri kuliner yang menjanjikan
Beberapa usaha di atas bisa menjadi contoh usaha yang bisa kita kembangkan untuk produk yang berhubungan dengan ulang tahun atau perayaan ulang tahun. Apakah masing-masing usaha di atas cukup menjanjikan dan memiliki peluang atau prospek yang bagus? 

1) Souvenir ulang tahun
Usaha yang bergerak di bidang produk jasa seperti ini sebenarnya masih memiliki peluang yang lumayan bagus. Sebagai contoh usaha souvenir ulang tahun ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar jika kita jalankan di lokasi yang tepat dan cara yang tepat.

Usaha souvenir ini memberikan produk berupa cendera mata atau oleh-oleh yang digunakan dalam pesta ulang tahun. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis usaha yang satu ini kita bisa membaca artikel sebelumnya mengenai peluang usaha souvenir.

2) Pernak pernik ulang tahun
Selain oleh-oleh kita bisa mendirikan sebuah bisnis dengan produk utama pernak-pernik ulang tahun. Kalau yang satu ini maka kita akan bergerak di bidang penjualan atau perdagangan.

Usaha ini masih memiliki prospek yang cukup lumayan di tengah masyarakat kota yang maju. Pembahasan lebih rinci mengenai hal ini bisa dilihat pada pembahasan sebelumnya yaitu peluang usaha pernak pernik ultah.

3) Paket acara ulang tahun
Paket acara ulang tahun bisa juga dijadikan sebuah bisnis yang lumayan. Konsumen usaha ini biasanya dari kalangan menengah ke atas yang biasa mengadakan berbagai acara seperti ini dengan lebih mewah dan ramai.

Disini kita menawarkan satu paket acara yang di dalamnya dapat meliputi kue, pernak pernik dan juga oleh-oleh. Ingin tahu lebih banyak mengenai usaha ini kita bisa membaca beberapa pembahasan terdahulu mengenai usaha paket cara ulang tahun.

4) Kue ulang tahun
Bisnis jasa pembuatan kue ulang tahun adalah salah satu bisnis yang cukup memiliki peluang yang bagus. Bisnis ini bisa memberikan banyak keuntungan jika di dirikan di lokasi yang sudah maju.

Mengingat yang banyak mengadakan pesta untuk acara ulang tahun adalah masyarakat menengah ke atas maka usaha kue ultah tersebut akan lebih menjanjikan jika didirikan di daerah perkotaan.

Tidak semua usaha yang berkaitan dengan ulang tahun memiliki prospek bagus. Semua tergantung pada lokasi dan keadaan lain yang berpengaruh. Untuk itu perlu analisa mendalam sebelum memilih usaha yang akan dijalankan.

Jika kita ingin mendirikan usaha ini dan sukses maka pertama kita harus mempelajari bagaimana prospek bisnis usaha ulang tahun tersebut. Lakukan analisa yang menyeluruh dari berbagai aspek, buat rencana yang matang dan jalankan dengan baik.

Gambaran Prospek Bisnis Usaha Ulang Tahun Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko