Tuesday, March 24, 2015

Tips Memilih Ide dan Contoh Bisnis yang Mudah Ditekuni

Tips Memilih Ide dan Contoh Bisnis yang Mudah Ditekuni - Bagi sebagian orang memilih sebuah bisnis hanya karena mudah tidaknya dijalankan atau ditekuni bukan merupakan pilihan yang bijak. Pasalnya dengan hanya meletakkan sisi penilaian ini kita akan cenderung mengabaikan aspek lain yang menentukan peluang sukses bisnis tersebut.

Misalnya saja kita akan mengabaikan sisi kebutuhan konsumen yang bisa menjadi dasar lahirnya sebuah bisnis yang mapan. Oleh karena itu, meski kita berniat memilih bisnis yang mudah ditekuni namun kita tetap harus memperhitungkan berbagai aspek lain yang berkaitan.

Memilih bisnis yang mudah adalah suatu indikasi bahwa jenis bisnis atau usaha yang akan kita jalankan akan lebih sesuai dengan kemampuan atau skill yang kita miliki. Ini akan memberikan peluang kepada kita untuk dapat menjalankan bisnis tersebut dengan lebih baik.

Tentunya, dalam memilih bisnis yang dianggap mudah ini kita harus tetap mempertimbangkan berbagai hal baik itu dari aspek bisnis secara keseluruhan maupun dari aspek kemampuan kita dalam menjalankan bisnis tersebut.

Berbagai aspek bisnis akan tetap kita gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih usaha yang akan dijalankan sedangkan aspek kemudahan akan kita pertimbangkan guna mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam menjalankan bisnis atau usaha tersebut.

Karenanya bisnis yang akan kita pilih juga tidak boleh mengabaikan aspek bisnis penentu peluang bisnis tersebut.  Dalam hal ini, situs peluang sukses usaha akan membahas dua poin; pertama kita akan membahas bagaimana sebaiknya cara kita memilih bisnis tersebut dan yang kedua adalah mengenai beberapa contoh bisnis yang secara umum dapat dijalankan dengan mudah.

1) Tips Memilih Bisnis yang Mudah Ditekuni

Dalam memilih bisnis yang akan dijalankan sebenarnya tentu saja semua tergantung dan terserah kepada kita sendiri. Kita bisa memilih jenis bisnis apapun yang kita inginkan. Namun yang menjadi permasalahan adalah tentu memilih bisnis ini bukan hanya sekedar aktivitas menentukan pilihan semata.

Dalam memilih ide bisnis akan ada konsekuensi yang kita tanggung. Jika asal memilih bisa saja kita pada akhirnya harus menyerah karena bisnis yang dijalani tersebut kurang bisa mewujudkan harapan kita.

Untuk itu dalam memilih bisnis seperti ini ada beberapa hal yang sebaiknya kita pertimbangkan. Beberapa pertimbangan tersebut antara lain seperti dijelaskan dalam tips berikut:

1. Memilih bisnis sesuai hobi
2. Memilih bisnis sesuai skill atau keahlian
3. Memilih bisnis sesuai dengan minat jangka panjang

Untuk mendapatkan ide sebuah bisnis yang mudah dijalankan ini kita bisa menyeleksi berbagai bisnis yang dianggap paling sesuai dengan hobi yang kita miliki. Sebagai contoh kalau kita suka makanan, hobi masak maka lebih baik kita memilih bisnis di bidang kuliner.

Memilih bisnis sesuai dengan hobi ini tentu saja akan memberikan kemudahan bagi kita dalam menjalankan atau menekuni bisnis tersebut. Lebih jauh lagi dengan memilih bisnis sesuai hobi maka kita akan memiliki jaminan bahwa kita akan menjalankan bisnis ini dengan perasaan suka dan senang.

Menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi tentu akan lebih mudah jika dibanding dengan menjalankan sebuah bisnis yang sama sekali tidak kita sukai. Bayangkan, jika kita tidak suka ternak bukankah akan lebih sulit bagi kita untuk sukses di bidang bisnis peternakan?

Keahlian atau skill juga bisa kita gunakan sebagai standar dalam memilih bisnis yang akan kita jalankan. Agar dapat menemukan bisnis yang dapat dengan mudah kita tekuni maka kita bisa memilih model bisnis yang sesuai dengan kemampuan kita.

Misalnya, kalau kita pandai memasak kenapa kita tidak membuka bisnis restoran atau rumah makan? Meski kita mungkin saja bisa menghadapi kejenuhan tetapi dengan memilih model bisnis yang sesuai keahlian setidaknya kita bisa memberikan jaminan bahwa bisnis tersebut akan lebih mudah untuk kita kelola dengan baik.

Selain itu dalam menentukan bisnis yang akan ditekuni ini kita juga hendaknya mempertimbangkan minat jangka panjang atau kesukaan kita terhadap sesuatu dalam waktu yang lebih lama. Tujuannya adalah ditengah perjalanan bisnis tersebut nantinya kita tidak akan takut jika dilanda rasa bosan dan malas.

Kita dapat menanyakan pertanyaan sederhana ini kepada diri kita sebelum membuka bisnis baru tersebut yaitu "apakah saya mampu menjalankan bisnis di bidang ini bahkan mungkin untuk seumur hidupku?"

2) Contoh Bisnis yang Mudah Ditekuni

Bukankah kita membaca artikel ini untuk mencari ide beberapa bisnis yang bisa kita tekuni dengan lebih mudah? Maka dari itulah kita akan membahas juga mengenai beberapa contoh ide bisnis yang bisa kita pertimbangkan.

Jika diungkapkan dengan kata "mudah" maka sebenarnya tidak ada yang bisa dikatakan mudah. Semua bisnis, apapun itu membutuhkan kerja keras untuk dapat menjadi bisnis yang sesuai harapan.

Mudah dan tidaknya untuk ditekuni atau dijalankan akan tergantung pada kemampuan kita masing-masing sebagai pelaku usaha. Contohnya saja, bisnis yang kita anggap mudah belum tentu mudah jika dijalankan oleh orang lain.

Meski begitu, secara umum ada beberapa bisnis yang cara menjalankannya lebih sederhana dari pada bisnis-bisnis lainnya. Beberapa contoh usaha yang umumnya dapat lebih mudah dijalankan antara lain sebagai berikut:

1. Usaha jual beli (warung)
2. Usaha konter
3. Usaha toko mainan
4. Usaha ternak
5. Usaha budidaya

Itulah beberapa contoh usaha yang umumnya lebih mudah untuk kita jalankan. Tetapi tentu saja beberapa usaha di atas hanya sebagai contoh saja. Mudah tidaknya akan kembali lagi kepada kemampuan atau keahlian kita masing-masing.

Mudah-mudahan pembahasan tentang bisnis yang mudah ditekuni di atas dapat menjadi tambahan pertimbangan kita semua dalam memilih jenis bisnis yang akan dijalankan. Tetap semangat dan salam sukses selalu!

Tips Memilih Ide dan Contoh Bisnis yang Mudah Ditekuni Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko