Monday, March 2, 2015

Tips Jitu Usaha Lebih Cepat Berkembang

Tips Jitu Agar Usaha Lebih Cepat Berkembang - Bagaimanakah seharusnya kita menjalankan usaha agar usaha lebih cepat berkembang, apa yang harus kita lakukan? Diam dan pasrah tentu bukan cara yang baik untuk mengembangkan usaha yang baru saja didirikan.

Langkah paling tepat adalah berupaya mempercepat laju pertumbuhan usaha dengan berbagai cara. Secara khusus situs peluang sukses usaha akan membahas beberapa tips jitu agar usaha yang telah kita dirikan tersebut lebih cepat berkembang.

Beberapa tips berikut bisa kita jadikan sumber ide dan pemikiran demi kemajuan usaha yang kita jalankan. Kebanyakan sebuah usaha di buka, dijalankan dalam beberapa bulan lalu menyerah dan ditinggalkan karena tidak memenuhi harapan yang diinginkan.

Apakah secepat itu sebuah usaha baru bisa sukses, tidak bukan? Sebuah usaha membutuhkan waktu standar yang cukup lama untuk dapat berjalan sesuai keinginan, bahkan untuk sukses terkadang sebuah usaha membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun.

Apakah lima tahu merupakan waktu yang cukup lama untuk meraih kesuksesan, tentu tidak. Ada usaha yang butuh waktu lebih lama dan ada juga usaha yang baru 1 tahun berdiri sudah sukses memberikan keuntungan yang banyak.

Lalu apa saja faktor yang dapat mempercepat perkembangan sebuah usaha dan apa saja faktor yang dapat menghambat usaha cepat berkembang? Tentu saja ada banyak hal yang mempengaruhi laju kesuksesan sebuah usaha yang di dirikan, ada faktor yang mempercepat dan ada juga faktor yang memperlambat laju perkembangan usaha tersebut.

Dua faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha tersebut harus kita ketahui dan kita pelajari agar kita dapat menutup kelemahan yang menjadi penghambat dan memaksimalkan potensi yang akan mempercepat laju pertumbuhan bisnis atau usaha yang kita miliki.

Dilihat dari sisi jumlah, hal yang berpengaruh tersebut tentu bukan hanya satu dua saja namun ada beberapa faktor. Kesemuanya itu mempengaruhi perkembangan usaha yang sedang kita jalankan. Secara umum, hal yang mempengaruhi usaha cepat berkembang antara lain sebagai berikut:

- Kemampuan pengelolaan usaha
- Kondisi persaingan usaha
- Kualitas produk dan pelayanan

Sebenarnya bukan hanya tiga hal di atas saja yang dapat mempengaruhi usaha kita apakah bisa berkembang dengan cepat atau tidak namun secara umum tiga hal di atas merupakan faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap usaha yang sedang kita jalankan.

1) Kemampuan pengelolaan usaha
Kemampuan seseorang dalam menjalankan dan mengelola sebuah usaha adalah modal yang tak ternilai dengan materi atau uang. Kemampuan ini akan sangat berpengaruh terhadap berkembang atau tidak-nya usaha yang kita miliki.

Contoh sederhananya, seseorang yang tidak memiliki mental wirausaha tidak akan mampu dalam menjalankan jenis usaha apapun, berbeda dengan orang yang memang memiliki mental wirausaha dimana dia akan lebih mampu dalam menjalankan suatu usaha tertentu.

Dengan tidak di dukung dengan kemampuan yang memadai maka akan sangat sulit bagi kita untuk dapat menjalankan dan membawa usaha kita dalam kesuksesan. Ketika kita memiliki kemampuan pengelolaan usaha yang baik maka dapat dikatakan sebagian kesuksesan kita sudah di tangan.

Namun demikian jika kita tidak memiliki kemampuan tersebut maka jalan untuk sukses adalah dengan lebih banyak belajar dan lebih banyak bekerja keras. Untuk itu, dalam meraih kesuksesan usaha sebaiknya seorang pelaku usaha memiliki bekal kemampuan pengelolaan usaha. Kemampuan pengelolaan tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Macam usaha yang mudah di pelajari
  • Kemampuan memimpin
  • Kemampuan membaca peluang
  • Kemampuan bertahan di atas situasi sulit
  • Kemampuan menghadapi dan menyelesaikan masalah
  • Kemampuan mengendalikan diri, emosi dan fokus

Kemampuan pengelolaan tersebut seperti dapat kita lihat di atas berkaitan dengan kualitas diri kita sebagai pelaku usaha. Jadi dapat di tarik kesimpulan bahwa untuk dapat sukses maka kita harus membekali diri kita dengan berbagai kemampuan dan keahlian yang mendukung kita dalam menjalankan usaha yang dimiliki.

2) Kondisi persaingan usaha
Kondisi pasar sudah pasti akan mempengaruhi berjalannya usaha kita, semakin sedikit persaingan pasar maka akan semakin baik bagi usaha kita dan sebaliknya. Kondisi persaingan tersebut tentu akan berpengaruh terhadap laju perkembangan usaha yang kita jalankan.

Pada kenyataannya kondisi persaingan memang tidak dapat dipastikan akan memberikan dampak buruk akan tetapi semua tergantung pada bagaimana kita menghadapinya. Pada satu titik, persaingan yang ketat dapat menjadi pemicu kreativitas kita dalam menjalankan usaha, dan pada satu titik hal tersebut dapat berpengaruh pada laju pertumbuhan usaha yang lebih cepat.

Sebaliknya, kondisi persaingan pasar yang lemah terkadang bisa juga mengakibatkan kita menjadi lebih tenang dan kurang produktif dan juga terlalu santai dalam menjalankan usaha, ini tentu dapat merugikan kita karena mungkin kita akan lebih banyak membuang waktu.

Jika usaha kita memiliki persaingan pada tingkat usaha yang setara, kondisi persaingan tersebut dapat membuat kita lebih terpadu dalam mengelola usaha kita menjadi lebih baik. Lain hal nya jika kita berhadapan dengan persaingan dari kalangan usaha yang lebih besar.

3) Kualitas produk dan pelayanan
Produk dan layanan merupakan paket yang tidak dapat di pisahkan. Dua hal ini menjadi kunci penting perkembangan pada usaha yang kita jalankan. Sebuah pertanyaan sederhana dapat memberikan gambaran bagi kita bagaimana seharusnya cara kita memperhatikan produk dan layanan kita.

Kenapa orang lain harus membeli produk kita, apa bedanya pelayanan yang kita berikan dengan pelayanan dari tempat lain? Pertanyaan tersebut memberikan gambaran yang jelas bagi kita bahwa tanpa kualitas produk dan layanan yang kita tawarkan tidak akan mendapatkan tempat di hati pelanggan.

Jelas sekali bahwa tingkat kualitas produk dan layanan yang diberikan sangat berpengaruh pada perkembangan usaha kita ke depan. Tanpa kualitas jangankan untuk berkembang, untuk dapat bertahan saja pun akan sangat sulit.

4) Tips Agar Usaha Lebih Cepat Berkembang
Inti dari pembahasan ini adalah mencari cara atau solusi yang bagus yang dapat kita terapkan pada usaha kita agar usaha tersebut bisa lebih cepat maju. Lalu dari penjelasan di atas apa yang bisa kita ambil?

Ya, dari berbagai penjelasan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk membuat usaha cepat berkembang kita harus memperhatikan berbagai aspek atau faktor yang mempengaruhi usaha yang kita miliki.

Caranya yaitu kita dapat memaksimalkan berbagai potensi yang dimiliki untuk lebih mengembangkan usaha. Selain itu kita juga perlu meningkatkan kemampuan-kemampuan kita khususnya berbagai kemampuan yang dapat kita gunakan untuk menjalankan usaha tersebut. Untuk berbagai langkah yang dapat kita lakukan kita dapat melakukan beberapa tips berikut:
  1. Mengembangkan produk usaha
  2. Melakukan manajemen keuangan yang benar
  3. Membuat perencanaan yang matang
  4. Menerapkan target dan melakukan evaluasi usaha
  5. Menerapkan strategi pemasaran tertarget jangka panjang

Segera setelah usaha kita memiliki tempat di hati konsumen maka kita juga wajib untuk memikirkan perkembangan produk usaha yang kita berikan. Kita bisa mempersiapkan diri untuk terus meningkatkan kualitas produk, menambah atau menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen dan lain sebagainya.

Manajemen keuangan juga harus kita jalankan dengan baik dan konsisten, tanpa itu berapa pun penghasilan atau keuntungan yang kita dapatkan kita akan sulit untuk meningkatkan usaha kita. Dengan pengelolaan keuangan yang baik maka akan membuka jalan bagi kita untuk mendapatkan sumber modal yang stabil bagi kemajuan usaha ke depan.

Perencanaan juga merupakan aspek penting yang harus ditangani dengan baik. Untuk menopang kemajuan usaha kita harus membuat perencanaan yang matang. Perencanaan tersebut bersifat menyeluruh dan terdiri dari rencana jangka panjang dan pendek serta menengah. Dengan perencanaan tersebut kita dapat memetakan target dan melakukan evaluasi usaha.

Ujung tombak usaha kita adalah pemasaran jadi jangan sampai kita mengabaikan masalah pemasaran yang akan berimbas pada kepercayaan konsumen pada produk yang kita tawarkan. Akan lebih baik juga jika kita memanfaatkan berbagai aspek untuk mendukung proses pemasaran yang kita lakukan.

Meski buka jaminan, namun tips dan kiat agar usaha cepat berkembang di atas dapat kita jadikan pertimbangan pemikiran tentang bagaimana dan apa yang harus kita lakukan untuk dapat mengembangkan usaha kita dalam waktu yang lebih cepat. 

Tips Jitu Usaha Lebih Cepat Berkembang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko