Tuesday, March 3, 2015

Analisa Bisnis Kebutuhan Masyarakat Desa Untung Besar

Bisnis Kebutuhan Masyarakat Desa - Hari ini kita akan mencari ide bisnis atau usaha dengan melihat berbagai Kebutuhan Masyarakat Desa. Kita akan mengkaji dan meneliti kebutuhan apa saja yang bisa dijadikan ide usaha yang berpotensi.

Jadi inti dari pembahasan ini adalah untuk mencari bisnis apa saja yang bagus untuk kita jalankan khususnya yang berhubungan dengan berbagai kebutuhan masyarakat yang ada di pedesaan. Apakah anda sedang mencari inspirasi berbagai bisnis yang akan didirikan di desa, kalau begitu ikuti pembahasan kita berikut.

Berbicara mengenai kebutuhan masyarakat desa tentu saja banyak tetapi kita harus tahu kebutuhan seperti apa yang bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan untuk kita jalankan. Caranya adalah dengan mengukur tingkat kepentingan kebutuhan yang di miliki dengan tingkat kemampuan pemenuhan kebutuhan masyarakat desa tersebut.

Kalau dilihat hanya dari sisi kebutuhan saja maka kita tentu akan mendapati banyak ide usaha namun kita tidak boleh lupa bahwa masyarakat desa kebanyakan memiliki keterbatasan dalam hal pemenuhan kebutuhan tersebut.

Melihat situasi tersebut maka yang paling ideal dalam menentukan ide jenis usaha di desa adalah dengan mengukur seberapa penting kebutuhan tersebut dan seberapa mampu masyarakat memenuhinya. Contoh sederhananya seperti ini, masyarakat desa tentu membutuhkan mobil pribadi namun harga mobil yang tinggi pasti akan membuat kebutuhan tersebut terabaikan.

Berbeda dengan motor, sama-sama kebutuhan sekunder, namun motor lebih terjangkau sehingga masyarakat lebih banyak yang membeli motor dari pada membeli kendaraan mobil. Itu hanya sebagai ilustrasi saja bagaimana kita akan menentukan pilihan kita untuk bisnis berdasarkan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

1) Peluang Usaha Kebutuhan Pokok Masyarakat Desa

Dilihat dari sisi penting tidaknya, kebutuhan pokok merupakan hal yang tidak akan pernah dihindari oleh siapapun. Oleh karena itu, bisnis pada kebutuhan pokok masyarakat tentu akan memberikan peluang yang stabil di kemudian hari.

Meski mahal atau harganya tinggi namun jika menyangkut kebutuhan pokok tentu meski berat pasti akan di cari juga. Hal semacam itu berlaku untuk jenis kebutuhan hidup yaitu kebutuhan bahan makanan pokok.

Untuk kebutuhan yang satu ini - menurut penulis - orang akan tetap membutuhkan dalam jumlah tertentu setiap hari, bulan dan juga tahun. Dari keadaan ini usaha atau bisnis di bidang pemenuhan kebutuhan bahan makanan memiliki peluang yang cukup menjanjikan untuk di tekuni. Untuk jenis usaha di bidang ini kita dapat memulai usaha yang bergerak di bidang:

1. Jual beli sambako
2. Jual beli makanan
3. Jual beli sayur mayur dan buah
4. Tips jitu usaha lebih cepat berkembang

Memang, kebanyakan bidang usaha yang di khususnya pada pemenuhan kebutuhan bahan pokok akan bergerak di bidang jual beli atau penyalur. Sebagai contoh kita dapat membuka warung sembako yang lengkap dan menyediakan berbagai kebutuhan hidup sehari-hari.

Meski hanya warung namun usaha ini juga cukup bagus mengingat kebutuhan masyarakat pasti akan ada terus setiap waktu. Untuk jenis usaha ini mungkin yang akan menjadi persoalan adalah kebutuhan modal yang cukup tinggi dan juga tingkat persaingan yang lumayan kompetitif.

Jenis usaha kedua yang juga lumayan bagus adalah jual beli makanan. Sebagai contoh usaha bakso, usaha mie ayam, warung sate, pecel ayam dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan usaha sembako, usaha ini peluangnya lebih kecil mengingat masyarakat desa umumnya memiliki penghasilan yang tidak besar.

Untuk usaha sayur mayur peluang yang lebih baik adalah membawa produk sayur mayur dari desa ke kota yang lebih ramai dan banyak membutuhkan sayuran.

Hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakat desa yang masih banyak mendapatkan berbagai kebutuhan sayuran dari kebun sendiri, hal ini menjadikan usaha jual sayur mayur di daerah pedesaan kurang memiliki peluang yang bagus.

2) Ide Bisnis Kebutuhan Masyarakat Desa

Selain berbagai peluang di bidang kebutuhan pokok, dalam masyarakat desa juga ada beberapa jenis bisnis atau usaha lain yang cukup menjanjikan. Sebagai contoh, salah satu kebutuhan masyarakat desa adalah kebutuhan alat pertanian.

Untuk itu kita dapat memanfaatkan kondisi tersebut dengan menyediakan alat pertanian untuk disewakan misalnya traktor atau bajak yang dapat digunakan untuk membajak sawah dan ladang. Jika kita membuka usaha seperti itu di desa maka yang akan kita bidik adalah masyarakat petani yang memiliki lahan garapan.

Hal yang perlu kita pertimbangkan dengan cermat adalah bahwa masyarakat desa memiliki daya beli yang rendah sehingga apapun jenis dan tipe usaha kita harus benar-benar kita perhitungkan harga jualnya di masyarakat.

Meski sangat penting namun jika harga jual produk usaha kita tinggi maka masyarakat tetap tidak akan dapat kita jadikan konsumen yang potensial. Sebagai contoh dan gambaran saja, berikut beberapa ide bisnis yang bagus untuk kita jalankan di desa.

1. Usaha sewa alat pertanian
2. Usaha distributor pupuk
3. Usaha distributor sembako
4. Usaha jual beli bahan pokok (beras dan sebagainya)
5. Jasa sewa kamera untuk pernikahan
6. Usaha pakaian murah
7. Jasa sewa mobil

Di atas hanya beberapa jenis usaha yang umumnya memiliki potensi yang lumayan bagus. Meski begitu perlu kita ingat bahwa untuk mendapatkan data yang akurat mengenai prospek usaha tertentu maka sebaiknya kita melakukan analisis usaha tersebut secara menyeluruh sesuai dengan karakteristik lokasi yang akan di tempati.

Itu saja, semoga sedikit mengenai bisnis kebutuhan masyarakat desa ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan pembelajaran bagi kita yang sedang mencari peluang usaha yang bagus untuk dijalankan di desa dengan tingkat daya beli masyarakat yang rendah. Semoga bermanfaat.

Analisa Bisnis Kebutuhan Masyarakat Desa Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko