Friday, March 6, 2015

Solusi Ketika Usaha Tidak Bisa Jalan dan Berhenti di Tempat

Solusi Ketika Usaha Tidak Bisa Jalan - Sebuah pertanyaan di bidang usaha khususnya saat kita baru mendirikan sebuah usaha biasanya adalah "bagaimana solusi ketika usaha gak bisa jalan". Jawaban dari pertanyaan tersebut merupakan hal sangat penting yang harus kita ketahui khususnya di awal kita baru mendirikan sebuah usaha.

Apa yang harus kita lakukan jika usaha tidak berjalan? Tentu saja, kita harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu baru setelah itu merumuskan rencana penyelesaian atau solusi yang bisa kita lakukan.

Untuk pemula seperti kita masalah ini bukan perkara yang mudah untuk di atasi. Pengalaman yang sedikit dan kemampuan yang masih terbatas membuat kita harus berusaha lebih keras untuk mencari solusi yang tepat ketika usaha kita tidak berjalan sesuai harapan.

Solusi usaha tidak bisa jalan yang akan kita lakukan tentu harus mengacu kepada permasalahan yang memicu keadaan tersebut. Perlu ketelitian dan kesabaran serta kerja keras untuk menyelesaikan kendala tersebut.

Jika usaha tidak berjalan dengan baik maka kita dapat melakukan beberapa langkah untuk mengatasi hal itu. Beberapa langkah tahap demi tahap yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

1. Mencari penyebab usaha tidak berjalan
2. Menganalisa dampak keseluruhan dari penyebab yang ditemukan
3. Merumuskan strategi penanganan masalah sesuai penyebab yang di temukan
4. Menetapkan target waktu penyelesaian masalah
5. Melakukan penanganan masalah sesuai target yang dibuat
6. Membuat evaluasi penanganan berdasarkan target waktu yang ditetapkan
7. Menyimpulkan hasil penanganan masalah yang telah dilakukan

Untuk dapat menemukan solusi berkaitan dengan usaha anda yang tidak berjalan baik, pertama kali tentu kita harus mencari penyebab yang mengakibatkan usaha yang kita jalankan tersebut tidak berjalan. Caranya kita dapat melakukan analisa secara menyeluruh terhadap komponen usaha yang ada.

Kita bisa cek masing-masing komponen tersebut apakah dapat berjalan dengan baik atau tidak. Sebagai contoh, kita bisa cek bagaimana proses pengadaan bahan baku usaha apakah berjalan dengan baik atau tidak. Kita juga dapat menganalisa bagaimana proses produksi apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Dengan melakukan analisa menyeluruh terhadap komponen usaha tersebut kita akan dapat menemukan penyebab dari usaha kita yang tidak berjalan. Baru setelah menemukan penyebab tersebut kita bisa melakukan tindakan selanjutnya.

Sebelum kita menentukan rencana penyelesaian sebaiknya kita juga menyempatkan diri untuk mencari tahu seberapa jauh dampak yang ditimbulkan dari penyebab tersebut. Hal ini berguna untuk menentukan genting tidaknya penanganan yang akan kita lakukan selanjutnya.

Setelah kita tahu penyebabnya dan tahu seberapa jauh pengaruhnya maka langkah berikutnya adalah merumuskan strategi penanganan masalah. Untuk penanganan ini sebaiknya kita mencari lebih dari satu alternatif penanganan dan menganalisanya terlebih dahulu.

Usahakan kita memilih langkah pemecahan yang paling efektif dan jangan lupa untuk menyiapkan juga rencana cadangan. Setelah ada rencana penanganan kita bisa menerapkan rencana tersebut namun sebelumnya kita bisa menetapkan target tercapainya penanganan tersebut.

Kita dapat menentukan target penanganan untuk mengukur seberapa efektif solusi yang kita terapkan dalam jangka waktu tertentu. Jika dalam waktu yang ditetapkan kita tidak mendapatkan hasil maksimal sesuai harapan selanjutnya kita bisa mempertimbangkan untuk menerapkan solusi cadangan untuk usaha yang tidak berjalan tersebut.

Untuk menyimpulkan hasil penanganan masalah sebaiknya kita jangan terburu-buru, jangan terlalu cepat tetapi juga jangan terlalu lambat. Kita sesuaikan dengan keadaan yang ada pada usaha kita. Analoginya jika sakitnya parah tentu butuh waktu yang lebih lama dari pada yang sakit ringan.

Masalah yang terjadi pada usaha kita hanya kita yang paling tahu jadi solusi ketika usaha tidak bisa jalan tersebut juga hanya kita yang dapat menentukannya. Untuk dapat menyelesaikan masalah usaha yang macet ini kita dapat menggunakan langkah penanganan seperti yang di jelaskan di atas.

Langkah di atas adalah langkah umum yang dapat kita lakukan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang kita hadapi dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha baru. Itu saja, semoga sedikit informasi di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses!

Solusi Ketika Usaha Tidak Bisa Jalan dan Berhenti di Tempat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko