Thursday, March 5, 2015

Analisa Peluang Usaha Stiker Rumahan Untung Besar

Peluang Usaha Stiker Rumahan - Usaha stiker juga merupakan usaha yang lumayan jika kita tekuni karena usaha ini juga dapat memberikan potensi keuntungan yang lumayan bagus. Memang, jika kita lihat usaha ini masih tergolong sedikit yang menekuni tapi bukan berarti prospek peluang usaha tersebut tidak bagus.

Jika kita ingin mengetahui lebih jauh mengenai usaha ini maka sebaiknya kita analisis terlebih dahulu seberapa jauh peluang atau prospek yang dimiliki usaha tersebut. Ada satu pertanyaan yang sering terlintas saat kita hendak mendirikan usaha yaitu "Kalau mendirikan usaha produk apa yang ingin di buat?"

Bagaimana cara menentukan harga dan hambatan apa yang akan di hadapi? Untuk alasan itulah kita perlu mempelajari terlebih dahulu prospek bisnis atau usaha yang akan kita buat. Lebih jauh lagi, situs peluang sukses usaha menganggap bahwa usaha ini secara umum masih memiliki peluang yang bagus.

Ini bukan tanpa alasan, usaha ini masih dikategorikan bagus karena beberapa alasan yang mendukungnya. Alasan kenapa usaha stiker rumahan dianggap memiliki peluang yang lumayan adalah sebagai berikut:

1. Jenis usaha belum banyak yang berminat
2. Pertumbuhan persaingan relatif lama
3. Keuntungan lumayan
4. Produk tahan lama
5. Mudah dijalankan
6. Konsumen dari berbagai kalangan

Alasan pertama yang membuat usaha ini masih dapat kita kategorikan sebagai usaha menjanjikan adalah keadaan dimana pelaku usaha ini masih cukup sedikit. Umumnya kita hanya melihat beberapa pedagang stiker saja dalam satu wilayah yang cukup besar dan hal ini menggambarkan kepada kita bahwa masih ada celah untuk usaha baru yang kita dirikan.

Selain itu pertumbuhan persaingan untuk jenis usaha ini cukup lambat mengingat tidak semua orang mampu membuat atau mendesain stiker untuk di jual. Dengan begitu sebagai usaha baru kita memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dan mengembangkan usaha yang baru kita buat tersebut.

Lebih jauh lagi usaha ini dapat memberikan keuntungan yang lumayan bagus. Memiliki usaha stiker seperti ini itu berarti kita akan menjual produk yang tidak gampang rusak atau basi. Jadi tidak perlu khawatir jika mengalami penurunan penjualan dan sebagainya.

Yang juga menarik, untuk memulai dan menjalankan usaha ini tidak terlalu rumit namun tentunya kita harus memiliki bekal yang memadai jika ingin sukses. Terakhir, usaha ini dapat membidik berbagai jenis konsumen mulai dari kalangan menengah, kalangan atas dan juga untuk kalangan bawah sekalipun. Usia konsumen pun bisa bervariasi mulai dari remaja sampai orang dewasa.

1) Analisis Biaya Usaha Stiker Rumahan

Sebelum memutuskan untuk memilih usaha ini tentu ada baiknya kita melakukan analisis terlebih dahulu mengenai berbagai biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini. Kita harus mengetahui atau memiliki gambaran berapa modal yang dibutuhkan, berapa asumsi keuntungan dan lain sebagainya.

Dengan informasi tersebut kita akan lebih mudah menyiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan. Selain itu kita juga dapat mengukur tingkat pendapatan dari mulai asumsi pendapatan terbesar sampai pada asumsi pendapatan terkecil per bulan.

Selain itu, mengetahui berbagai informasi mengenai keuangan usaha tentunya akan memudahkan kita juga dalam menyiapkan peralatan yang akan dibutuhkan dalam usaha tersebut. Lalu bagaimana dengan usaha stiker rumahan tersebut?

Modal Awal
  • 1 Set Komputer (tergantung jenis dan tipe) untuk ukuran baru rata-rata Rp. 3.000.000,-
  • 1 Unit Printer Epson T13 dengan Sitem Infus Rp. 750.000,-
  • Total Modal Awal Rp. 3.750.000,-

Modal awal di atas tentunya merupakan pilihan, jika kita sudah memiliki komputer atau laptop dan printer maka sudah pasti kita tidak perlu menyiapkan modal alat tersebut. Jika kita telah memiliki sarana atau alat usaha di atas maka jadi keuntungan bagi kita.

Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk urusan ini lagi. Sekarang, dengan modal di atas lalu bagaimana dengan biaya operasional yang harus kita keluarkan untuk menjalankan bisnis stiker tersebut, berikut analisanya.

Biaya Operasional
  • 1 pak sticker glossy photo Rp. 18.000,-/pak isi 20 lembar ukuran A4.
  • Tinta Printer Rp. 250/lembar A4 untuk 1 pak maka biayanya Rp. 5.000,-
  • Listrik 1 bulan asumsi minimum Rp. 45.000,-/bulan = Rp. 1.500/hari

Asumsi Penjualan
Jika kita hanya mampu menjual paket stiker label nama anak dengan isi 90 lembar untuk ukuran 2,4 x 6,4 cm maka harga jualnya berkisar antara Rp. 30.000,- (per lembar kertas sticker foto memuat 30 lembar sticker label sehingga anda menghabiskan 3 lembar sticker photo untuk 90 lembar label nama anak).

Maka untuk 1 pak kertas sticker photo isi 20 lembar dapat menjadi 6 paket sticker maka penjualannya Rp. 30.000 x 6 = Rp. 180.000

Ini asumsi untuk jenis satu ukuran sticker, ukuran bisa digunakan dalam beberapa macam tergantung produk yang akan kita pasarkan kepada konsumen kita. Sekarang mari coba kita hitung asumsi pendapatan yang bisa diperoleh dari usaha ini. 

Laba Kotor / Omzet
Bila dalam 1 hari kita dapat menghabiskan 1 pak kertas sticker (menjual 6 paket sticker label nama) berarti asumsi penjualan kita adalah sebagai berikut
Omzet per hari Rp. 180.000 ( 6 x Rp. 30.000)
Laba Bersih : Omzet per hari - Biaya Operasional (Bahan Baku + Tinta + Listrik)
Rp. 180.000 - (Rp. 18.000 + 6.500) = Rp. 155.500
Laba Bersih tiap bulan: Rp. 155.500 x 25 hari kerja = Rp. 3.887.500

Di atas hanya merupakan asumsi dari kemungkinan yang bisa kita dapat dengan menjalankan usaha tersebut. Tentu saja, pada kenyataan hal ini bisa saja berbeda dan tidak sesuai dengan hitungan di atas karena adanya berbagai macam faktor.

Yang jelas, dari sedikit gambaran asumsi usaha di atas jelas sekali bahwa jenis usaha ini sejatinya memang masih memiliki peluang yang cukup menarik untuk dijalankan. Semua tinggal bagaimana kita, mau berusaha keras atau mau menyerah menjadi buruh pekerja seumur hidup.

2) Hambatan dan Kesulitan Usaha Stiker Rumahan

Sebagai usaha rumahan yang memiliki skala kecil tentu saja usaha stiker ini banyak memiliki kendala dan hambatan. Kita yang berminat dan berniat untuk mendirikan usaha ini tentu harus jeli mempelajari berbagai kemungkinan yang ada.

Dalam membuka dan menjalankan usaha rumahan ini setidaknya ada beberapa hambatan dan kesulitan yang bisa kita hadapi. Beberapa hambatan dan kesulitan usaha stiker antara lain sebagai berikut:

1. Keterbatasan modal
2. Keterbatasan sumber daya manusia
3. Sulitnya mendapatkan gambaran trend minat konsumen
4. Di awal berdiri usaha ini sulit berkembang

Keterbatasan akan modal merupakan hambatan dan kesulitan yang paling banyak dialami oleh kalangan pelaku usaha rumahan. Padahal, modal adalah hal yang sangat vital dalam pengembangan usaha ke depan.

Keterbatasan akan permodalan tersebut secara langsung berimbas pada keterbatasan sumber daya dimana biasanya kita akan kesulitan untuk dapat menggaji pekerja. Solusi untuk masalah ini tentu kita harus memanfaatkan berbagai macam celah guna mendapatkan tambahan modal usaha yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha ke depan.

Yang tak kalah sulit biasanya adalah bagaimana kita membaca kebutuhan pasar, dalam arti kita memang sedikit sulit untuk mendapatkan gambaran trend dan minat konsumen pada produk yang kita jual. Karena itu kita harus pandai-pandai menentukan desain stiker dan jenis stiker yang bisa kita promosikan kepada calon konsumen tersebut.

Karena bukan merupakan kebutuhan yang sangat penting maka produk stiker tentu tidak akan menempati prioritas untuk di penuhi. Ini mengakibatkan kita yang baru saja mendirikan usaha ini akan sedikit mengalami kesulitan saat pertama kali mencari pelanggan.

Tetapi tenang saja, itu belum seberapa jika kita bandingkan dengan kesuksesan yang sedang kita kejar, tanpa halangan dan rintangan tersebut kita mungkin akan sulit terpacu dan bersemangat dalam menjalankan dan mengelola usaha tersebut.

Itu saja sedikit gambaran mengenai peluang usaha stiker rumahan ini. Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan ini kita bisa mendapatkan ide dan juga bahan pertimbangan sebelum memilih dan memutuskan untuk membuka usaha di bidang stiker tersebut. Lain waktu kita sambung dengan pengalaman cerita sukses dari pelaku usaha tersebut.

Analisa Peluang Usaha Stiker Rumahan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko