Saturday, March 21, 2015

Cara Mencari Ide Bisnis yang Menjanjikan Untung Besar

Cara Mencari Ide Bisnis Menjanjikan - Pakar mengatakan bahwa kemampuan kita dalam membaca peluang bisnis akan menentukan kesuksesan kita, untuk itu kita akan belajar bagaimana mencari ide-ide yang bagus serta menjanjikan yang bisa kita gunakan sebagai landasan dalam mendirikan bisnis baru.

Kita akan mencari tahu apa saja tips mencari peluang bisnis yang bisa kita terapkan dalam menentukan pilihan tersebut. Apakah memang demikian, apa memang ada langkah yang harus kita lakukan dalam mencari berbagai ide peluang yang dibutuhkan?

Kebutuhan dan keadaan dunia kerja yang serba tidak mendung memaksa kita untuk lebih kreatif dengan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Untuk itu sebagian dari kita memilih untuk mendirikan sebuah usaha atau bisnis yang bisa menghasilkan uang.

Kendalanya, saat memulai bisnis kita tidak tahu bisnis atau usaha apa yang bagus untuk dikerjakan dan menghasilkan banyak pendapatan. Di sinilah kita perlu mencari berbagai ide usaha atau ide bisnis yang memiliki prospek yang gemilang baru setelah itu kita menjalankannya.

Dalam menemukan ide-ide tersebut kita harus menggunakan segala upaya dan kreativitas kita agar mendapatkan sesuatu yang layak untuk diperjuangkan. Sebagai contoh, kita dapat mencari berbagai referensi yaitu dengan:

1) Cara mencari peluang bisnis
2) Mencari bisnis baru
3) Mencari bisnis yang cocok
4) Mencari bisnis rumahan
5) Mencari bisnis yang menguntungkan
6) Mencari bisnis online
7) Ide bisnis modal kecil
8) Karakteristik tempat usaha yang bagus

Poin di atas dapat kita jadikan contoh bagaimana kita bisa mencari gambaran mengenai berbagai ide yang mungkin saja layak untuk kita pertimbangkan. Sebagai contoh kita dapat mencari rekomendasi bisnis baru, bisnis yang cocok, bisnis rumahan atau bahkan bisnis online sekalipun.

1) Contoh Ide Bisnis yang Menjanjikan

Lalu sebenarnya seperti apa si yang dinamakan ide bisnis menjanjikan? Nah tentu kita memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan ide-ide tersebut. Yang pasti, inti dari ide bisnis tersebut adalah kita mendapatkan referensi usaha yang bisa memberikan kesuksesan kepada kita.

Jadi, intinya adalah ide yang bisa memberikan hasil nyata terhadap perkembangan keuangan yang ada. Lalu contoh ide-nya apa? Sebagai contoh sebuah ide bisnis yang bagus misalnya saja bisnis yang penuh dengan kreativitas.

Contohnya bisnis "peyek kepiting" yang telah mampu membuat Filsa Budi Ambia menghasilkan Rp 165 Juta/Bulan. Filsa Budi Ambia adalah seorang pengusaha muda yang mampu menghasilkan omset hingga ratusan juta rupiah dari bisnis unik yaitu bisnis peyek.

Peyek atau rempeyek (dalam bahasa jawa) ini adalah makanan ringan sejenis keripik khas masyarakat Jawa. Filsa Budi Ambia adalah seorang pria 29 tahun yang sudah mampu meraup omzet Rp 165 juta/bulan dari bisnis peyek yang didirikan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Saya ingin peyek ini naik kelas. Lalu saya pikir nilai tambahnya apa, dengan kemasan biasa tentu nggak cocok. Di Kalimantan itu banyak kepiting, saya pikir tes dulu, lalu penggunaan bumbu saya akurasi dan dikemas menarik lalu diberi ke teman-teman," paparnya. (Sumber: finance.detik)

Filsa melihat sebuah peluang yang akhirnya ia sambut dan tidak disia-siakan. Karena melihat melimpahnya kepiting di sekitar daerahnya maka insting bisnis-nya pun berjalan. Berbekal kemampuan membuat peyek atau rempeyek akhirnya ia terjun menciptakan sebuah produk bernilai jual lebih tinggi dari bahan dasar yang melimpah.

Ini adalah sebuah bukti bahwa ide bisnis tidak harus melulu berkaitan dengan kemajuan dan gaya hidup modern. Apa yang dilakukan oleh Filsa di atas merupakan sebuah contoh dimana ide bisnis merupakan hal penting yang perlu kita pikirkan dengan baik.

Di atas kita bisa mengetahui bahkan dengan ide bisnis nyeleneh pun seseorang bisa dan sangat mungkin menjadi pengusaha yang sukses. Ide bisnis nyeleneh yang di contohkan oleh seorang Filsa Budi Ambia yang telah sukses mendapatkan penghasilan yang begitu besar hanya dengan usaha peyek tentunya bisa kita jadikan teladan bagi kita dalam memilih dan mencari ide yang bagus.

Jangan pernah menganggap remeh suatu ide tertentu karena sebuah ide sederhana yang direalisasikan dengan penuh tanggung jawab, semangat dan kerja keras serta keyakinan pun bisa menjadi jalan menuju kesuksesan kita. Yang terpenting adalah kepekaan kita terhadap lingkungan daerah dimana tersembunyi sebuah peluang yang siap untuk kita gali.

2) Tips Cara Mencari Ide Bisnis Menjanjikan

Meski sudah banyak belajar ke sana kemari terkadang sebagai pemula kita selalu saja bingung dan ragu dalam memulai sebuah usaha contohnya dalam mencari ide bisnis yang akan dijalankan.

Untuk alasan itu berikut akan di bahas juga beberapa tips yang mungkin dapat berguna bagi kita dalam mencari berbagai ide yang di butuhkan. Kita bisa memulai bisnis dengan memilih ide bisnis menarik, ide bisnis unik, ide bisnis nyeleneh dan banyak ide-ide lain yang cukup menjanjikan untuk dijalankan.

Dalam memilih ide bisnis tersebut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Tips mencari gagasan atau ide untuk bisnis tersebut yaitu sebagai berikut!
  1. Usaha membutuhkan bahan dasar atau bahan baku yang cukup maka sebaiknya kita memilih bisnis yang bahan dasarnya melimpah dan murah
  2. Kesuksesan sebuah usaha sebagian besar akan tergantung pada minat konsumen maka usahakan untuk memilih usaha yang benar-benar akan memenuhi kebutuhan konsumen
  3. Produk yang paling banyak diminati adalah produk dengan harga yang terjangkau maka akan lebih baik jika kita memilih produk yang paling terjangkau bagi konsumen
  4. Sebuah produk usaha akan lebih mudah menarik perhatian orang jika produknya unik, menarik dan masih jarang ditemui karena itu pertimbangkan untuk memilih usaha dengan produk unik, menarik dan masih jarang ditemui.
  5. Produk yang paling banyak disukai dan dibutuhkan adalah produk yang paling menjanjikan jadi akan lebih baik jika kita memilih usaha yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut
Kepekaan kita dalam membaca situasi di lingkungan sekitar akan sangat membantu kita dalam menentukan jenis bisnis yang bagus untuk dikerjakan. Banyak mempelajari karakteristik lingkungan, masyarakat dan faktor pendukung bisnis akan memberikan kita gambaran dan ide-ide bagus untuk kita terapkan dalam sebuah bisnis yang bisa dijalankan.

Tak ada yang mudah, tak ada yang cepat dan tak ada juga yang tanpa resiko, yang terpenting adalah dalam menjalankan usaha baru sebaiknya kita mempertimbangkan berbagai langkah yang akan diambil. Mudah-mudahan sedikit pembahasan mengenai cara mencari ide bisnis yang menjanjikan ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita bersama.

Cara Mencari Ide Bisnis yang Menjanjikan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko