Saturday, March 14, 2015

7 Kiat Menghadapi Kesulitan Usaha Yang Perlu Anda Tahu

Kiat Menghadapi Kesulitan Usaha - Untuk dapat sukses banyak yang dibutuhkan, bukan hanya modal uang, tenaga atau kesempatan saja. Kita juga harus memiliki pribadi yang tangguh yang dapat memikul beban berat menuju anak tangga kesuksesan itu.

Sebuah peluang sukses usaha tidak akan dapat menghasilkan apapun tanpa ada kemampuan yang memadai, untuk itu kita perlu terus mengembangkan pribadi kita secara terus menerus. Dengan begitu kita akan memiliki kemampuan dan kecakapan yang kita butuhkan untuk membuka, menjalankan dan mengembangkan usaha yang kita miliki.

Tidak ada pribadi yang sempurna, karena itu kita harus berusaha selalu memperbaiki diri. Kita bisa belajar dari banyak hal untuk mengembangkan diri. Dalam mengembangkan dan meraih kesuksesan kita dapat menghadapi berbagai kesulitan tersebut dengan kepribadian yang mantap.

Bagaimana cara menghadapi kesulitan usaha, apakah yang harus kita lakukan? Pertanyaan itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Kita akan belajar beberapa kiat menghadapi kesulitan usaha khususnya dalam hubungannya dengan kemampuan individu yang kita miliki.

Kiat atau tips yang akan kita bahas ini lebih mengarah kepada kemampuan diri kita. Melalui kiat-kiat tersebut kita akan mengembangkan kualitas diri kita agar dapat menghadapi berbagai hambatan atau kesulitan dalam menjalankan usaha yang kita miliki.

Dengan berbagai kiat tersebut kita akan membekali diri kita dengan berbagai sikap positif dan melatih-nya menjadi senjata yang ampuh dalam menghadapi atau menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

Masing-masing orang memang memiliki cara tersendiri dalam menyelesaikan suatu masalah. Begitu pun dengan kita, kita tidak dapat dipaksa untuk meniru langkah atau cara orang lain tanpa ada kesadaran akan pentingnya langkah yang harus dilakukan tersebut.

Karakter atau sifat seseorang juga jelas tidak sama karena itulah dalam kaitannya dengan pengembangan usaha maka kita harus membekali diri dengan berbagai karakter positif yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan berbagai kesulitan. Berikut berbagai kiat menghadapi kesulitan usaha yang bisa kita terapkan.

1) Memiliki idealisme

Idealisme dalam artian umum seperti paham atau keinginan yang sesuai dengan ideal atau pakemnya. Hidup idealis artinya kita hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna.

Nah, bagi kita sebagai pelaku usaha idealisme ini akan kita jadikan arahan hidup yang sedang kita jalani. Sederhananya kita akan menjalankan sebuah usaha yang kita yakini akan kesuksesannya. Memiliki idealisme bagi seorang pelaku usaha perannya sangat penting dalam membentuk totalitas usaha yang kita kerjakan untuk meraih sukses.

Memiliki idealisme berarti memiliki keyakinan yang kokoh terhadap suatu paham yang akan membuat usaha kita mantap dan menyeluruh dan tahan terhadap terpaan cobaan. Idealisme ini akan memberikan suntikan semangat dan tenaga untuk menyelesaikan berbagai kesulitan yang kita hadapi. 

2) Dinamis dan kreatif

Salah satu yang dapat kita andalkan dalam menyelesaikan suatu kesulitan adalah sikap dinamis dan kreatif. Kedua sifat ini dapat kita jadikan senjata ampuh dalam menghadang setiap kesulitan yang kita hadapi dalam menjalankan sebuah usaha apapun. 

Sifat dinamis berarti penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dan sebagainya. Dengan sifat ini maka diharapkan kita dapat menghadapi berbagai persoalan dengan percaya diri, mandiri serta cepat dalam menyelesaikannya.

Sedangkan kreatif akan memberikan kita kekuatan untuk mendobrak batasan dan kungkungan untuk menghasilkan sesuatu yang baru yang lebih baik dan bermanfaat. Dengan sifat kreatif ini kita dapat merumuskan rencana penyelesaian masalah dengan lebih fleksibel dan objektif agar masalah tersebut dapat cepat terselesaikan.

3) Keberanian mengambil resiko

Usaha adalah sesuatu yang ber-resiko, menyelesaikan masalah juga merupakan hal yang penuh resiko. Tanpa keberanian untuk mengambil resiko maka kita akan kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Sebagai contoh, saat mendapatkan masalah pasti kita akan merumuskan perencanaan untuk mengatasinya. Dalam perencanaan tersebut tentu terkadang kita akan menghadapi keadaan dimana ada hal yang tidak pasti yang bisa saja memberikan dampak buruk pada usaha kita. Di sinilah keberanian kita akan berperan, tanpa keberanian itu maka kita tidak akan bisa melangkah.

4) Optimis dan kegairahan semangat
Optimis dan semangat juga merupakan sifat yang sangat penting untuk mendukung apa yang kita kerjakan. Dalam menghadapi kesulitan usaha sifat optimis ini sangat penting untuk kita miliki karena dengan sifat tersebut kita dapat menghasilkan keputusan yang tanpa ragu.

Sifat ini juga akan menuntun kita untuk tidak berburuk sangka dan terlalu takut dengan apa yang belum terjadi. Dengan sifat optimis yang di dukung dengan semangat yang baik maka masalah atau kesulitan apapun pasti bisa kita atasi dengan baik.

5) Kemandirian dan disiplin murni

Disiplin dan kemandirian merupakan dua hal yang bisa membantu kita lepas dari belenggu apapun dalam menjalankan usaha. Sifat mandiri dan disiplin ini akan membantu kita menghadapi

menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah yang baru. Jika kita ingin lebih mampu menghadapi berbagai kesulitan dalam menjalankan usaha kita maka milikilah kemandirian dan juga disiplin.

6) Fisik yang kuat dan sehat

Segala perencanaan dan segala usaha akan kita kerjakan dengan menggunakan fisik. Maka dari itu fisik kuat dan sehat merupakan modal yang harus kita miliki dalam menjalankan usaha. Dalam menghadapi kesulitan pun demikian.

Dengan dukungan fisik kuat dan sehat kita tentu akan mampu bekerja lebih lama untuk menyelesaikan segala persoalan yang sedang dihadapi. 

Bagi pelaku usaha seperti kita ini fisik juga merupakan aset berharga yang nilainya tidak dapat ditukar dengan uang. Karena dengan bekal fisik tersebut kita akan mampu mengusahakan berbagai macam kesuksesan.

7) Terampil dalam menerapkan iptek

Ilmu pengetahuan dan teknologi manfaatnya begitu besar, sebagai pelaku usaha kita juga harus mampu memanfaatkan kemajuan iptek tersebut untuk berbagai kepentingan.

Jika kita mahir atau terampil dalam menerapkan iptek maka saat ada kesulitan iptek juga bisa memberikan peran yang begitu berarti dalam proses pemecahan masalah yang sedang terjadi.

Demikian beberapa kiat yang dapat kita pertimbangkan dalam menangani berbagai hambatan usaha. Semoga dengan 7 Kiat Menghadapi Kesulitan Usaha tersebut kita akan menjadi pribadi yang tangguh dan lebih mampu menghadapi berbagai persoalan dalam usaha. Itu saja, lain waktu kita sambung kembali dengan beberapa tips lain.

7 Kiat Menghadapi Kesulitan Usaha Yang Perlu Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko