Wednesday, March 4, 2015

Analisa Peluang Usaha Aksesoris Kecantikan Untung Besar

Peluang Usaha Aksesoris Kecantikan - Kepada orang harus membeli aksesoris kecantikan kepada kita? Harus ada alasan yang tepat untuk konsumen agar mau membeli produk aksesoris kecantikan yang kita jual.

Karena itu usaha aksesoris kecantikan yang kita miliki harus keunikan tersendiri. Untuk itulah kali ini dalam usaha untuk membangun sebuah usaha baru maka akan kita bahas bersama tentang bagaimana peluang usaha jual aksesoris kecantikan tersebut.

Kita akan mencari tahu seberapa jauh prospek yang di miliki oleh usaha jual beli ini. Selain itu kita juga akan mencari tahu kira-kira apa saja hambatan dan cara menanggulangi usaha aksesoris yang mungkin akan kita hadapi ke depan.

Apa yang kita perlukan untuk memulai usaha ini? Tentu, yang pertama kita perlukan adalah sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Selain itu kita akan memerlukan tekad, niat dan kemauan yang kuat di dukung dengan modal yang cukup.

Lalu bagaimana cara memulai usaha tersebut? Gampang, kita siapkan sema yang dibutuhkan, buat perencanaan yang matang yang meliputi berbagai aspek dan mulai membuka dan menjalankan usaha jual beli tersebut.

Tapi sabar dulu, sebelum kita mulai berbagai aktivitas kita tersebut kita harus melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai usaha yang akan kita lakukan. Sebelumnya kita harus mengadakan analisis terhadap seberapa besar peluang yang di miliki.

Lebih jauh lagi kita juga harus belajar bagaimana hambatan dan juga kesulitan dalam menjalankan usaha itu. Dalam perencanaan kita juga hendaknya mempersiapkan strategi dalam mengatasi masalah tersebut.

1) Analisis Peluang Usaha Aksesoris Kecantikan

Usaha atau bisnis di bidang aksesoris kecantikan ini memiliki peluang yang cukup bagus dan menjanjikan. Usaha di bidang ini memiliki pangsa pasar yang cukup luas mulai dari kalangan remaja (abg) bahkan sampai pada kalangan orang tua.

Dari waktu ke waktu kebutuhan akan aksesoris kecantikan juga tidak pernah surut meski permintaannya dapat di pengaruhi berbagai faktor. Meski secara umum peluang dari usaha aksesoris ini bagus namun dalam memulai usaha pada bidang ini tentu saja kita harus melihat dan melakukan analisa lebih detail mengenai tempat usahanya.

Untuk dapat memastikan bahwa usaha ini cukup bagus prospeknya maka ada beberapa kriteria yang harus di penuhi dan tentunya yang harus kita pertimbangkan. Berbagai kriteria tersebut tentunya memberikan pengaruh atau dampak terhadap bagus tidaknya peluang usaha ini secara lebih spesifik.

Lalu apa saja kriteria atau aspek yang mempengaruhi peluang dari usaha di bidang kecantikan tersebut? Sebenarnya tidak berbeda dengan usaha lain, usaha ini peluang atau prospeknya juga di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Lokasi tempat usaha
2. Keadaan masyarakat di sekitar
3. Daya saing pasar
4. Bisnis kebutuhan masyarakat desa

Usaha ini paling memiliki peluang bagus jika didirikan di lokasi yang ramai yaitu daerah perkotaan yang memiliki masyarakat dengan mobilitas yang tinggi. Usaha ini kurang begitu cocok di dirikan di daerah pedesaan dengan penduduk yang umumnya memiliki mata pencarian di bidang peternakan, perkebunan dan pertanian.

Semakin ramai sebuah lokasi maka akan semakin bagus untuk mendirikan usaha tersebut. Selain itu, lokasi hendaknya harus mudah di jangkau dari berbagai arah dan itu berarti akan lebih bagus jika di pilih lokasi pada pusat kota.

Seperti kita ketahui, aksesoris kecantikan adalah berhubungan dengan kecantikan dan ketampanan seseorang jadi tentu saja yang akan banyak membutuhkan produk aksesoris ini adalah masyarakat yang umumnya bekerja di kantor.

Selain itu masyarakat yang bagus untuk prospek konsumen usaha ini adalah masyarakat yang cukup maju, memiliki budaya modern yang mengedepankan penampilan fisik dan memiliki gaya hidup yang cukup glamor atau mewah.

Jadi usaha ini akan lebih menjanjikan jika didirikan di tengah masyarakat urban modern yang mengedepankan penampilan. Lebih jauh lagi, usaha ini akan lebih baik jika didirikan di daerah yang tingkat persaingannya tidak begitu ketat.

Ini dikarenakan usaha baru yang akan kita dirikan pastinya belum cukup kuat jika harus bersaing dengan usaha serupa yang lebih besar. Oleh sebab itu akan lebih bijak jika kita menganalisa terlebih dahulu bagaimana tingkat persaingan usaha yang ada.

Masing-masing daerah akan menghasilkan peluang yang berbeda untuk usaha ini. Oleh karena itu jika kita ingin mengetahui lebih jauh mengenai peluang usaha aksesoris kecantikan tersebut setidaknya kita harus menganalisa beberapa hal di atas.

Kesimpulannya, jika beberapa poin di atas berada pada posisi maksimal semua maka dapat dikatakan bahwa usaha yang akan kita dirikan peluang atau prospeknya cukup bagus.

2) Hambatan dan Kesulitan Usaha Aksesoris Kecantikan

Semua usaha pasti memiliki hambatan dan juga kesulitan begitu pun dengan usaha yang akan kita bangun ini. Tapi kita tidak perlu takut, hambatan dan kesulitan itulah yang nantinya akan menuntun kita menuju kesuksesan yang kita idamkan.

Lalu, apa saja hambatan dan juga kesulitan yang bisa kita hadapi dalam menjalankan usaha ini? Jika berbicara mengenai hambatan dan kesulitan, untuk usaha aksesoris kecantikan ini setidaknya ada 3 hal yang sangat menonjol. Tiga hal tersebut seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Konsumennya lebih terbatas
2. Sangat terpengaruh dengan trend mode
3. Harus mengikuti trend mode penampilan

Yang menjadi kendala atau hambatan usaha ini yang pertama adalah mengenai asumsi jumlah calon konsumen. Khusus untuk usaha ini, seperti telah disinggung sebelumnya, memang memiliki konsumen yang terbatas yaitu kalangan masyarakat menengah ke atas.

Dari kalangan tersebut pun tidak semua bisa kita bidik menjadi calon konsumen potensial bagi usaha tersebut. Yang bisa dijadikan konsumen potensial untuk usaha ini hanyalah orang - orang yang memiliki gaya hidup modern yang memperhatikan penampilan.

Oleh karena itu, membidik konsumen lain untuk usaha ini akan lebih sulit mengingat hal ini berkaitan dengan budaya dan kebiasaan yang dianut oleh masyarakat atau orang tertentu. Pelaku usaha di bidang ini terkadang tidak sadar bahwa usaha ini seharusnya selalu mengikuti perkembangan mode pakaian.

Perkembangan atau trend mode berpakaian ini menjadi salah satu hambatan yang kadang sulit untuk kita lewati. Dalam usaha ini kita terus saja di tuntut untuk menyelaraskan berbagai produk yang dijual dengan trend yang berkembang di masyarakat.

Jika tidak diikuti maka usaha kita akan menyediakan aksesoris yang sudah tidak trend dan tidak disukai lagi oleh masyarakat. Hasilnya sudah pasti masa depan usaha kita bisa suram jika tidak di antisipasi dengan baik.

Secara keseluruhan, peluang usaha aksesoris kecantikan ini memang cukup menjanjikan namun jika kita ingin memulai membuka usaha ini maka sebaiknya kita melakukan analisa peluang tersebut lebih jauh dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang berkaitan. 

Analisa Peluang Usaha Aksesoris Kecantikan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko