Wednesday, March 11, 2015

Contoh Peluang Bisnis Untuk Tamatan Sma yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Untuk Tamatan Sma - Tidak melanjutkan kuliah bukan akhir dunia, lulusan atau tamatan SMA juga bisa sukses kalau mau memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Tidak perlu takut, jika kita dan sering bertanya, "adakah peluang bisnis untuk tamatan sma?"

Jawabannya ada dan bahkan banyak jenis bisnis yang bisa kita tekuni demi meraih masa depan gemilang yang kita dambakan. Modal pertama yang harus kita miliki untuk menyambut peluang usaha tersebut adalah menghilangkan segala perasaan takut, ragu, tidak percaya diri dan merasa kecil hati.

Seperti juga orang lain, kita dapat menentukan sendiri apa yang ingin kita capai dalam kehidupan dan masa depan kita. Memang benar, latar belakang pendidikan yang rendah terkadang membuat kita takut untuk melangkah.

Padahal banyak orang dengan latar belakang yang lebih tidak sesuai bisa sukses bahkan menjadi penguasa kaya tanpa berbekal pendidikan yang memadai. Beberapa contoh yang dapat kita jadikan inspirasi adalah kisah-kisah sukses penguasa tanpa latar belakang pendidikan yang menunjang misalnya:

1) Sukses membuka restoran meski hanya tamatan SD
2) Sukses mendapat gaji dari kerja online walau cuma lulusan smp
3) Lulusan sma bisa menjadi pengusaha hotel sukses
4) Tamatan sma sukses bisnis budidaya ikan hias
5) Sambil sekolah sudah memiliki penghasilan jutaan dari sewa kamera

Jika kita memang tertarik dengan dunia bisnis mungkin cerita-cerita sukses seseorang dengan berbagai latar belakang di atas sudah sering kita temui. Ada banyak orang-orang yang jika di lihat dari latar belakang pendidikan pasti tidak akan mampu menjadi orang sukses.

Namun kenyataannya banyak dari mereka mampu mengukir kesuksesan meski tanpa modal pendidikan formal yang cukup. Sebagai contoh, ada orang yang hanya tamatan sekolah dasar saja sudah mampu memiliki restoran yang cukup ramai.

Dengan modal hobi dan kegigihan sudah ada yang membuktikan hal tersebut. Saat ini tidak akan diceritakan detail mengenai kisah sukses tersebut. Namun memang benar adanya bahwa ada seseorang yang hanya lulusan smp saja bisa mendapatkan gaji jutaan rupiah.

Mereka bahkan mampu mengalahkan PNS setiap bulannya dengan bekerja secara online. Ada juga yang sukses membuka hotel sendiri, ada yang sukses dalam bidang usaha budidaya dan bahkan ada juga yang sudah sukses dari bisnis sewa menyewa.

Semua kesuksesan itu memang tidak mustahil adanya, dan kita juga pun dapat menjadi seperti mereka. Lain waktu akan kita bahas berbagai kisah menarik orang sukses tersebut, karena pada kesempatan ini situs peluang sukses usaha akan fokus terlebih dahulu dengan pembahasan mengenai berbagai peluang bisnis untuk tamatan sma.

Pembahasan ini dimaksudkan untuk memberikan ide dan gagasan mengenai berbagai jenis bisnis yang bisa kita kelola meski anda memiliki latar belakang pendidikan yang rendah sekalipun, silahkan dipelajari.

1) Contoh Bisnis Untuk Tamatan Sma

Jika masalah kita hanyalah ijasah SMA dan kita tidak memiliki masalah pada sisi permodalan maka dapat dipastikan banyak sekali jenis bisnis atau usaha yang tetap dapat kita bangun. Kita dapat membangun bisnis di berbagai bidang baik itu bidang produksi, pemasaran, kerajinan, jasa, kuliner dan lain sebagainya.

Jika kita hanya lulusan SMA namun kita memiliki modal maka anggap saja masalah kita telah selesai. Dengan modal yang cukup kita bisa belajar dan memperdalam kemampuan kita dalam membangun dan menjalankan sebuah usaha. Kita dapat sering mengikuti seminar kewirausahaan, membaca beragai buku-buku atau literatur tentang usaha dan lain sebagainya.

Sekedar untuk gambaran saja, berikut ada beberapa bidang bisnis yang bisa kita pilih meski kita hanya tamatan SMA. Beberapa bidang bisnis tersebut adalah sebagai berikut:

a. Bidang bisnis pemasaran
b. Bidang bisnis produksi
c. Bidang bisnis jasa
d. Bidang bisnis kuliner

Itu adalah berbagai contoh bidang bisnis atau usaha yang bisa kita pilih. Dari berbagai bidang tersebut selanjutnya kita dapat menentukan bisnis apa yang paling cocok dan yang paling memiliki peluang bagus.

Dengan tingkat kemampuan kita yang masih kurang maka yang perlu dipertimbangkan dalam memilih bisnis tersebut yaitu tingkat kesulitan bisnis tersebut untuk dijalankan. Hendaknya kita memilih jenis bisnis yang paling mudah di jalankan dan paling bagus peluangnya.

Dalam memilih bidang bisnis tersebut kita juga sebaiknya mempertimbangkan minat dan bakat yang kita miliki. Bisnis yang kita buka akan kita jalankan setiap hari, karena itu jangan sampai di tengah jalan kita merasa letih, jenuh atau bosan.

Karena itulah penting juga untuk memantapkan hati dalam menentukan pilihan bisnis yang akan di bangun. Lalu kira-kira bisnis apa yang bisa kita jalankan dengan latar belakang pendidikan kita tersebut? Berikut ada beberapa contoh bisnis yang bisa kita buka, selengkapnya seperti pada contoh berikut.

- Bisnis sewa kamera
- Bisnis kue ulang tahun
- Bisnis warung tenda
- Bisnis ikan hias
- Bisnis burung hias
- Bisnis foto copy

Beberapa contoh bisnis di atas di pilih karena memiliki tingkat kesulitan yang lumayan bisa kita tangani. Rata-rata usaha tersebut tidaklah terlalu rumit untuk dijalankan sehingga kita diharapkan tidak akan mengalami kesulitan atau rintangan yang berarti.

2) Peluang Bisnis Tamatan Sma Menjanjikan

Jika berbicara mengenai peluang atau prospek, lulusan atau tamatan sma juga sama saja memiliki peluang yang cukup baik dalam menjalankan sebuah bisnis yang sukses. Meski memiliki kemampuan yang terbatas namun kerja keras, semangat dan rajin bisa menjadi modal yang sangat ampuh dalam menghantarkan kita di pintu kesuksesan.

Berkaitan dengan hal itu tidak ada yang perlu kita khawatirkan. Perlu kita ingat bahwa kemampuan dan keahlian sudah pasti dapat kita asah tapi jika kita sudah tidak memiliki kemauan untuk sukses maka tamatlah masa depan kita.

Dalam menyikapi masalah peluang ini kita tentu harus mengingat berbagai keterbatasan yang kita miliki dengan latar belakang pendidikan tersebut. Kita harus mau mengerahkan segala daya upaya untuk menyamai dan mengimbangi gerak langkah pelaku usaha lain yang tingkat pendidikan dan kemampuannya lebih tinggi. Untuk itu, jika kita ingin sukses dengan hanya tamatan sma maka kita harus:

1. Lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis
2. Pantang menyerah dalam menghadapi hambatan, kesulitan dan kegagalan
3. Rajin dan selalu mau belajar meningkatkan kemampuan
4. Disiplin dan konsisten dalam menjalankan bisnis yang diyakini
5. Selalu sabar, berdoa dan berusaha tanpa mengenal lelah

Dengan membekali diri dengan kemampuan-kemampuan pribadi yang tangguh maka peluang usaha yang tadinya tidak bagus bisa kita sulap menjadi prospek yang akan memberikan kesuksesan.

Yang harus pula di ingat adalah bahwa "kesuksesan adalah proses, bukan hasil" dan "kesuksesan harus diraih bukan ditunggu". Itu yang sebaiknya ditanamkan dalam hati jika anda ingin sukses dengan latar pendidikan yang rendah.

Jadi, meski hanya tamatan sma kita tidak perlu berkecil hati, teruslah maju menggapai apa yang diimpikan. Semoga sedikit tentang peluang bisnis untuk tamatan SMA ini bisa menjadi inspirasi kita bersama.

Contoh Peluang Bisnis Untuk Tamatan Sma yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma