Monday, March 9, 2015

Hambatan dan Keuntungan Menggunakan Media Promosi Online

Hambatan dan Keuntungan Media Promosi Online - Menggunakan media promosi online itu berarti kita akan mengembangkan usaha kita dengan sistem online dimana kita akan membidik pasar yang lebih luas.

Ini merupakan berita gembira yang akan memberikan banyak hal untuk kita kerjakan sebagai pelaku usaha. Di atas keuntungan yang diberikan pelaku usaha juga harus menghadapi berbagai hambatan media promosi tersebut.

Jika kita ingin sukses memajukan usaha dan mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan media promosi ini maka jalannya adalah dengan mempelajari berbagai hambatan yang mungkin akan dihadapi agar kita mampu merumuskan perencanaan untuk menanganinya.

Terlepas adanya kelemahan dan kelebihan, media promosi online memang menempati posisi yang strategis dalam mengembangkan usaha yang telah di dirikan. Dengan media promosi berbasis situs web tersebut kita akan mampu menjangkau calon konsumen yang lebih beragam dan lebih banyak dari berbagai daerah atau lokasi lain.

Mengingat pentingnya peran media promosi yang satu ini maka situs peluang sukses usaha akan secara khusus membahas hambatan media promosi online dan juga keuntungan media promosi online tersebut. Pembahasan seperti ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada kita yang baru belajar mengembangkan usaha.

Pada bagian pertama kita akan memperjelas apa saja yang dapat menjadi hambatan kita dalam melakukan dan menjalankan strategi promosi yang menggunakan media online. Di bagian ini akan kita telusuri satu persatu hal yang dapat menghambat keberhasilan usaha kita tersebut.

Selanjutnya di bagian kedua akan kita cari tahu juga mengenai berbagai keuntungan yang bisa kita dapat dengan menerapkan media promosi berbasis internet ini. Dengan mengetahui berbagai keuntungan, kemudahan yang ada maka diharapkan kita bisa lebih terpacu dalam memanfaatkan media ini secara maksimal untuk perkembangan usaha kita ke depan.

1) Hambatan Media Promosi Online

Apa saja yang bisa menjadi hambatan kita dalam menjalankan dan memanfaatkan media promosi online? Ada beberapa poin yang bisa menjadi penghalang atau penghambat usaha kita tersebut. Beberapa hambatan media promosi online tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Budaya belanja online masih minim
  2. Metode transaksi yang terbatas
  3. Persaingan yang ketat
  4. Tergantung pada koneksi internet
  5. Perlu keahlian, kemampuan dan pengetahuan

Pada prakteknya tentu masih mungkin ada lagi hambatan atau kesulitan lain yang bisa saja kita hadapi dalam mengembangkan usaha kita melalui media promosi ini. Namun beberapa poin di atas mencakup hal yang paling sering di hadapi saat kita menjalankan strategi pemasaran online. 

Budaya belanja online masih minim
Masih banyaknya kalangan masyarakat yang belum melek teknologi secara langsung mempengaruhi budaya belanja yang mampu dilakukan. Masyarakat kita masih banyak sekali yang memiliki keengganan untuk melakukan transaksi jual beli online.

Alasan yang mendasar adalah banyak yang memang belum mengenal metode belanja ini sehingga mereka tidak tahu bagaimana cara melakukan transaksi jual beli secara online. Jika dilakukan dengan cara transfer antar bank masyarakat masih banyak yang bahkan belum memiliki rekening bank sendiri, apalagi jika menggunakan metode pembayaran online seperti paypal atau bitcoin.

Selain karena alasan itu, budaya belanja yang cenderung masih berkembang secara lambat ini disebabkan juga karena banyaknya penipuan di media online yang terjadi. Seperti kita ketahui ada banyak kasus di pemberitaan dimana pembeli di rugikan karena penipuan tersebut. Ini juga memberikan dampak terhadap perkembangan budaya jual beli yang ada.

Kalau di lihat dari hambatan ini maka saat ini media promosi online akan lebih sukses jika diterapkan untuk menaikkan citra produk atau merk dagang usaha kita. Media promosi ini belum begitu mampu untuk meningkatkan penjualan secara langsung mengingat berbagai kendala tersebut di atas.

Metode transaksi yang terbatas
Untuk meningkatkan penjualan secara langsung media promosi yang satu ini masih terkendala juga dengan terbatasnya fasilitas yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli. Jika menerapkan metode promosi dan jual beli secara online

maka beberapa metode yang bisa dilakukan yaitu transfer antara bank atau via paypal dan rekening online lainnya. Metode seperti ini tentu masih menjadi kendala sebagian besar masyarakat yang ada sehingga peningkatan penjualan dengan metode ini masih dilihat kurang begitu memuaskan.

Metode jual beli yang mendukung media promosi ini saat yang bisa diterapkan dan lumayan efektif hanya melalui transfer antar rekening bank. Jika produk yang dihasilkan tidak akan mengalami masalah dengan sistem pengiriman maka kita dapat melakukan hal ini namun jika produk kita sulit dikirim dengan jasa pengiriman maka sepertinya kita harus mempertimbangkan kembali masalah ini.

Persaingan yang ketat
Meski belum memiliki dampak yang begitu signifikan namun kondisi media promosi online saat ini sudah memiliki persaingan yang cukup ketat. Hal ini dikarenakan banyak yang sudah menyadari bahwa kecenderungan masyarakat yang akan semakin banyak memanfaatkan media online

untuk berbagai urusan kehidupan sehari - hari. Kondisi persaingan ini bagi pemula tentu akan memberikan beban tersendiri yang bahkan jika tidak dapat ditangani dengan baik dapat mengakibatkan promosi yang dilakukan tidak akan memenuhi target yang diinginkan.

Tergantung pada koneksi internet
Promosi online memang membutuhkan internet dan keadaan sarana dan prasarana yang ada saat ini membuat keadaan tersebut bisa menjadi salah satu hambatan yang harus di hadapi. Media promosi ini hanya bisa dijalankan dengan koneksi internet jadi jika tidak memiliki koneksi internet kita tidak akan dapat melakukan promosi online tersebut.

Berdomisili atau bertempat di kota besar tentu tidak akan sudah untuk menyediakan sarana koneksi internet namun bagi pelaku usaha yang berdiam di daerah hal ini masih dapat menimbulkan masalah yang cukup serius.

Perlu keahlian, kemampuan dan pengetahuan
Strategi promosi degan media promosi online tidak dapat dilakukan tanpa keahlian, kemampuan dan pengetahuan yang memadai tentang perangkat online tersebut. Setidaknya kita harus mengetahui bagaimana sistem promosi dapat berjalan, apa saja yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

Tanpa bekal yang cukup akan sangat sulit bagi kita untuk dapat memanfaatkan media promosi internet tersebut dengan maksimal.

2) Keuntungan Media Promosi Online

Setidaknya dengan lima catatan di atas lalu apa yang akan diberikan oleh media promosi seperti ini, apakah keuntungan yang kita dapat akan sebanding dengan apa yang harus kita atasi di atas? Yakinlah, meski memiliki beberapa catatan namun media promosi online ini cukup layak untuk diperjuangkan.

Hal ini karena sistem promosi ini dapat memberikan andil yang menjanjikan demi perkembangan usaha kita ke depan. Banyak kalangan memang mengakui bahwa sistem promosi ini tidak memberikan dampak langsung pada penjualan kita - khususnya di masyarakat yang belum siap -

namun promosi ini dapat meningkatkan citra baik produk usaha kita di mata masyarakat calon konsumen yang lebih luas. Dan, saat mereka mampu memiliki akses yang memadai maka pada titik itulah kita akan merasakan keuntungannya. Lalu apa saja keuntungan media promosi online ini untuk usaha kita? Berikut beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan:
  1. Tidak dibatasi oleh tempat (lokasi geografis)
  2. Biaya yang relatif murah
  3. Bagus untuk branding (citra) usaha
  4. Lebih tepat sasaran

Dengan memanfaatkan media promosi yang satu ini kita dapat meningkatkan jangkauan calon konsumen yang tidak terbatas. Kita dapat mengenalkan produk dan juga usaha kita kepada orang di berbagai daerah atau lokasi, daerah lain atau bahkan negara lain.

Tidak ada batasan lokasi geografis untuk media promosi yang satu ini. Kedua kita juga bisa melakukan promosi menggunakan media internet ini dengan biaya yang cukup murah. Sebagai contoh saja, kita dapat memanfaatkan media sosial seperti facebook atau twitter untuk mengenalkan produk usaha kita kepada rekan-rekan kita.

Cukup murah, kita dapat membuat akun media sosial tersebut dengan gratis dengan modal koneksi internet dari handphone atau laptop. Media promosi yang dapat di lihat banyak orang tersebut bagus untuk pengenalan produk baru atau untuk membentuk branding perusahaan atau usaha.

Dengan menggunakan media ini kita dapat mengenalkan usaha kita ke khalayak ramai tanpa harus repot membuat pamplet atau selebaran yang belum tentu akan dibaca. Jika dibandingkan dengan media kertas tentu media ini akan lebih efektif untuk kita gunakan.

Jika usaha kita sudah cukup di kenal kita juga dapat memanfaatkan media ini untuk meningkatkan konversi penjualan yaitu dengan menentukan target promosi. Promosi ini dapat membidik orang-orang tertentu jadi dalam hal ini promosi ini akan lebih efektif.

Usaha promosi dengan media ini akan bisa lebih tepat sasaran jika dipilihkan sesuai dengan jenis konsumen yang akan di bidik, menarik bukan? Kesimpulan dari semua ini adalah media promosi online memang merupakan media promosi yang bagus untuk digunakan untuk mengembangkan usaha.

Meski memiliki beberapa hambatan namun sistem promosi seperti ini bisa memberikan keuntungan yang begitu penting untuk kemajuan bisnis atau usaha kita. Di tangan yang tepat media promosi ini bisa menjadi sarana kesuksesan.

Sekarang apakah kita siap untuk menyambut hambatan dan keuntungan promosi online tersebut? Semua tergantung pada diri kita masing-masing sebagai pelaku usaha, yang jelas kita harus menatap jauh ke depan untuk meraih kesuksesan yang diimpikan.

Mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa menjadi inspirasi kita semua dalam mengembangkan bisnis atau usaha yang sedang kita jalankan. Selamat berjuang dan semoga sukses segera datang menghampiri kita semua.

Hambatan dan Keuntungan Menggunakan Media Promosi Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko