Sunday, March 22, 2015

Contoh Ide Usaha Sukses dan Prosedur Menjalankannya

Ide Usaha dan Prosedur Menjalankannya - Memulai sebuah usaha adalah proses yang paling berat - setidaknya menurut saya pribadi demikian - karena kebanyakan pelaku usaha baru masih merasa ragu, takut dan bingung mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya.

Untuk itu kali ini kita akan membahas sebuah contoh ide usaha dan sekaligus prosedur atau langkah bagaimana menjalankan usaha tersebut. Diharapkan dengan adanya ilustrasi ini kita bisa menetapkan hati dan tahu apa yang harus kita lakukan dalam memulai sebuah usaha.

Pada dasarnya ada tiga tahapan yang harus kita lalui dalam mendirikan dan mengelola sebuah usaha sampai usaha tersebut sukses. Tahapan usaha tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Tahap perencanaan usaha
2. Tahap pelaksanaan usaha
3. Tahap pengembangan usaha

Pada tahap awal yaitu perencanaan kita akan mempersiapkan banyak hal untuk memulai usaha yang akan kita jalankan. Dalam tahap ini kita akan melakukan berbagai analisa yang berhubungan dengan usaha yang dipilih.

Analisa tersebut meliputi analisa peluang usaha, analisa komsumen, analisa kebutuhan usaha dan analisa faktor usaha lain yang berhubungan. Hasil dari tahap ini adalah rencana usaha yang matang yang meliputi berbagai aspek usaha.

Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan awal, tahap ini merupakan tahap implementasi atau penerapan dari rencana usaha yang telah disusun. Pada tahap ini kita mulai menyiapkan sarana dan prasarana usaha yang dibutuhkan.

Kita akan mulai menyiapkan permodalan, alat-alat usaha, bahan baku usaha, media promosi dan lain sebagainya. Jika semua yang dibutuhkan telah siap maka langkah selanjutnya pada tahap ini adalah membuka usaha tersebut. Selanjutnya, kita akan membuka usaha yang sudah dipersiapkan tersebut dan mulai mencari konsumen untuk produk yang kita jual.

Mulai dari detik pertama usaha ini dibuka maka kita sudah harus melaksanakan seluruh kegiatan usaha tersebut secara rutin.

Pada tahap ini kita sudah menjalankan usaha tersebut dan itu berarti akan banyak yang harus kita lakukan setiap harinya mulai dari membuka gerai atau toko, melayani pelanggan yang datang, melakukan promosi dan lain sebagainya.

Setelah usaha tersebut berjalan maka tahap selanjutnya adalah tahap pengembangan. Pada tahap ini usaha yang kita dirikan telah berjalan dan memiliki pendapatan setiap harinya. Selanjutnya langkah yang harus kita lakukan adalah menerapkan strategi pengembangan usaha.

Sebagai contoh, mengembangkan jangkauan konsumen yang lebih luas, meningkatkan mutu dan kualitas produk, meningkatkan kapasitas produksi dan lain sebagainya. Sampai dengan tahap ini, jika dikerjakan dan dijalankan dengan baik maka usaha kita akan terus berkembang dari hari ke hari.

1) Ide Usaha Pulsa Elektrik

Berkaitan dengan inti pembahasan kita yaitu usaha dan prosedur menjalankannya maka kita akan mengambil contoh usaha yaitu pulsa elektrik. Usaha pulsa elektrik adalah usaha jasa penjualan voucer pulsa elektrik untuk handphone atau perangkat seluler.

Usaha ini bisa kita masukkan dalam kategori usaha jual beli dimana kita akan menjadi pihak penjual yang menjual pulsa kepada pengguna. Produk utama usaha ini adalah pulsa elektrik, meski begitu kita juga bisa menyediakan produk tambahan yang berkaitan, misalnya:

1. Produk pulsa elektrik untuk agen (counter pulsa)
2. Produk aksesoris handphone

Selain menjual langsung pulsa elektrik ke konsumen pemakai melalui usaha ini kita juga bisa menjual produk tersebut ke pihak perantara yaitu dalam hal ini counter pulsa yang lebih kecil.

Selain itu untuk mendukung usaha ini kita juga bisa menyediakan produk tambahan yaitu misalnya berbagai aksesoris handphone yang sering dicari oleh pengguna handphone.

Jika dilihat dari sisi prospek sebenarnya peluang usaha pulsa ini masih memiliki peluang yang cukup bagus. Meski begitu, banyak pelaku usaha pulsa ini tidak sukses karena berbagai kendala yang dihadapi. Berbagai kendala yang sering dihadapi dalam usaha ini antara lain:

1. Modal yang kurang
2. Kurangnya manajemen usaha
3. Skala usaha yang sangat kecil
4. Orientasi usaha yang terbatas

Kalau dilihat dari sisi kebutuhan sebenarnya hampir semua orang setiap harinya membutuhkan pulsa, namun kenapa banyak usaha pulsa ini bangkrut adalah lebih disebabkan karena pengelolaan yang kurang profesional.

Seperti dapat kita lihat, kebanyakan pelaku usaha ini hanya iseng dan tidak serius dan tidak memiliki orientasi usaha yang jelas. Kebanyakan hanya membeli pulsa dari agen lalu hanya menunggu orang datang dengan menjualnya di kios.

Tidak ada strategi lain yang dilakukan kecuali duduk manis menunggu pembeli karena itu wajar jika usaha ini lama kelamaan akan berakhir. Melihat kenyataan itu maka untuk membuka usaha pulsa elektrik sukses kita harus memiliki strategi khusus untuk mencapainya.

Kita harus bisa membidik konsumen yang lebih luas dan tidak berpangku tangan hanya menunggu. Sebagai contoh kita bisa membidik agen-agen kecil di daerah lain untuk mengembangkan usaha ini.

2) Prosedur Menjalankan Usaha Pulsa Elektrik

Jika kita tidak punya ide dan gambaran apapun untuk memulai usaha kita bisa belajar dari contoh usaha dan prosedur menjalankannya seperti yang akan di bahas pada artikel ini.

Di atas kita sudah mempelajari penjabaran detail mengenai usaha ini dan sekarang kita akan membahas bagaimana langkah atau prosedur untuk menjalankan usaha pulsa elektrik yang sukses.

Kita akan pelajari berbagai tahapan yang harus kita jalankan dalam membuka usaha ini dari awal sampai akhir. Untuk menjalankan usaha ini kita dapat menggunakan tahapan yang sudah dijelaskan di bagian awal.

Secara keseluruhan prosedur menjalankan usaha ini juga sama dengan tahapan-tahapan di atas mulai dari perencanaan sampai pengembangan. Meski begitu untuk realisasi dari berbagai tahap di atas kita dapat membuka usaha ini dengan melakukan prosedur berikut:

Melakukan analisa usaha pulsa elektrik
Pertama kita analisa terlebih dahulu usaha ini. Kita analisa bagaimana prospek usaha ini yaitu meliputi bagaimana keadaan konsumen, kebutuhan konsumen, daya beli konsumen, dan juga mengenai kondisi persaingan pasar.

Kita analisa berbagai aspek tersebut sesuai dengan lokasi usaha yang dipilih. Kita cari tahu bagaimana kebutuhan pulsa masyarakat di sekitar lokasi usaha. Kita cari tahu gambaran seberapa banyak masyarakat membutuhkan produk yang kita jual tersebut setiap harinya dan setiap bulannya, semakin detail maka semakin baik untuk bahan pertimbangan kita ke depan.

Sebaiknya kita juga menganalisa kebutuhan usaha mulai dari bangunan, pekerja dan beberapa aspek lain. Analisis inilah yang akan menentukan layak tidaknya usaha ini untuk kita jalankan di lokasi yang sudah kita tetapkan. Dari hasil analisa ini selanjutnya kita akan merumuskan perencanaan usaha sebagai acuan kita dalam mendirikan usaha tersebut.

Merumuskan perencanaan usaha pulsa elektrik
Perencanaan usaha akan kita susun berdasarkan analisis yang sudah kita lakukan sebelumnya. Dalam perencanaan ini kita akan menentukan produk apa saja yang akan kita jual, jumlah modal awal yang akan digunakan dan strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Dalam perencanaan ini kita akan membuat gambaran detail tentang apa yang akan kita kerjakan selanjutnya. Rencana tersebut meliputi antara lain hal-hal sebagai berikut:

1. Lokasi yang akan digunakan
2. Jumlah modal
3. Produk yang akan dijual
4. Peralatan yang dibutuhkan

Rencana tersebut dapat kita buat dalam bentuk apapun sepanjang memuat berbagai informasi yang kita butuhkan. Selanjutnya, perencanaan tersebut juga hendaknya memuat alokasi dana modal yang akan digunakan, misalnya untuk membeli etalase berapa, untuk deposit pulsa berapa dan lain sebagainya.

Menyiapkan segala kebutuhan usaha pulsa elektrik
Berpegangan dengan rencana yang kita buat langkah selanjutnya akan menyiapkan segala macam keperluan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini. Pertama kita akan menyiapkan gedung atau lokasi yang akan digunakan.

Kita bisa mulai dengan memperapitkan tempat tersebut dari mulai mengecat dan sebagainya. Setelah itu bisa mulai belanja barang kebutuhan. Belanja tersebut antara lain meliputi:

1. Etalase
2. Deposit pulsa
3. Meja kursi
4. Peralatan komputer
5. Handphone

Itulah beberapa peralatan yang kita butuhkan untuk membuka counter pulsa. Untuk masalah harga atau biaya pengadaan berbagai peralatan tersebut kita bisa mencari tahu sendiri dengan survei langsung ke tempat atau toko penjual peralatan tersebut.

Mulai membuka usaha pulsa elektrik
Setelah berbagai peralatan dan kebutuhan usaha tersebut lengkap maka kita bisa mulai langsung membuka usaha tersebut. Saat pertama kali membuka usaha ini jangan lupa untuk membukukan semua aset usaha yang kita gunakan di awal pendirian ini.

Setelah itu jangan lupa juga untuk menyiapkan pembukuan untuk mencatat berbagai kegiatan usaha yang dijalankan. Pembukuan ini akan kita gunakan untuk mencatat uang masuk dan uang keluar dan berbagai kegiatan usaha lain.

Perlu di ingat, jika kita ingin sukses maka sebaiknya kita mengelola usaha ini dengan profesional sehingga usaha ini dapat memberikan hasil yang sesuai dengan harapan kita. Dalam menjalankan usaha ini jangan lupa juga untuk menerapkan manajemen keuangan untuk mengatur keuangan usaha.

Melakukan pengembangan usaha pulsa elektrik
Jika usaha telah berjalan maka bukan berarti tidak ada lagi hal lain yang perlu kita kerjakan. Saat usaha telah berjalan tersebut kita perlu melakukan berbagai hal untuk mengembangkan usaha yang kita jalankan itu. Untuk pengembangan kita bisa mulai melakukan beberapa hal berikut:

1. Meningkatkan promosi untuk menjangkau lebih banyak konsumen
2. Meningkatkan pelayanan yang lebih baik
3. Meningkatkan produktivitas usaha
4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produk

Itulah antara lain yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan usaha kita yang sedang berjalan. Tentu saja, hal di atas hanyalah sebagai contoh saja, kita bisa melakukan berbagai hal lain yang dianggap perlu untuk mengembangkan usaha tersebut.

Sampai pada tahap pengembangan usaha tersebut maka selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah konsisten dan terus berusaha menggapai kesuksesan yang lebih besar. Itu saja, semoga sedikit mengenai ide usaha dan prosedur menjalankannya ini bisa menambah wawasan usaha kita bersama.

Contoh Ide Usaha Sukses dan Prosedur Menjalankannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko