Monday, March 23, 2015

Tips Cara Pemasaran Bisnis Jasa Penyewaan agar Sukses

Tips Cara Pemasaran dalam Bisnis Jasa Penyewaan - Sesuatu yang bagus jika di awal sebelum kita mendirikan sebuah usaha di bidang jasa penyewaan untuk memikirkan bagaimana strategi pemasaran yang akan dilakukan untuk mendapatkan konsumen.

Dengan mempelajari, menganalisa dan merencanakan proses pemasaran yang akan dilakukan maka kita tidak akan bingung dan bisa memanfaatkan peluang dengan efektif ketika mulai membuka usaha.

Membuka usaha atau bisnis jasa penyewaan bukan hanya menyiapkan produk sewaan, memasang plang atau papan nama dan selesai, bukan hanya itu. Jika kita hanya pasif sampai disitu saja maka jangan pernah berharap usaha kita dapat berkembang dengan cepat sesuai harapan.

Kita harus maju, bahkan kita harus lari, berpacu dengan yang lain dalam menjerat konsumen jatuh dalam pelukan usaha kita. Untuk itulah kita harus melakukan pemasaran terhadap usaha kita tersebut. Kita harus berusaha agar usaha kita mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin, tentu dengan cara yang sportif dan sehat.

Ingat, ada satu kalimat yang cukup menggugah hati yang pernah disampaikan oleh seorang pengusaha muda yang sukses dalam bisnis ini. Pesan dia adalah "pelayanan terbaik adalah cara pemasaran terbaik untuk jual jasa".

Ya memang, usaha atau bisnis di bidang jasa memang sangat bisa di ukur dari tingkat kualitas pelayanan yang diberikan namun untuk usaha baru yang belum memiliki pelanggan tentu yang akan menjadi masalah adalah bagaimana cara kita menarik orang untuk menjadi pelanggan kita.

Untuk cara pemasaran dalam usaha jasa sewa yang masih baru maka kita bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Kenalkan usaha dari orang terdekat
2. Mencari konsumen bukan menunggu konsumen
3. Berikan pelayanan terbaik
4. Gunakan media promosi tertarget

Bisa dikatakan empat langkah tersebut merupakan strategi awal yang bisa kita jalankan untuk memulai bisnis jasa penyewaan untuk produk usaha apapun misalnya sewa mobil, bisnis sewa kamera dan sebagainya.

1) Kenalkan usaha dari orang terdekat

Langkah awal untuk pemasaran kita adalah dengan memanfaatkan relasi. Kita bisa mengenalkan usaha baru kita kepada orang terdekat mulai dari keluarga, sanak-famili, kerabat dan rekan atau teman-teman kita.

Kita yakinkan dulu mereka bisa menjadi pelanggan untuk bisnis yang kita buka tersebut. Untuk sementara waktu kita bisa memberikan perlakuan khusus kepada mereka agar mereka mau menjadi pelanggan tetap kita misalnya dengan memberikan diskon dan sebagainya.

2) Mencari bukan menunggu konsumen

Kalau dari orang terdekat saja kita tidak mampu meyakinkan usaha kita maka langkah promosi kita ke depan akan lebih berat mengingat kita tidak mendapatkan dukungan apapun dari orang yang kita kenal.

Karena hal itu kita harus lebih keras lagi dalam berusaha. Orang terdekat tersebut bisa kita jadikan modal awal untuk memperkenalkan usaha kita kepada orang lain yang lebih luas.

3) Mencari konsumen bukan menunggu konsumen

Untuk pemasaran usaha kita, selanjutnya kita harus bergerak lebih agresif, jangan menunggu bola tetapi jemputlah bola. Untuk mempercepat proses berdirinya usaha kita maka kita harus mau dan rela meluangkan waktu untuk menjemput konsumen, mencari konsumen potensial untuk diajak menggunakan layanan kita.

Berbekal informasi yang bisa kita peroleh dari orang terdekat kita di atas kita bisa mulai mencari tahu siapa yang sedang membutuhkan jasa kita. Setelah mendapatkan nama atau calon konsumen maka lebih baik kita melakukan pendekatan langsung misalnya silaturrahmi dengan mereka dan menawarkan jasa kita dengan cara yang santun.

Pendekatan dari hati ke hati adalah cara yang cukup efektif untuk mengenalkan usaha kita tanpa menimbulkan kesan bahwa kita sedang menjadi seles dan akan menawarkan sesuatu untuk di beli.

Contohnya dari jauh-jauh hari kita bisa meningkatkan keakraban dengan sekedar berbincang seadanya. Pada satu titik kita bisa menuntun calon konsumen agar mengetahui bisnis yang sedang kita kerjakan.

Intinya adalah kita buat orang lain tahu kalau kita memiliki bisnis penyewaan tanpa menawarkan langsung jasa penyewaan yang kita miliki. Ceritakan saja bahwa kita bisnis penyewaan dan akan ada diskon bagi orang terdekat yang menggunakan jasa kita seolah kita tidak tahu bahwa calon konsumen tersebut dalam waktu dekat memang akan membutuhkan jasa kita.

Tidak semua usaha tersebut akan langsung membuahkan hasil dan kita mungkin tidak akan langsung mendapatkan kepercayaan mereka untuk menggunakan jasa yang kita miliki. Yang terpenting adalah kita dapat melakukan langkah ini secara konsisten untuk membangun trust di masyarakat sekitar yang kita bidik. 

4) Berikan pelayanan terbaik

Saat kita mendapatkan satu pelanggan baru maka anggaplah itu adalah satu peluang emas yang tak akan pernah datang lagi jadi kita harus memberikan pelayanan jasa yang terbaik sehingga mereka puas dengan jasa penyewaan yang mereka gunakan.

Jika pelanggan tersebut datang dengan kemauan sendiri maka kita sudah mendapatkan sebagian kepercayaannya. Kesempatan ini harus kita manfaatkan dengan maksimal. Kita harus bisa menjamin bahwa suatu hari jika ia membutuhkan jasa serupa maka ia akan mendatangi kita lagi yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik.

Jika pelanggan yang datang merupakan hasil rekomendasi orang lain maka kita harus memastikan bahwa setelah jasa ini selesa di gunakan ia akan percaya pada kualitas jasa yang kita tawarkan.

Kenapa kita perlu memperlakukan konsumen tersebut sedemikian rupa adalah karena mereka selanjutnya akan berperan membantu kita dalam mengenalkan usaha kita kepada masyarakat yang lebih luas.

Jika mereka suka dengan pelayanan yang kita berikan maka bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan jasa kita kepada keluarga mereka atau yang lainnya. Jika sistem ini kita lakukan dengan baik maka seiring berjalannya waktu usaha kita akan lebih cepat dikenal banyak orang.

Ingat, jika mendapatkan pelayanan terbaik maka suatu saat mereka pasti akan kembali lagi, jadi pastikan saat mereka kembali kita belum berubah dan menjadi lebih buruk. Kita dapat melakukan langkah ini sampai usaha kita benar-benar dikenal di masyarakat dan memiliki konsumen harian yang memadai.

5) Gunakan media promosi tertarget

Menggunakan cara sebelumnya kita sudah memiliki bekal pengenalan usaha, selanjutnya kita bisa mulai menggunakan media promosi tertarget untuk memperluas jangkauan usaha. Kita bisa mulai menggunakan media promosi lokal maupun nasional untuk lebih mengembangkan usaha kita.

Yang perlu diingat usahakan kita melakukan promosi yang tertarget yaitu promosi yang tepat sasaran. Berbicara tentang pupuk murah dengan para petani akan lebih berguna dari pada berbicara mengenai sewa mobil murah terhadap petani, sederhananya demikian.

Cara pemasaran dengan sistem promosi tertarget seperti ini memang sedikit sulit untuk diterapkan pada usaha jasa seperti ini namun kita tentu masih dapat memberikan penekanan-penekanan pada daerah yang prospek konsumen-nya lebih tinggi di banding dengan lainnya.

Kalau kita menjalankan usaha ini di daerah perkotaan maka kita bisa mencoba menggunakan media promosi online untuk meningkatkan penjualan karena media promosi online dapat membidik target yang lebih spesifik sesuai dengan perilaku pengguna internet.

Demikian tadi sedikit gambaran bagaimana cara pemasaran usaha penyewaan khususnya untuk usaha yang masih baru didirikan. Selanjutnya, cara kita melakukan berbagai langkah pemasaran kita tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan hasil pemasaran.

Tips Cara Pemasaran Bisnis Jasa Penyewaan agar Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko