Thursday, February 26, 2015

Peluang Usaha yang Bagus di Perkotaan Untung Besar

Peluang Usaha yang Bagus di Perkotaan - Memang, sebagian keberhasilan usaha sangat di tentukan oleh daerahnya, apakah di daerah perkotaan atau lainnya. Berbicara mengenai lokasi usaha, daerah perkotaan menjanjikan banyak peluang bagi usaha apapun. Hal ini mengingat kota merupakan tempat yang padat penduduk dengan berbagai latar belakang.

Jika kita ingin mengetahui jenis usaha yang bagus di perkotaan maka kita harus terjun lebih jauh ke daerah tersebut. Meski umumnya semua usaha bagus di jalankan di kota namun besar kecilnya peluang usaha tentu akan ditentukan dengan karakteristik daerah yang di pilih tersebut.

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai berbagai peluang usaha yang bagus untuk didirikan di daerah perkotaan kita akan sedikit mengingat kembali apa definisi atau pengertian kota. Hal ini penting agar kita dapat memahami lebih jauh mengenai karakteristik sebuah kota sehingga nantinya kita dapat menentukan dengan tepat usaha apa yang bagus.

Menurut Rapoport dalam Zahnd (1999; 4) kota adalah suatu permukiman yang relatif besar, padat dan permanen, terdiri dari kelompok individu-individu yang heterogen dari segi sosial. Dari definisi di atas, permukiman/kota digambarkan sebagai objek yang mempunyai elemen-elemen (aspek sosial) yang mempengaruhi kegiatan yang ada dan mungkin ada pada pembangunan selanjutnya.

Kota sebagai tempat terpusat nya kegiatan masyarakat terus berkembang dengan semakin kompleks nya kegiatan-kegiatan dalam kota, kota tidak lagi mempunyai fungsi tunggal (single use-pemenuhan kebutuhan masyarakat kota) namun memiliki kecenderungan multi fungsi (mixed use) dengan fungsi kegiatan yang berorientasi pada kepentingan pasar (wilayah) dan kepentingan publik.

Sehingga kota dapat diartikan sebagai suatu lokasi dengan konsentrasi penduduk/permukiman, kegiatan sosial ekonomi yang heterogen dan intensif (bukan ekstraktif atau pertanian), pemusatan, koleksi dan distribusi pelayanan jasa pemerintahan sosial ekonomi yang ditetapkan secara administratif. (Sumber: pengembanganperkotaan.wordpress.com)

Dari sedikit penjelasan di atas jelas sekali kita dapat mengenai karakteristik utama perkotaan yang bisa kita gunakan sebagai acuan dalam menentukan Usaha Yang Pas Ditengah Perkotaan yang ingin kita mulai.

Sebagai contoh, kota adalah tempat yang padat penduduk sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa jenis usaha yang membutuhkan lahan luas tentu kurang bagus jika dijalankan di perkotaan, contohnya saja usaha pertanian atau perkebunan. Ini hanya sebagai gambaran saja bahwa kota meski memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi namun belum tentu sesuai dengan usaha yang akan kita dirikan. 

1) Tips Memilih Usaha yang Bagus di Perkotaan

Kalau di atas telah dikatakan bahwa tidak semua usaha bagus atau cocok dijalankan di kota lalu pertanyaannya adalah "usaha seperti apa yang bagus?". Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu relatif sesuai dengan siapa yang menjawabnya.

Namun begitu, untuk dapat menentukan dan memilih usaha yang tepat kita dapat memperhatikan beberapa karakteristik dasar perkotaan sebagai acuan dalam pemilihan usaha yang diinginkan. Dalam hal ini, karakteristik daerah perkotaan yang dapat kita jadikan pertimbangan adalah sebagai berikut:

1. Penghasilan masyarakat bukan dari sektor pertanian
2. Lahan bebas yang sempit
3. Pendidikan formal masyarakat umumnya tinggi
4. Kota adalah pusat perdagangan

Dalam memilih jenis usaha yang bagus untuk di jalankan di tengah kota kita dapat memperhitungkan beberapa ciri atau karakteristik perkotaan di atas. Pertama kenyataan bahwa masyarakat perkotaan mendapatkan penghidupannya bukan dari sektor pertanian membuat produk alat pertanian kurang begitu cocok dipasarkan di daerah tersebut.

Contoh ini dapat memberikan gambaran kepada kita bahwa jika kita membidik usaha perdagangan alat pertanian maka jika didirikan di kota berarti yang kita bidik menjadi konsumen adalah bukan masyarakat kota melainkan pedagang-pedagang kecil lain yang akan menjadi penyalur produk kita ke daerah-daerah pada masyarakat yang membutuhkan.

Contoh tersebut mengingatkan kita bahwa kita dapat memperhitungkan latar belakang profesi atau pekerjaan masyarakat suatu daerah dalam menentukan jenis usaha yang cocok. Keadaan bahwa lahan bebas di daerah perkotaan sangat sedikit jika dibanding daerah lain maka dapat di pastikan bahwa kota adalah bukan tempat yang cocok untuk membangun usaha di sektor pertanian atau perkebunan.

Dengan lahan yang padat penduduk kota tentu lebih sesuai fungsi jika digunakan untuk menempatkan perkantoran. Ini menjelaskan kepada kita bahwa kondisi lahan juga bisa kita per hitungkan dalam memilih jenis usaha yang menjanjikan.

Selanjutnya, latar belakang pendidikan masyarakat juga dapat memberikan gambaran kepada kita tentang bagaimana seharusnya kita memilih sebuah usaha. Masyarakat yang memiliki pengetahuan tinggi dan akrab dengan teknologi tentu tidak akan bagus untuk dijadikan konsumen berbagai produk yang kurang sarat teknologi.

Sebaliknya, masyarakat desa dengan tingkat pendidikan rendah juga kurang efektif untuk pasar produk modern yang tidak mereka kuasai. Mudahnya, di kota jual buku mungkin bisa laku keras tetapi tidak dengan di desa.

Berbagai pertimbangan-pertimbangan seperti di atas dapat membantu kita dalam menentukan mana yang lebih memiliki peluang untuk kita jalankan. Merangkum dari beberapa pertimbangan tersebut ada beberapa tips dalam memilih jenis usaha yang akan di jalankan di daerah perkotaan. Tips tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Kota memiliki lahan bebas yang sempit jadi pertimbangkan untuk memilih usaha yang tidak membutuhkan lokasi yang luas
  2. Kota adalah tempatnya orang sibuk jadi pertimbangkan untuk memilih bidang usaha yang dapat mengatasi kesibukan mereka
  3. Penduduk kota umumnya memiliki gaya hidup yang mewah jadi pertimbangkan untuk memilih jenis usaha dengan produk yang sesuai selera mereka 

Beberapa tips atau kiat di atas bisa kita gunakan sebagai pertimbangan saat kita ingin memilih usaha yang bagus di kota. Dengan beberapa pertimbangan di atas diharapkan kita dapat menentukan pilihan jenis usaha yang pas yang sesuai dengan karakteristik konsumen yang ada di daerah perkotaan.

2) Contoh Usaha yang Bagus di Daerah Perkotaan

Kalau tadi di atas kita sudah sedikit belajar mengenai beberapa contoh pertimbangan yang dapat kita lakukan dalam memilih jenis usaha maka sekarang akan kita lihat beberapa contoh usaha yang bisa kita jalankan di daerah tersebut.

Dengan beberapa contoh berikut kita dapat mulai mempelajari lebih lanjut berbagai usaha yang sesuai dengan kemampuan kita. Kita bisa mulai melakukan analisis mengenai seberapa jauh peluang usaha yang dimiliki jenis usaha tersebut dan selanjutnya kita dapat menyusun perencanaan yang matang untuk memulai usahanya.

Ada banyak usaha yang bagus untuk usaha yang akan di jalankan di kota. Secara garis besar setidaknya ada tiga jenis contoh usaha yang dapat kita pertimbangkan lebih lanjut. Beberapa contoh usaha tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. Jenis usaha perdagangan besar
  2. Jenis usaha makanan (kuliner)
  3. Jenis usaha online

Tiga jenis usaha tersebut umumnya memiliki peluang yang lebih tinggi jika dijalankan di tempat yang cukup ramai seperti di perkotaan. Detail dari contoh usahanya bisa kita lihat dalam penjelasan di bawah ini.

Contoh jenis usaha perdagangan besar
Usaha perdagangan besar adalah usaha yang menargetkan pada konsumen retail yaitu konsumen yang akan menjadi perpanjangan tangan kita dalam menyalurkan produk ke tangan pengguna. Jadi usaha ini tidak menjual produknya langsung ke pemakai namun menjualnya ke pedagang lain yang lebih kecil.

Dipilihnya usaha perdagangan besar yang bagus bukan tanpa alasan. Pemilihan ini mengingat bahwa kota adalah pusat perdagangan dimana orang anak menjadi banyak produk ke daerah perkotaan tersebut. 

Banyak masyarakat yang mencari produk yang mereka butuhkan di kota tetapi banyak juga pedagang kecil yang mencari barang dagangan ke kota untuk dijual kembali ke berbagai daerah. Beberapa contoh perdagangan besar yang cocok untuk kita mulai di kota antara lain:

- Perdagangan produk pakaian
- Perdagangan produk elektronik
- Perdagangan produk kecantikan

Ketiganya umumnya memiliki prospek usaha yang cukup lumayan namun tentunya sebelum memulai usaha di bidang tersebut kita tetap harus menganalisis segala sesuatunya terlebih dahulu dengan cermat. Kita harus bisa memilih mana yang menjanjikan dan mana yang mampu kita jalankan.

Jenis usaha makanan (kuliner)
Kenyataan bahwa kota adalah tempat yang padat penduduk dan bahwa masyarakat perkotaan adalah masyarakat yang sibuk maka jenis usaha kuliner menjadi salah satu usaha yang bagus untuk dijalankan di tengah masyarakat tersebut.

Seperti kita tahu, sebagian besar penduduk kota adalah para pekerja kantoran dan perusahaan yang memiliki jam kerja cukup sibuk dan ketat. Hal ini tentu menimbulkan masalah sendiri bagi mereka dimana mereka memiliki waktu yang terbatas untuk menyiapkan keperluan makan sehari-hari. 

Keadaan seperti itulah yang akhirnya mendorong mereka untuk lebih memanfaatkan jasa penyedia makanan untuk kebutuhan makanan sehari-hari mereka. Coba kita lihat, di kota umumnya orang akan mendapatkan makanan dari restoran dan warung makan

karena mereka cukup sibuk untuk memasak sendiri, benar tidak? Untuk contoh usahanya sendiri tentu banyak jenisnya mulai dari usaha katering (catering), restoran, makan cepat saji dan lain sebagainya.

Jenis usaha online
Usaha online menjanjikan karena kota memiliki akses yang lebih mudah dan murah untuk penggunaan teknologi internet. Dengan sempit nya lahan dan dengan kemudahan teknologi tersebut maka usaha online bisa menjadi alternatif yang bisa kita ambil.

Untuk usaha online ini kita bisa bergerak pada banyak bidang mulai dari perdagangan, jasa dan lain sebagainya. Beberapa yang sedang tenar adalah usaha jual baju online, usaha desain online, dan sebagainya.

Persiapan memulai sebuah usaha adalah hal yang sangat vital, sebagian kesuksesan akan sangat di tentukan dengan bagaimana kita memilih jenis usaha yang tepat. Di daerah perkotaan, meski ramai kita tetap saja harus mampu membaca dan menentukan peluang usaha bagus di kota.

Peluang Usaha yang Bagus di Perkotaan

Tidak ada kata main-main dan tidak ada kata setengah-setengah. Analisa menyeluruh mutlak di perlukan untuk dapat memilih usaha yang bagus dan tepat yang akan membawa kesuksesan di tangan kita.

Jalan terbaik untuk dapat sukses adalah dengan cara belajar. Mudah-mudahan apa yang disampaikan kali ini bisa menjadi bahan pertimbangan, referensi dan cambuk bagi kita untuk menggapai kesuksesan yang sudah lama didambakan. Artikel wirausaha ini bukan dimaksudkan untuk menggurui tetapi hanya untuk sekedar berbagi pengalaman semata. Terima kasih, salam sukses usaha.

Peluang Usaha yang Bagus di Perkotaan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko