Wednesday, February 25, 2015

Hambatan Untuk Memulai Usaha Yang Harus Anda Tahu

Hambatan Memulai Usaha dan Solusi - Pada artikel sukses usaha kali ini kita akan berbicara mengenai berbagai hal yang bisa menjadi hambatan kita untuk memulai sebuah usaha. Tentunya kita ingin membuka sebuah usaha yang sukses bukan?

Karena itulah kita harus belajar mengetahui apa saja yang menjadi penghalang tercapainya impian tersebut. Dengan mengetahui berbagai hambatan untuk memulai usaha maka kita dapat merumuskan langkah yang baik untuk menghilangkan masalah yang menghalangi kesuksesan kita tersebut.

Banyak faktor yang dapat melatarbelakangi kesuksesan seseorang dan banyak juga faktor yang dapat menghalangi kesuksesan tersebut. Beberapa faktor tersebut berasal dari dalam diri kita sendiri dan beberapa lainnya berada dari faktor luar.

Untuk menjadi sukses kita harus mampu menghilangkan berbagai hambatan tersebut, jadi apakah kita siap untuk menuju kesuksesan tersebut? Berikut penjelasan lengkap mengenai hambatan untuk membuka usaha dan solusinya.

Sukses adalah sebuah pilihan dimana kita harus mau dengan senang hati untuk mampu menghadapi dan memecahkan segala macam persoalan yang menghalangi kita dalam mencapai tujuan. Tanpa ada kemauan yang kuat pada diri kita kita tidak mungkin dapat mengatasi berbagai hambatan yang akan kita hadapi.

Meski kita tahu apa saja yang akan dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya namun tanpa ada tekad bulat untuk sukses semua tidak akan bisa dengan mudah di lalui.

Untuk dapat sukses dalam sebuah bisnis atau usaha kita harus mampu menangani berbagai halangan dan rintangan. Dalam memulai bisnis atau usaha akan ada banyak yang mungkin memberatkan atau bahkan menghancurkan kesempatan kita untuk maju.

1) Faktor Internal Hambatan Memulai Usaha

Hambatan yang menghalangi kita dalam memulai sebuah usaha pertama datang dari diri kita sendiri. Hambatan atau rintangan tersebut lebih kepada kualitas kepribadian kita yang tidak mendukung untuk memulai sebuah usaha.

Hambatan ini lebih kepada kemampuan mental dan keterampilan yang kita yang akan kita gunakan. Beberapa faktor internal yang dapat menjadi penghalang terciptanya usaha mandiri antara lain sebagai berikut:

1. Perasaan takut gagal dan tidak mau mengambil resiko
2. Rendahnya kemampuan dan pengalaman dalam mengelola usaha
3. Tidak memiliki modal yang cukup

Perasaan atau emosi adalah hal paling mendasar yang harus kita taklukkan terlebih dahulu jika kita ingin memulai sebuah bisnis. Disini kita harus menghilangkan berbagai perasaan atau emosi negatif yang menghalangi usaha kita dalam membangun sebuah bisnis yang diinginkan.

Beberapa perasaan yang mengganggu bahkan merusak yaitu perasaan takut gagal ketika hendak memulai sebuah usaha, rasa takut untuk mengambil resiko dan hanya ingin berada pada posisi yang aman, rasa malas dan lain sebagainya.

Untuk dapat sukses dalam membuka usaha maka kita harus menjadi pribadi yang tangguh dan untuk menjadi pribadi yang tangguh kita harus menghilangkan berbagai perasaan atau emosi negatif yang akan menghalangi kita dalam melakukan sebuah usaha.

Kita bisa berlatih dan belajar tentang manajemen diri atau bagaimana mengelola emosi negatif. Kemampuan atau skill juga merupakan salah satu hal yang sering kali menjadi hambatan dalam memulai usaha.

Sering kali kita harus menelan pil pahit kegagalan hanya karena kemampuan kita yang terbatas. Ya, memang letak sukses seseorang banyak dipengaruhi oleh kemampuan. Jika tidak mampu maka kita akan lebih rentan dengan kegagalan.

Sebelum memulai sebuah bisnis maka sangat dianjurkan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan yang kita miliki untuk menjalankan usaha yang di pilih. Kita harus tahu keterampilan apa yang dibutuhkan dan apakah kita mampu atau tidak melakukannya.

Ini merupakan salah satu alasan banyak pakar menyarankan kepada kita untuk memulai sebuah bisnis yang kita kuasai, membangun bisnis berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki. Untuk menutupi apa yang tidak kita miliki maka kita harus berani belajar dan mengambil contoh dan pengalaman dari orang lain.

Selanjutnya, hambatan yang paling banyak dikeluhkan oleh para pelaku usaha adalah modal. Benar memang, kekurangan modal merupakan hal yang sangat sering dialami oleh kita yang baru ingin memulai sebuah bisnis.

Lalu sebenarnya apakah modal merupakan harga mati untuk memulai sesuatu? Jawabnya adalah benar namun perlu kita ingat bahwa modal yang sedang kita bicarakan ini adalah uang. Apakah kita bisa memulai usaha tanpa memiliki uang?

Bisa, kita tidak bisa memulai usaha tanpa uang tetapi kita bisa memulai usaha meski kita tidak memiliki uang. Kesempatan yang bagus, peluang yang menjanjikan dan kemampuan yang memadai bisa kita jadikan senjata untuk mengatasi hambatan permodalan.

Caranya adalah dengan menggunakan modal usaha dari pihak lain, meminjam, menyewa dan sebagainya. Kita bisa mulai mengatasi hambatan permodalan ini dengan cara tersebut. Lebih rinci mengenai hal ini bisa kita baca pada artikel: cara mengatasi kekurangan modal usaha.

2) Faktor Eksternal Hambatan Memulai Usaha

Mengukur kemampuan dan pengalaman yang kita miliki sebagai pemula, ada beberapa faktor dari luar yang dapat menjadi kendala dan hambatan saat kita memutuskan untuk membuka sebuah usaha. Faktor tersebut menjadi penghalang terutama

karena kita memiliki keterbatasan dalam menangani hal tersebut. Ini berarti bahwa seiring berjalannya waktu faktor eksternal tersebut tidak akan menjadi masalah yang serius. Hambatan dari luar tersebut secara garis besar terdiri dari dua hal sebagai berikut:

1. Persaingan pasar yang ketat
2. Kondisi lingkungan yang tidak mendukung

Setidaknya dua hal di atas umumnya akan menjadi kendala yang cukup berarti saat kita hendak memulai membuka sebuah usaha. Meski bukan satu-satunya masalah namun penting bagi kita untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal tersebut dan merumuskan berbagai upaya dan rencana penanganan.

Persaingan pasar yang ketat
Persaingan pasar adalah hal alami yang akan kita hadapi dalam mengelola sebuah usaha, dimanapun dan kapanpun kita tetap akan dihadapkan dengan masalah tersebut.

Untuk usaha yang sudah lama berdiri, persaingan tidak akan sampai menjadi momok yang menghantui namun bagi kita kondisi persaingan yang ketat akan menjadi hal berat yang harus di hadapi.

Saat baru memulai usaha atau ketika hendak memulai usaha ada kalanya kita memilih sebuah usaha yang tingkat persaingannya tinggi. Jika demikian maka hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan memperkuat kualitas produk yang kita berikan.

Selain itu kita juga bisa masuk di tengah persaingan tersebut dengan menjaga harga jual produk tetap terjangkau. Kita harus bisa menekan serendah mungkin biasa produksi sehingga pada akhirnya kita dapat memberikan harga yang kompetitif untuk produk yang di tawarkan.

Perlu kita catat bahwa masalah persaingan ini semakin hari biasanya akan semakin ketat. Untuk itu dalam menjalankan bisnis atau usaha kita harus tetap konsisten dengan pelayanan produk yang memuaskan. Tanpa itu semua kita tentu akan lebih mudah di geser oleh orang lain yang mendirikan usaha serupa.

Kondisi lingkungan yang tidak mendukung
Lingkungan dapat memberikan banyak sekali efek pada usaha yang akan didirikan, untuk itu analisa terhadap kondisi lingkungan usaha mutlak harus kita lakukan. Dalam upaya untuk mendirikan sebuah usaha yang sukses

maka kita harus memastikan bahwa kondisi lingkungan bisa mendukung usaha kita. Untuk itu kita dapat melihat bagaimana kondisi lingkungan yang di pilih mulai dari sarana transportasi, sumber daya yang akan kita gunakan dan juga aspek budaya masyarakatnya.

Meski tidak berpengaruh langsung pada tingkat keberhasilan usaha namun kondisi lingkungan yang buruk tentu akan memperlambat perkembangan usaha yang kita jalani. Memulai usaha membutuhkan banyak persiapan, kita harus membuat perencanaan yang matang, menganalisis peluang usaha,

mempelajari berbagai hambatan untuk memulai usaha dan masih banyak lagi lainnya. Satu yang pasti, kita tidak akan sukses menjadi seorang wirausaha jika kita tidak mulai membuka usaha saat ini. Waktu yang tepat untuk memulai sebuah usaha waktu dimana kita menemukan celah peluang usaha yang menjanjikan. Terima kasih, semoga bermanfaat!

Hambatan Untuk Memulai Usaha Yang Harus Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko