Sunday, February 22, 2015

Contoh Usaha Rumahan yang lagi Trend Untung Besar

Contoh Usaha Rumahan yang lagi Trend - Jika ingin melihat berbagai peluang usaha sukses yang sedang banyak digandrungi oleh pelaku usaha biasanya kita akan mencari info mengenai berbagai usaha yang sedang trend dan memberikan banyak keuntungan.

Dalam hal ini kita biasanya berniat untuk ikut memanfaatkan celah keuntungan yang bisa di dapat. Berbicara mengenai kata "trend" tentu saja kita akan merujuk pada jenis usaha yang ramainya musiman atau setidaknya jangkauan usahanya tidak begitu lama.

Dari sekian banyak skala usaha, bisnis rumahan memang menjadi salah satu bidang yang banyak digeluti. Hal tersebut dikarenakan model bisnis ini lebih fleksibel sehingga bisa dikerjakan sesuai kemampuan dan waktu yang kita miliki.

Usaha Rumahan dapat kita mulai dengan skala yang cukup kecil dengan modal dan sarana serta prasarana yang cukup mudah disiapkan. Kalau kita ingin membuka jenis usaha seperti ini salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan meneliti atau menganalisa berbagai usaha rumahan yang sedang trend untuk dijadikan bahan rujukan.

Dengan memperhatikan berbagai peluang usaha yang sukses dijalani tersebut kita bisa mendapatkan ide, gambaran serta rujukan dalam memilih bisnis yang akan kita buka tersebut. Ide, gambaran dan juga gagasan tersebut selanjutnya dapat kita olah dan kita kembangkan untuk merumuskan perencanaan usaha yang matang.

Menganalisis prospek usaha, menganalisa laba rugi, potensi permasalahan, banyak hal yang bisa kita siapkan namun kali ini kita tidak akan membahas hal itu. Kita akan membahas lebih jauh mengenai berbagai contoh usaha yang tentunya sedang naik daun dan memiliki prospek yang bagus.

1) Kekurangan dan Kelebihan Usaha Rumahan

Sebelum sampai ke pembahasan inti kita akan mengulas sedikit mengenai berbagai kekurangan dan juga kelebihan dari jenis usaha rumahan. Seperti kita tahu, usaha rumahan adalah usaha skala kecil dengan banyak keterbatasan.

Karena itu jika kita ingin membuka usaha ini maka sebaiknya kita juga mempelajari berbagai kekurangan dan juga kelebihan dari usaha tersebut. Hal ini dimaksudkan agar ke depan kita mampu menutupi berbagai kekurangan dan memaksimalkan berbagai kelebihan yang ada.

Pertama mari kita bahas mengenai kekurangan usaha ini. Untuk usaha skala rumahan setidaknya ada beberapa catatan yang termasuk menjadi sisi kekurangan usaha tersebut. Beberapa kekurangan usaha rumahan yang patut kita waspadai dan kita antisipasi adalah sebagai berikut:

1. Keterbatasan modal
2. Keterbatasan sarana dan prasarana
3. Tingkat pendapatan kecil sesuai skala usahanya
4. Kurang profesional

Modal, sarana dan prasarana adalah salah satu kekurangan dari usaha ini. Wajar memang, usaha ini disebut usaha rumahan karena memang memiliki kecenderungan penggunaan modal yang terbatas, sarana dan prasarananya pun demikian.

Tentu saja, jika kita ingin usaha ini lebih menghasilkan maka kita harus mengatasi masalah ini dengan memperhatikan ketercukupan modal dan juga sarana prasarana yang dibutuhkan. Dengan begitu usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Pendapatan dari usaha ini hanya sebanding dengan skala usahanya, sehingga umumnya hanya memiliki pendapatan yang cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis usaha yang lebih besar. Karena itulah perlu peningkatan skala jika memang kita ingin mendapatkan penghasilan yang jauh lebih tinggi dari pendapatan yang sudah ada.

Selain itu, kebanyakan usaha seperti ini dijalankan dengan setengah hati, yaitu dijadikan usaha sampingan dan dijalankan dengan cara yang kurang profesional. Padahal meski skalanya kecil usaha ini banyak yang memberikan keuntungan yang cukup banyak jika dikelola dengan profesional dan lebih baik.

Selain memiliki keterbatasan tentu saja usaha ini juga memiliki kelebihan jika dibanding dengan yang lain. Beberapa kelebihan usaha rumahan antara lain:

a. Bisa di rintis sesuai kemampuan
b. Pengelolaan yang lebih fleksibel sesuai keinginan
c. Kita yang mengendalikan sepenuhnya usaha tersebut
d. Ramah lingkungan dan ramah keluarga

Demikian sedikit gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan usaha rumahan. Dari paparan di atas kita mudah-mudahan bisa mempertimbangkan dengan baik berbagai aspek usaha yang penting. Sekarang dengan bekal beberapa informasi di atas kita dapat menganalisa berbagai aspek lainnya.

2) Contoh Usaha Rumahan Sedang Trend

Agar dapat mengetahui jenis usaha yang sedang trand sebenarnya harus ditentukan terlebih dahulu daerah usaha tersebut. Karena yang sedang ramai disini belum tentu ramai di daerah lain, oleh sebab itu kita harus menentukan sendiri berbagai usaha tersebut sesuai dengan analisa kita sendiri.

Meski begitu masih ada beberapa contoh usaha yang secara umum masih booming dan bisa kita jadikan bahan pertimbangan. Lalu sebenarnya bagaimana cara kita dalam melihat usaha rumahan yg lagi booming di tahun 2015 dan menghasilkan pendapatan banyak?

Sebuah pertanyaan yang jawabannya harus di analisa tentunya. Melihat dari sisi jenis produk tentu saja banyak usaha yang dapat di analisa. Berkaitan dengan hal itu ada beberapa contoh usaha yang sedang trend yang bisa kita amati yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Usaha fesyen
2. Usaha katering
3. Usaha counter pulsa

Usaha fesyen merupakan salah satu usaha yang cenderung memiliki trend yang cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pelaku usaha yang berkecimpung dalam bisnis tersebut. Kebutuhan untuk fesyen ini sepertinya juga tak pernah surut bahkan terus saja meningkat.

Contoh Usaha Rumahan yang lagi Trend

Yang kedua adalah usaha katering yang semakin hari seperti semakin menjanjikan. Usaha ini bisa kita jadikan pilihan khususnya jika di daerah kita prospek usaha tersebut cukup bagus. Selain itu ada juga usaha di bidang jual beli pulsa handphone (hp). Usaha ini juga cukup trend dari tahun ke tahun karena banyaknya kebutuhan pulsa di masyarakat.

Dalam menentukan dan memilih usaha yang akan dijalankan kita harus melakukan analisa yang matang. Sebagai contoh, untuk mengetahui jenis usaha apa yang trend tahun ini kita harus melihat sendiri di daerah kita.

Perlu diingat bahwa prospek usaha akan tergantung pada daerah tempat usaha tersebut di dirikan. Ada contoh usaha rumahan yang lagi trend tetapi tidak menjanjikan dan ada pula jenis usaha yang tidak ramai namun prospeknya bagus. 

Contoh Usaha Rumahan yang lagi Trend Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko