Sunday, December 6, 2015

Analisa Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin Untung Berlimpah

Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin - memelihara ikan konsumsi merupakan salah satu usaha yang cukup memiliki peluang bagus. Pasalnya ikan konsumsi kebutuhannya cenderung tetap bahkan meningkat dari waktu ke waktu.

Ikan konsumsi seperti ikan patin ini memiliki konsumen tersendiri yang senantiasa membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alasan yang membuat permintaan ikan patin di masyarakat tinggi adalah karena ikan jenis ini termasuk ikan konsumsi yang cukup terkenal memiliki rasa khas yang gurih.

Ikan ini juga bisa diolah untuk berbagai jenis hidangan yang lezat. Wajar jika akhirnya di pasar selalu saja ramai orang-orang yang membeli ikan patin tersebut. Inilah yang menjadi modal peluang dan prospek usaha yang harus digali. 

Tentu saja sebelum kita memilih dan menekuni usaha ini yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah mempelajari bagaimana peluang usaha budidaya ikan patin tersebut sesuai dengan kondisi masyarakat di lingkungan kita.

Hal ini karena meski secara umum usaha ini bagus namun tingkat konsumsi dan kebutuhan masyarakat tentu akan berbeda antara satu daerah dan daerah lainnya. Makanya kita perlu mengadakan suvey terlebih dahulu sesuai lokasi usaha dan lokasi pemasaran yang dipilih. Namun sebelum itu mari kita cermati juga beberapa informasi berikut!

1) Tips sukses usaha budidaya ikan patin
2) Cara budidaya ikan guppy untuk pemula
3) Budidaya ikan patin di kolam terpal
4) Resensi budidaya ikan patin di kolam terpal
5) Cara budidaya ikan patin
6) Video budidaya ikan patin
7) Makalah budidaya ikan patin
8) Budidaya ikan patin pdf

Dalam melihat dan mengukur peluang usaha ini lebih dekat maka ada beberapa hal yang bisa kita pelajari. Pertama yaitu mengenai tingkat kebutuhan masyarakat di sekitar lokasi pemasaran yang dibidik.

Kedua masalah daya dukung lingkungan yang akan dipilih untuk lokasi budidaya. Kemudian hambatan dan kendala juga perlu kita perhitungkan. Terakhir masalah kemampuan teknis kita juga patut untuk dikaji lebih dalam. 

Untuk masalah konsumen atau masyarakat sasaran maka kita bisa mencari gambaran kebiasaan yang ada. Misalnya dengan mencari tahu apakah ikan patin masuk dalam jajaran ikan yang disukai oleh masyarakat atau tidak.

Tingkat kebutuhan konsumen tersebut juga harus kita pertimbangkan secara lebih luas mengingat nantinya kita bisa memasarkan ikan ini bukan hanya pada satu lokasi saja. 

Selain itu masalah lokasi budidaya juga akan menentukan dan mempengaruhi bagaimana prospek usaha ini kedepan. Usaha budidaya yang akan didirikan harus mendapat dukungan dari lingkungan. Arinya dari segi iklim, kondisi lahan dan sebagainya sebaiknya mendukung.

Tak lupa juga hambatan dan kendala juga harus diukur untuk mengetahui tingkat resiko yang bisa dihadapi di kemudian hari. Karena hambatan dan kendala ini juga berpengaruh terhadap kelangsungan usaha ke depan.

Oleh karena itu jika ingin sukses sebaiknya kita juga cermati masalah ini. Hal yang tak kalah penting juga adalah mengenai kemampuan yang kita miliki dalam membudidayakan ikan konsumsi tersebut.

Sebagai orang yang akan membuka usaha budidaya ikan patin maka kita harus bisa memelihara ikan tersebut dengan baik dan benar. Jangan sampai karena kita kurang paham dengan teknik budidaya ikan patin, usaha kita nantinya bisa bangkrut.

Demikianlah sedikit gambaran peluang dan prospek untuk jenis usaha sampingan tersebut. Semoga bisa menjadi bahan kajian dan renungan bagi kita semua. Jangan lupa baca juga beberapa artikel lain seputar budidaya ini. Itu saja, salam sukses!

Analisa Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin Untung Berlimpah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko