Thursday, February 26, 2015

Rahasia Cara Mengatasi Kekurangan Modal Usaha

Cara Mengatasi Kekurangan Modal Usaha - Memiliki keterbatasan atau modal kecil dalam menjalankan sebuah usaha pasti akan menghambat laju perkembangan kegiatan bisnis tersebut. Bahkan meski peluang usaha dari bisnis yang dijalani bagus tapi bisnis tersebut tidak akan dapat berkembang jika kekurangan modal.

Untuk itulah, sebagai seorang pebisnis maka sudah sepatutnya kita tahu bagaimana langkah kita untuk mencari modal usaha yang dibutuhkan. Jika kita tidak mampu mengatasi kekurangan modal untuk usaha ini maka anggap saja usaha yang kita bangun tersebut riwayatnya sudah tamat dan musnah.

Bagaimana tidak, meski prospek usaha kita bagus dengan tingkat penghasilan dan laba yang fantastis tentu saja kita tetap membutuhkan modal untuk menjalankannya. Tanpa modal yang cukup tentu saja bisnis ini tidak akan pernah berkembang.

Jika peluangnya bagus dan kita sudah merasa perlu untuk melakukan penambahan modal meski tidak ada cadangan modal kita harus segera mencari solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Pernah ada pernyataan ekstrem yang mengatakan bahwa seseorang bisa sukses mendirikan sebuah usaha meski tidak memiliki uang yang cukup.

Pernyataan tersebut mengisyaratkan kepada kita bahwa modal usaha bisa saja berasal bukan dari dan tidak harus berasal dari pemilik usaha. Ini berarti ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal bagi usaha yang kita jalankan.

Yang terpenting peluang usaha tersebut bagus, kalau masalah modal masih ada solusi lain. Lalu bagaimana cara kita jika modalnya tidak cukup, apakah bisa kita mendapatkan modal selain dari diri sendiri?

Tentu saja bisa, "ada banyak cara menuju roma", begitulah pepatah mengatakan jadi kita tidak perlu terlalu khawatir mengenai hal ini. Ada beberapa alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah modal tersebut. Cara untuk menyelesaikan kekurangan modal bagi usaha yang sedang kita jalankan yaitu antara lain sebagai berikut.

1. Pinjam modal dari keluarga
2. Ajukan pinjaman kepada rekan
3. Mengajukan kredit usaha
4. Menabung laba usaha
5. Menjalin kerja sama usaha

Yang paling aman, yang paling mudah dan yang paling murah adalah dengan memanfaatkan keluarga kita sebagai cadangan dalam mencari modal. Kita bisa meminjam uang dari keluarga untuk menambah modal yang kita butuhkan. Dengan meminjam kepada keluarga keuntungannya banyak antara lain:

a. Tidak perlu menyiapkan bunga
b. Sistem pengembalian nya lebih fleksibel
c. Tidak takut jika usaha mengalami kerugian

Mengingat beberapa keuntungan tersebut maka kita dapat menempatkan cara ini sebagai langkah pertama untuk mengatasi permodalan yang kurang. Sebagai cadangan kita juga bisa meminjam kepada rekan, tentunya dengan beberapa kondisi yang sesuai dan tidak memberatkan.

Langkah lain yang bisa kita lakukan adalah mengajukan pinjaman kredit ke bank. Kita bisa mengajukan pinjaman dengan memilih angsuran yang paling sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki.

Jika dua langkah di atas tidak bisa menunjang kebutuhan yang ada maka kita bisa mendapatkan modal dengan jalan lain yaitu dengan cara menyisihkan sebagian laba yang di dapat atau menabung. Dengan gambaran beberapa alternatif pilihan solusi di atas tentunya kita tidak perlu lagi bertanya-tanya mengenai langkah apa saja yang bisa mengatasi kekurangan modal yang sedang kita hadapi.

Cara Mengatasi Kekurangan Modal Usaha

Selain berbagai cara mengatasi kekurangan modal usaha yang ada di atas kita juga bisa melakukan kerja sama usaha dengan orang lain. Caranya adalah dengan mengajukan proposal kepada orang lain untuk mendapatkan investasi modal yang dibutuhkan. Untuk cara ini akan sangat tergantung dengan kepercayaan investor kepada kita.

Rahasia Cara Mengatasi Kekurangan Modal Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko