Monday, February 16, 2015

Tantangan dan Hambatan Usaha Bakso dan Solusinya

Tantangan dan Hambatan Usaha Bakso - Tingginya minat dengan santapan bakso tidak serta merta membuat bisnis usaha bakso mudah untuk dijalankan hingga sukses. Ditengah perkembangan dunia usaha dan industri yang terus saja meningkat, usaha bakso juga memiliki perkembangan yang cepat.


Perubahan-perubahan tersebut tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga banyak melahirkan tantangan dan hambatan sebuah usaha yang harus segera dipecahkan. Kalau kita lihat di pinggir jalan, usaha-usaha bakso biasanya tidak pernah sepi tapi tentu usaha tersebut merupakan bukan usaha yang baru berdiri, mereka biasanya sudah lama sehingga sudah benar-benar berjalan.

Lalu bagaimana dengan usaha yang baru saja didirikan? Tentu tidak semudah seperti yang terlihat, apalagi di bulan-bulan pertama, pasti sangat berat. Apa saja kira-kira tantangan dan hambatan usaha bakso yang bisa kita hadapi?

Kalau kita berbicara mengenai masalah seperti ini sebenarnya dapat dikatakan bahwa tantangan serta hambatan yang akan dihadapi oleh setiap pelaku usaha akan berbeda-beda satu sama lain. Hal ini karena ada banyak faktor

yang bisa menghalangi perkembangan suatu usaha baik faktor dari dalam maupun faktor dari luar. Untuk itu dalam membicarakan masalah ini kita harus melihat dari segala sisi baik dari jenis usaha, pelaku usaha dan faktor lain.

1) Hambatan dan Tantangan Usaha Bakso

Di atas telah dikatakan bahwa hambatan dan tantangan usaha yang bisa ditemui masing-masing usaha akan berbeda-beda. Hal ini mengingat usaha yang sama jika dijalankan oleh orang yang berbeda di lokasi yang berbeda tentu akan memiliki hambatan yang berbeda pula.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi adanya hambatan usaha tersebut. Beberapa faktor yang mempengaruhi hambatan tersebut antara lain sebagai berikut:

1) Lokasi usaha
2) Kemampuan pelaku usaha
3) Kondisi pasar

Lokasi sangat mempengaruhi lancar tidaknya sebuah usaha. Usaha yang dijalankan di lokasi yang tidak bagus (strategis) tentu akan menghasilkan hambatan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan usaha yang didirikan di lokasi strategis.

Selain itu kemampuan pelaku usaha dalam mengelola usaha tersebut juga akan mempengaruhi bagaimana tantangan dan hambatan yang ada bisa diatasi. Selain itu, kondisi pasar juga berdampak langsung pada usaha yang dibuka. Dalam hal ini kondisi persaingan, ketersediaan sarana prasarana, bahan baku dan lainnya juga bisa menjadi salah satu masalah yang harus dipecahkan.

Dari berbagai keterkaitan di atas tentu dapat disimpulkan bahwa usaha bakso akan memiliki hambatan dan tantangan yang bervariasi dan berbeda-beda sesuai dengan pelaku usaha dan dimana usaha tersebut didirikan.

Melihat berbagai hal di atas, jenis usaha warung bakso ini dapat memiliki berbagai kendala dan juga hambatan yang umumnya di jumpai oleh pelaku usaha. Berbagai tantangan dan hambatan usaha bakso yang paling sering di jumpai antara lain sebagai berikut:

1. Minimnya kemampuan pengelolaan usaha
2. Tingginya tingkat persaingan
3. Sulitnya mencari lokasi strategis
4. Kurangnya kreativitas
5. Produk yang biasa saja dan tidak sehat
6. Tidak konsisten

Beberapa hal di atas merupakan hambatan yang paling banyak kita alami dalam menjalankan usaha di bidang kuliner ini. Selain hal itu kebanyakan pelaku usaha yang gagal salah dalam membaca prospek usaha yang akan dijalankan sehingga akhirnya usahanya tidak bisa berkembang.

Karena itu, harus dipastikan bahwa prospek usaha ini bagus sebelum kita membukanya. Untuk masalah prospek usaha silahkan baca artikel sebelumnya berikut: peluang usaha bakso.

2) Solusi Mengatasi Tantangan dan Hambatan Usaha Bakso

Sukses dan tidaknya sebuah usaha akan lebih dipengaruhi oleh siapa yang menjalankan dan bagaimana cara menjalankan usaha tersebut. Sebagai contoh ada banyak usaha yang kita pandang remeh tetapi dapat memberikan penghasilan yang cukup besar bagi pelaku usaha tersebut,

seorang tukang rongsok keliling di desa bisa mendapatkan hasil + 100.000 per hari yang berarti dia mendapatkan sekitar 3 juta perbulan. Oleh karena itu sukses dan tidaknya usaha bakso ini akan sangat tergantung pada bagaimana kita menjalankannya termasuk juga bagaimana cara kita mengatasi masalah yang dihadapi.

Berkaitan dengan tantangan dan hambatan, untuk dapat mengatasi berbagai hal tersebut kita bisa memperkaya diri dengan berbagai kemampuan yang berguna untuk mengelola dan mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Untuk mengatasi hambatan usaha bakso ada beberapa solusi yang bisa kita coba. Beberapa tips mengatasi hambatan usaha tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan kemampuan Entrepreneur
2. Memilih tempat usaha yang tingkat persaingannya rendah
3. Mendirikan usaha bakso di lokasi strategis
4. Menciptakan produk yang berbeda dan berkualitas
5. Memastikan produk yang dijual memenuhi standar kesehatan
6. Konsisten dan pantang menyerah dan terus belajar

Sebagus apapun jenis usahanya tidak akan mungkin sukses jika pelaku usahanya tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha tersebut. Karena itu jika kita ingin sukses di bidang bisnis bakso ini maka kita harus belajar bagaimana cara mengelola usaha bakso yang sukses.

Selain itu kita juga harus bisa mencari tempat atau lokasi usaha yang persaingannya tidak terlalu tinggi agar kita bisa memiliki waktu yang lebih dalam menyesuaikan dan menata usaha kita tersebut.

Lokasi adalah hal kunci dalam usaha ini karena itu pastikan lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang strategis. Lalu lokasi yang bagus untuk usaha bakso itu lokasi yang seperti apa? Yang jelas lokasinya adalah lokasi yang mudah di jangkau, memiliki asumsi jumlah calon konsumen yang memadai dan memiliki fasilitas, sarana dan prasarana yang mendukung.

Untuk sukses dan mampu bersaing maka kita juga dituntut untuk dapat menciptakan sebuah produk makanan bakso yang berbeda, berkualitas dan sehat. Tanpa semua itu usaha kita akan sulit untuk bisa berdiri dengan kokoh sesuai dengan yang kita harapkan.

Konsisten dan pantang menyerah merupakan kunci lain dari kesuksesan usaha ini, oleh karena itu kita juga harus tahu diri dan jangan berharap bahwa usaha kita yang baru berdiri satu bulan sudah menghasilkan uang yang berlimpah. Semua butuh proses karena itu kita perlu meningkatkan kemampuan untuk pantang menyerah dan konsisten.

Sementara ini itu saja dulu pembahasan kita tentang tantangan dan hambatan usaha bakso dan solusinya ini. Lain waktu akan kita sambung lagi dengan pembahasan-pembahasan lain yang berkaitan dengan usaha kuliner ini. Jangan lupa baca juga beberapa artikel wirausaha pilihan lainnya di bagian akhir tulisan ini. Semoga bermanfaat!

Tantangan dan Hambatan Usaha Bakso dan Solusinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko