Tuesday, January 6, 2015

Peluang Usaha Makanan dan Minuman Serta Ide Usaha

Usaha Makanan dan Minuman - Di berbagai daerah yang padat dan ramai, umumnya jenis usaha atau bisnis makanan dan minuman masih memiliki peluang yang cukup bagus. Apakah usaha ini menguntungkan?

Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Di daerah perkotaan misalnya, usaha ini mampu memberikan penghasilan bahkan sampai dua kali lipat dari modal yang digunakan.

Tapi bagaimana dengan daerah lain, apakah peluang usaha makanan dan minuman ini juga sama menjanjikannya? Usaha kuliner adalah sebuah usaha yang tidak pernah sepi pembeli - setidaknya begitulah menurut pengamatan saya.

Usaha ini memiliki prospek yang bagus karena di dukung dengan jumlah konsumen yang bisa dibidik lebih banyak dan bisa berasal dari berbagai kalangan ekonomi apapun.

Tetapi tidak semua daerah memiliki peluang yang sama. Beberapa hal yang mempengaruhi peluang usaha ini antara lain yaitu:

a. Jumlah penduduk
b. Tingkat pendapatan masyarakat
c. Tinggi rendahnya persaingan

Tiga hal di atas dapat mempengaruhi prospek usaha makanan dan minuman. Jumlah penduduk tentu akan mempengaruhi jumlah calon konsumen yang bisa ditargetkan.

Pendapatan akan mempengaruhi daya beli masyarakat sedangkan persaingan akan memperketat asumsi penjualan.

Selain itu prospek bisnis ini juga dapat dipengaruhi oleh karakter dan kebiasaan masyarakat khususnya dalam hal makanan dan minuman. Ingin tahu lebih jauh mengenai usaha yang satu ini, simak pembahasan berikut!

1) Analisa Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Di awal telah dikatakan bahwa peluang untuk jenis usaha ini masih sangat menjanjikan namun belum dibahas alasan-alasan pernyataan tersebut. Sekarang mari kita perjelas mengenai alasan usaha ini dikatakan peluangnya bagus.

Yang bisa dikatakan untuk usaha ini memang secara umum prospek usahanya menjanjikan namun jika kita ingin mendirikan usaha makanan dan minuman maka kita perlu mengadakan analisa terlebih dahulu sejauh mana prospek bisnis yang dimiliki.

Dikatakan bahwa usaha ini memiliki peluang yang bagus dan menjanjikan, kenapa demikian? Sebaiknya kita lihat beberapa alasan bisnis ini menjanjikan. Beberapa alasan menjanjikan untuk usaha ini antara lain seperti di bawah ini.

1. Kebutuhan makanan dan minuman tidak akan pernah berkurang
2. Banyak orang semakin suka yang praktis 
3. Banyak yang bosan dengan menu sehari-hari
4. Asumsi keuntungan yang tinggi

Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Jadi jelas sekali bahwa kebutuhan untuk makanan dan minuman tidak akan pernah berkurang dan bahkan cenderung bertambah.

Karena kebutuhan pokok maka bagaimanapun caranya makanan dan minuman harus terus dipenuhi. Hal ini yang menjadikan usaha memiliki bobot sukses yang ideal.

Seiring kemajuan zaman dan tuntutan perkembangan maka semakin banyak juga orang yang tidak mau susah dan tidak mau ribet.

Kalau dulu orang memenuhi kebutuhan makanan dan minuman dengan membuatnya sendiri maka sekarang banyak yang sudah mengandalkan orang lain dalam memenuhi kebutuhan ini. Banyak yang lebih suka praktis dan terima jadi tinggal makan. 

Kebosanan dengan menu makanan dan minuman sehari-hari juga tidak dapat dihindari dan solusinya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman dari orang lain.

Selain hal itu usaha makanan dan minuman umumnya bisa memberikan keuntungan yang berlipat. Hal ini juga yang memperkuat pernyataan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan.

2) Ide Usaha Makanan dan Minuman yang Menjanjikan

Di atas kan sudah dibahas mengenai peluang dan juga prospek usaha ini dan sekarang kita cari beberapa ide untuk jenis usaha makanan dan minuman yang potensinya masih bagus.

Di bawah ini daftar usaha makanan dan minuman yang menjanjikan untuk kita kembangkan. Daftar usaha tersebut adalah sebagai berikut.

1. Usaha makanan ringan
2. Usaha kue
3. Usaha warung makan 
4. Usaha Catering
5. Usaha gorengan dan jajanan
6. Usaha bakso dan mie ayam
7. Usaha pecel lele
8. Usaha minuman es jus

Yang pertama adalah makanan ringan. Kebutuhan akan makanan ringan (jajanan) ini sangat besar dan bisa kita manfaatkan sebagai sebuah usaha yang menjanjikan.

Usaha kue juga demikian, selain bisa dijual secara offline juga bisa dijual secara online dan bahkan bisa juga dikerjakan berdasarkan pesanan. 

Warung makanan juga merupakan usaha yang layak untuk diperhitungkan. Dengan usaha ini kita bisa membidik pasar dari berbagai kalangan.

Apalagi kalau ditambah dengan usaha makanan pesanan alias catering, pasti lebih mantap. Masih ada lagi yang lain kan?

Kalau berada di daerah pendidikan yang banyak tempat kuliah dan sekolah usaha gorengan dan jajanan juga dapat menjadi solusi bisnis yang menguntungkan.

Bisa kita bayangkan, seorang penjaja gorengan di pinggir jalan saja bisa menghasilkan lebih dari 500 ribu sehari, lumayan bukan?

Usaha bakso dan mie ayam sudah tenar dan banyak dijumpai di mana pun namun usaha ini prospeknya juga masih bagus. Tapi tentunya perlu ditelaah lagi sesuai daerah yang diinginkan.

Demikian juga dengan bisnis pecel lele, bisnis ini meski sudah banyak yang menjalankan namun masing-masing tetap saja ramai pembeli.

Jika ingin yang paling murah dengan modal kecil kita bisa membuka usaha minuman es jus yang biasanya berdampingan dengan warung bakso atau mie ayam. 

Kesemua ide bisnis tersebut menjanjikan namun tetap harus di analisa sesuai dengan kondisi tempat dan lokasi usaha.

Jadi setelah mendapatkan ide bisnis yang akan digeluti pekerjaan selanjutnya adalah menganalisa berbagai komponen bisnis yang berkaitan.

Sekarang kita dapat menyimpulkan bahwa peluang usaha kuliner memang masih bagus dan layak untuk dicoba. Benar demikian bukan? Tinggal anda pelajari lebih jauh lagi sesuai dengan lokasi dan hal lain yang berkaitan.

Peluang Usaha Makanan dan Minuman Serta Ide Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko