Tuesday, January 6, 2015

Hambatan Usaha Toko Online dan Solusi Mengatasinya

Hambatan Usaha Toko Online dan Solusi - Meski banyak yang sukses untuk bisnis jual beli dengan metode ini namun bukan berarti jenis usaha ini tidak memiliki kendala.
Hambatan Usaha Toko Online dan Solusi

Bagi yang sudah mahir mungkin berbagai kesulitan akan mudah teratasi namun bagi kita yang baru berkecimpung di dunia bisnis ini mungkin tantangan dan hambatan usaha tersebut menjadi hal yang cukup sulit untuk dilalui.

Maka dari itu dari awal perencanaan kita harus mempelajari juga mengenai berbagai potensi hambatan dan kendala usaha toko online sehingga kita dapat merumuskan strategi pemecahan masalahnya.

Toko online adalah salah satu usaha yang saat ini marak dijalani oleh masyarakat kita, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, dan sebagainya.

Toko online dapat dijalankan oleh siapa saja, tanpa harus terpaku umur dan pekerjaan mereka. Toko online biasanya menawarkan baju, sepatu, aksesoris, dll.

Tidak jarang dalam menjalani bisnis toko online para pelaku akan dihadapkan pada berbagai kendala.

Sekilas, dalam menjalankan bisnis ini memang seperti tidak ada kendala apapun namun sebenarnya banyak kendala toko online yang memerlukan penanganan khusus.

Berbagai kendala atau hambatan tersebut ada yang berasal dari dalam dan ada juga yang berasal dari luar.

Berbagai kendala yang dihadapi Toko Online tersebut sebenarnya dapat diatasi asalkan kita tahu akar dasar dari persoalannya.

Lalu apa saja yang sebenarnya dapat menjadi kendala (hambatan) bagi usaha tersebut? Ya, kendala yang dihadapi Toko Online umumnya berkisar pada:

1. Animo masyarakat untuk belanja online masih kurang
2. Tingkat kepercayaan masyarakat rendah
3. Biaya promosi yang tinggi
4. Persaingan semakin ketat

Memang benar, penggunaan internet semakin hari semakin meningkat namun hal ini belum bisa menjamin dan memberikan kepercayaan kepada pengguna internet untuk melakukan transaksi secara online termasuk jual beli.

Nyatanya jelas sekali terlihat bahwa animo masyarakat untuk menggunakan internet sebagai media belanja masih kurang.

Hal ini disebabkan karena banyaknya kasus penipuan yang sering terjadi di internet khususnya untuk jual beli sehingga tingkat kepercayaan masyarakat pun belum bisa maksimal.

Untuk mengatasi masalah ini tentunya kita harus merintis dan membangun nama baik mulai dari detik pertama Toko Online kita dirikan. Hal lain yang menjadi hambatan toko online adalah strategi promosi yang banyak menghabiskan uang.

Memang begitu adanya, toko online memang mengandalkan promosi untuk mengenalkan diri pada calon konsumen yang dibidik. Hal ini tentu saja memberikan beban tersendiri bagi usaha yang kita jalankan tersebut.

Untuk mengatasi kendala ini yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan strategi promosi lain yang tidak memerlukan biaya begitu banyak, sebagai contoh dengan memanfaatkan media sosial. Yang tidak bisa kita hindari dan memang harus kita hadapi adalah masalah persaingan.

Persaingan ini datang dari toko online lain yang memasarkan produk yang serupa atau bahkan sama seperti yang kita pasarkan.

Hal ini bisa kita atasi dengan memaksimalkan pelayanan dan memberikan produk yang kualitasnya bisa memuaskan kebutuhan pelanggan.

Berbagai kendala atau hambatan di atas dapat kita kurangi jika kita membuat perencanaan yang matang sebelum membuka toko online.

Dalam hal ini, perencanaan yang sebelumnya kita buat sudah memuat strategi yang akan kita lakukan untuk menghadapi berbagai kendala atau hambatan bisnis online shop nantinya. Dengan begitu kita tidak akan pusing, kalut atau bingung saat menghadapi berbagai persoalan.

Beberapa kendala di atas tentu saja hanya beberapa saja, dalam menjalankan usaha ini masih banyak potensi masalah atau hambatan lain yang isa saja terjadi. Untuk gambaran lain, berkaitan dengan masalah ini silahkan simak beberapa tips berikut.
  1. Jangan takut untuk memulai usaha
  2. Sebaiknya tawarkan produk yang memiliki keunikan tersendiri, jadi persaingan-nya tidak terlalu tinggi. Lalu kemudian berusahalah untuk mempromosikan produk, memberikan konten gratis pada konsumen, memasang iklan baris atau banner di website/blog terkenal, bergabung dengan forum bisnis online, atau bisa juga dengan memasarkannya secara offline. Sehingga bisnis tetap semakin dikenal banyak orang.
  3. Pedagang toko online berusaha meyakinkan konsumen, yaitu dengan cara cantumkan alamat lengkap dan contact person yang bisa dihubungi konsumen baik melalui Chatting, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga kualitas produk yang di tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dengan keterangan pendukung, misalnya saja jenis bahan yang digunakan, harga produk, tipe produk, ukuran produk, dan sebagainya. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail.
  4. Menggunakan jejaring sosial yang mudah digunakan dan akrab di masyarakat seperti Facebook dan Twitter
  5. Menggunakan WebStore Toko Online yang bisa membantu membuat dan mendesain Web toko online sesuai keinginan pelaku bisnis. 
  6. Pedagang dapat memanfaatkan modem internet yang saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi. Pilih modem yang sinyal-nya memang bagus di daerah domisili pedagang online, sehingga koneksi internet juga tidak terhambat.
  7. Untuk menambah pengetahuan, para pebisnis dapat mempelajari-nya dari buku bisnis online yang sudah banyak beredar di pasaran, atau dapat juga dengan mencari panduan serta mengikuti kursus online yang saat ini banyak ditawarkan oleh para pakar bisnis online dan pakar internet marketing.
Memahami berbagai hambatan menjalankan toko online dan solusi tentu saja sangat bermanfaat bagi kita yang menjalankan bisnis jual beli lewat internet ini.

Jadi, sebelum memulai pastikan hal ini juga masuk dalam perencanaan yang kita buat. Itu saja, mudah-mudahan sedikit mengenai tips sukses hari ini bisa bermanfaat.

Hambatan Usaha Toko Online dan Solusi Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko