Thursday, January 8, 2015

Hambatan Bisnis Sparepart dan Aksesoris Motor dan Solusi

Bisnis Sparepart dan Aksesoris Motor - Beberapa waktu lalu kita sudah membahas mengenai ide bisnis yang satu ini dan sekarang akan kita tambah dengan beberapa analisa mengenai hambatan dan kesulitan yang biasa dihadapi pada usaha sparepart dan aksesoris motor ini.

Disini kita akan mencoba mengidentifikasi berbagai kemungkinan masalah yang bisa kita hadapi saat membuka usaha atau bisnis ini. Melalui pembahasan ini kita akan mencari tahu apakah usaha suku cadang motor menghasilkan atau tidak.

Melihat dari sisi peluang usaha yang dimiliki bisnis ini memang masih cukup bagus meski dengan beberapa catatan. Terlepas dari semua itu yang perlu kita waspadai adalah mengenai kemungkinan atau potensi yang bisa dihadapi ke depan.

Apa masalah yang mungkin bisa menghadang usaha ini? Bagaimana cara mengatasi hambatan bisnis sparepart motor tersebut? Sebelum itu jangan lupa lihat juga:

1) Tips mengembangkan bisnis butik pakaian
2) Ide usaha dan prosedur menjalankannya
3) Peluang usaha bisnis peralatan kuliner

Sebelum kita membahas mengenai berbagai kendala dan hambatan tentu dalam memulai bisnis ini kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kita harus membuat perencanaan yang matang sebelum memulainya, melakukan analisa prospek usaha sesuai daerah, menganalisa laba rugi dan sebagainya.

Dengan persiapan yang baik diharapkan ke depan kita tidak perlu khawatir saat menghadapi hambatan dan kendala bisnis toko sparepart motor yang kita hadapi. Setidaknya ada tiga hal pokok yang bisa dibahas jika kita berbicara mengenai kendala bisnis atau usaha yang satu ini.

Meski bukan hanya tiga saja masalah yang bisa dihadapi namun ketiga hal ini benar-benar memberikan pengaruh besar dalam perjalanan bisnis tersebut. Jika tidak diidentifikasi dari awal bisa saja masalah ini akan berdampak serius pada kemajuan usaha ke depan. Ketiga kendala tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Modal cukup besar
2. Persaingan ketat
3. Penjualan tergantung kebutuhan servis

Pertama adalah mengenai modal, bisa kita ketahui bahwa kebanyakan bisnis ini akan berjalan pada proses perpanjangan tangan produsen dalam artian bisnis kita hanya akan berada pada level distributor atau penjual.

Jadi, tentu saja kita membutuhkan modal yang cukup untuk dapat menjalankan usaha tersebut. Hal ini tentunya bisa menjadi kendala tersendiri khususnya untuk kita yang memiliki keterbatasan permodalan.

Terlebih lagi banyaknya persaingan yang semakin ketat membuat kita harus selalu memastikan diri dalam kondisi yang benar-benar bagus.  Pelayanan dan kualitas tentu hanya satu pilihan yang bisa kita utamakan. Belum lagi jika mengingat sepinya pembeli.

Ya, memang usaha ini tidak seperti usaha makanan dimana setiap hari pasti ramai yang membeli. Usaha ini akan tergantung pada jumlah kebutuhan servis kendaraan yang dimiliki masyarakat sekitar. Entengnya, kalau tidak ada yang rusak maka tidak akan ada servis dan berarti tidak akan ada pembelian suku cadang.

Tentu kita hanya bisa mengandalkan aksesoris saja dalam hal ini. Maka dari itu kita harus mendapatkan solusi yang benar-benar tepat bagaimana cara menghadapi persaingan di bisnis sparepart motor tersebut.

Lalu pertanyaannya bagaimana cara mengatasi hambatan bisnis motor yang kita hadapi tersebut? Pertama, untuk masalah modal tentu jalan yang harus ditempuh adalah memberikan tambahan dana bagi permodalan.

Caranya kita bisa mengajukan pinjaman ke bank atau mengajukan kredit. Untuk menutupi ketatnya persaingan tentu jalannya adalah dengan memaksimalkan pelayanan dan kualitas barang yang kita sediakan.

Hambatan Bisnis Sparepart dan Aksesoris Motor

Untuk masalah ketiga kita bisa mengantisipasinya dengan membuka usaha ini di daerah yang prospek bagus, yaitu yang indikator angka servis kendaraan bermotornya tinggi. Hal ini bisa dilihat dari berbagai aspek yang dapat mempengaruhi kondisi motor misalnya kondisi jalan, kebiasaan masyarakat dan sebagainya. 

Sedikit saja pembahasan hari ini tentang hambatan bisnis sparepart dan aksesoris motor tersebut. Meski Sedikit diharapkan bisa menjadi inspirasi dan bahan kajian kita semua yang berniat membuka atau menjalankan usaha yang satu ini.

Hambatan Bisnis Sparepart dan Aksesoris Motor dan Solusi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko